‘Indonesia Weekend’ 2018 Kembali Digelar di Jantung Kota London

oleh -622 views

SUARAJATIM.CO.ID– Tahun lalu, Indonesia Weekend sukses menggebrak London, Inggris. Tahun ini, event tersebut kembali digelar. Tentu dengan persiapan yang lebih baik lagi.

Festival budaya Indonesia Weekend, sudah memasuki tahun pelaksanaan yang ketiga. Event ini akan digelar di Potters Fields Park. Atau, tepat di sebelah Tower Bridge, jantung Kota London. Yaitu pada 8-9 September mendatang.

Indonesia Weekend 2018 diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenbud), Kedutaan Besar Indonesia di London, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain untuk mempromosikan Wonderful Indonesia, event ini juga sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan dari Inggris dan negara Eropa lainnya.

“Untuk pasar Eropa, Inggris merupakan sumber wisman utama bagi pariwisata Indonesia. Tahun ini diperkirakan jumlah wisatawan Inggris yang berwisata ke luar negeri (outbound) sebanyak 40 juta orang, sedangkan yang datang ke Indonesia tahun lalu sesuai target sekitar 384.000 wisman,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya di Jakarta, Rabu (29/8).

Nia Niscaya mengatakan Indonesia Weekend merupakan event yang strategis. Yaitu untuk meningkatkan kesadaran terhadap brand Wonderful Indonesia di Inggris. Brand Wonderful Indonesia sendiri promosinya gencar dilakukan. Baik menggunakan media online maupun offline.

Seperti memasang poster di sejumlah main London Tube Stations, pemberitaan di media lokal dan nasional Inggris, serta melalui media sosial.

Setiap tahun, pelaksanaan Indonesia Weekend semarak dengan gelaran musik, tari, serta sajian kulier. Event yang digelar selama dua hari secara gratis ini juga menampilkan seni bela diri untuk acara ekstravaganza ramah keluarga. Yang ditampilkan adalah seniman yang membintangi The Raid dan Star Wars, Cecep Arif Rahman.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, Indonesia Weekend tahun ini menonjolkan tema warm destination. Tema ditampilkan dalam desain pesta pantai lengkap dengan 50 ton pantai berpasir putih yang menghiasi halaman bar. Pantai terbuat dari dari bambu dengan dekorasi perlengkapan wisata pantai. Antara lain banana boat dan papan surfing.

Ada juga acara kuliner dengan menampilkan master chef Indonesia yang mendemonstrasikan acara memasak masakan khas Indonesia. Selain itu ada kedai makanan yang menyajikan hidangan makanan dan minuman seperti aneka kopi dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pada kesempatan itu juga dilakukan acara penarikan undian gratis untuk paket wisata kepada pengunjung yang beruntung.

“Untuk acara ini Philippine Airlines, sebagai mitra resmi kita, akan membagikan penerbangan gratis ke Bali kepada peserta yang turut dalam acara yang diselenggarakan di media sosial serta hadiah menginap gratis di resort mewah yang diberikan oleh mitra hotel Indonesia yang turut serta dalam acara tersebut. Pengunjung juga dapat membeli paket-paket wisata dengan harga diskon termasuk untuk penerbangan ke Indonesia yang disediakan oleh perusahaan biro perjalanan (travel agent),” tutur Nia.

Setiap tahun acara Indonesia Weekend dipadati pengunjung. Pada tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang, sementara pengunjung tahun ini diproyeksikan meningkat hingga 30%. Dari 30.000 pengunjung tersebut sebanyak 72,4% adalah warga negara Inggris yang tinggal di London dan sekitarnya, sedangkan sisanya adalah non-Inggris 24,7% dan orang Indonesia sebanyak 2,9%.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mendukung pelaksanaan Indonesia Weekend di London.

“Brand Wonderful Indonesia di Eropa harus terus diperkuat. Karena potensinya sangat tinggi. Apalagi di Inggris. Saya sangat yakin event ini akan berlangsung sukses, dan disambut baik warga London,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *