Hei Netizen, Yuk Ikut Lomba CoE 2019

oleh -526 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2019, ada 100 Calender of Event (CoE) yang dihelat Kementerian Pariwisata. Untuk membuat CoE lebih semarak, Kemenpar menggelar Lomba COE 2019 PilihanNetizen. Bagaimana mekanismenya?

Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono mengatakan, ada 2 kategori yang bisa diikuti, yaitu kategori GenPI dan umum.

Untuk kategori pertama, peserta adalah Tim GenPI. Mereka harus mempromosikan CoE yang ada di daerahnya masing masing melalui akun official. Meliputi Instagram, Facebook, dan Twitter. Promosi bisa dalam bentuk poster, foto, video, infografis. Dalam hal ini, satu konten untuk satu event. Artinya, jika di daerah tersebut terdapat 3 event, maka ada tiga materi promo yang diposting.

“Tim GenPI harus mengajak netizen sebanyak-banyaknya untuk melakukan like, share, dan comment. Termasuk meningkatkan jumlah viewer sehinga menjadi trending topic di semua akun official media sosial,” ujarnya, Selasa (15/1).

Don menjelaskan, total interaksi pada ketiga platform media sosial menjadi poin penilaian untuk menjadi juara. Akan lebih baik jika netizen turut memposting konten pendukung terkait CoE yang ada di daerah peserta.

Sementara untuk kategori umum, peserta wajib memposting konten CoE yang difavoritkan di akun Instagram pribadinya. Peserta lomba juga harus mengajak netizen sebanyak-banyaknya untuk melakukan interaksi pada konten yang diposting (like, share, comment, dan viewer).

Jangan lupa, sertakan caption singkat tentang CoE yang difavoritkan. Konten juga wajib dipromosikan di akun Facebook dan Twitter pribadi. Impresi tertinggi menjadi pemenang dalam lomba ini.

“Semua peserta wajib follow dan mention akun @kemenpar @pesonaid_travel. Jangan lupa berikan hastag #100coewonderful2019 #10coepilihannetizen #coe2019propinsi(nama propinsinya),” bebernya.

Lantas kapan Lomba CoE 2019 Pilihan Netizen digelar?

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, lomba ini hanya berlangsung selama 10 hari, periode 21-31 Januari 2019. Meski terhitung singkat, namun panitia telah menyiapkan hadiah total Rp150 juta. Pembagiannya, untuk kategori GenPI sebesar Rp10 juta dan kategori umum Rp50 juta.

Juara 1 kategori GenPI mendapat Rp30 juta, Juara 2 mendapat Rp20 juta, Juara 3 mendapat Rp10 juta, dan tujuh juara harapan masing-masing mendapat Rp5 juta. Sedangkan untuk kategori umum, dipilih sebanyak 50 pemenang yang masing-masing mendapat uang tunai Rp1 juta.

“Kita punya pertimbangan kenapa kategori umum memilih banyak pemenang. Alasannya, lomba ini berpeluang diikuti banyak peserta. Jadi pemenangnya pun harus banyak. Seperti pada Lomba Liburan Akhir Tahun dan Awal Tahun 2019 kemarin, pesertanya lebih dari 20 ribu orang,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *