Ini 10 Bali Baru yang Didukung Penuh Pemerintah

oleh -541 views

SUARAJATIM.CO.ID– Pesatnya pertumbuhan pariwisata membuat pemerintah semakin serius menggarap sektor ini. Pariwisata dijadikan core economy negara. Jadi sektor unggulan penyumbang devisa. Konsep pengembangan 10 Destinasi Prioritas atau 10 Bali Baru pun mendapat dukungan penuh. Namun, tahukah kalian apa saja dan dimana saja lokasi 10 Bali Baru itu?

10 destinasi yang dikembangkan menjadi Bali Baru terdiri dari Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta. Kemudian Borobudur yang masuk area Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar), ada juga kawasan Bromo-Tengger-Semeru di Jatim, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Wakatobi di Sultra, dan Morotai di Maluku Utara.

Menurut Presiden Joko Widodo, pertumbuhan pariwisata hingga 7%, menjadi salah satu peluang yang harus ditingkatkan. “Dibanding dengan ekonomi dunia yang hanya 3,5% pertumbuhannya, pariwisata dua kali lipatnya,” imbuhnya di Jakarta Convention Centre, Jakarta, akhir November lalu.

Dijelaskannya, itulah salah satu alasa pemerintah membuat konsep 10 Bali Baru. “Makanya, itulah alasan kenapa kita ingin buat 10 Bali baru. Lihat saja, pertumbuhannya tinggi sekali,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata,Dadang Rizki Ratman, mengatakan 10 Bali Baru menjadi andalan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

“10 Bali Baru atau 10 Destinasi Prioritas ini ditetapkan karena potensinya yang sangat luar biasa. Baik potensi alam, maupun budayanya. Target utamanya tentu mendatangkan banyak wisatawan mancanegara,” papar Dadang Rizki, Jumat (21/12).

Dijelaskan Dadang, reputasi destinasi 10 Bali Baru sudah sangat mendunia. “Destinasi-destinasi ini sangat indah dan eksotis. Sebagian besar terbentuk secara alamiah. Meski ada juga yang berselimut sejarah Borobudur,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata selalu memperkenalkan destinasi prioritas di luar negeri.

“Dalam banyak kesempatan, kita selalu memperkenalkan destinasi prioritas di luar negeri. Termasuk memasangnya pada media media branding. Seperti Black Cab Taksi di London, bus double decker.dan masih banyak lagi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *