Ini Top 10 Destinasi Lebaran 2018 Kabupaten Lebak

oleh -1.244 views

SUARAJATIM.CO.ID-Siapa yang tidak tahu dengan Sawarna? Desa wisata di Kabupaten Lebak ini sangat populer sebagai tujuan wisata pantai. Bukan hanya di kalangan wisatawan nusantara, tapi juga turis asing. Sawarna memang mempesona, tapi bukan satu-satunya destinasi pantai di Lebak.

Selain Sawarna, Lebak punya puluhan pantai lain yang membentang di bibir Samudera Hindia. Semuanya indah dan punya daya tarik sendiri. Cocok menjadi #PesonaMudik2018.

“Lebak kaya akan destinasi alam. Banyak pantai yang indah sini. Kekayaan yang dimiliki Labak ini juga yang membuat Provinsi Banten menjadi handal pariwisatanya,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (31/5).

Lebak memang memiliki #PesonaDestinasiLebaran2018. Salah satu kekayaan alam Lebak adalah Pantai Legon Pari. Pantai ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di barat Pulau Jawa.

“Tapi, Lebak tidak hanya mengandalkan wisata pantai saja. Masih ada banyak destinasi menarik, dari air terjun hingga destinasi budaya. Semuanya layak dikunjungi saat musim libur lebaran mendatang,” tutur Menpar.

Berikut adalah #Top10DestinasiLebaran2018 Kabupaten Lebak berdasarkan jumlah kunjungan wisatawan tahun lalu.

1. Wisata Pantai Sawarna

Sawarna adalah permata yang baru saja dipoles di Kabupaten Lebak. Ya, geliat wisata di sawarna, Kecamatan Bayah, baru terjadi dalam beberapa tahun ke belakang. Ini terjadi saat kebangkitan era media sosial, dan generasi milenial adalah penyumbang meledaknya kunjungan wisata ke Sawarna. Pada 2017 lalu, Sawarna dikunjungi oleh 210.436 wisatawan nusantara dan 1.100 turis mancanegara.

Pesona Sawarna memang tidak terbantahkan, keindahannya adalah kombinasi antara pantai yang landai, laut nan bersih, eloknya pedesaan dan akses yang memadai. Tanjung layar adalah pantai paling favorit di Sawarna, ikon dari pantai ini adalah dua buah karang raksasa yang menyerupai layar kapal yang terkembang. Selain Tanjung Layar juga ada pantai Karang taraje yang tidak boleh dilewatkan.

2. Pantai Bagedur

Jauh sebelum Sawarna populer, Bagedur telah lebih dahulu menjadi destinasi wisata pantai andalan Kabupaten Lebak. Patai Bagedur terletak di Kecamatan Malingping atau sekitar 90 kilometer dari Rangkasbitung atau 110 kilometer dari Kota Serang.

Daya tarik dari Pantai Bagedur adalah punya garis pantai sepanjang 10 kilomter dengan kontur yang landai dan berpasir halus. Mangkanya tidak jarang di pantai ini kerap dijadikan lokasi reli motor, selain untuk bersantai tentunya. Pada tahun lalu, Bagedur diramaikan oleh125.248 wisatawna lokal dan 35 turis bule.

3. Pemandian Tirta Buana Lebak

Kabupaten Lebak adalah wilayah yang sangat kaya dengan bentang alam beragam. Tidak hanya pantai saja, tapi juga dianugerahi oleh sumber air panas. Lokasi air panas yang paling populer berada di Kecamatan Cipanas dengan pengunjung paling ramai di Pemandian Tirta Lebak Buana dengan jumlah kunjungan tahun lalu sebanyak 62.943 wisatawan.

Pemandian ini adalah tempat paling tepat untuk merelaksasi tubuh usai berkatifitas seharian, mangkanya saat hari biasa, pengunjung akan membludak pada sore hingga tengah malam. Sementara pada akhir pekan dan liburan panjang selalu ramai sepanjang waktu. Pengunjung pemandian air panas ini tidak hanya datang dari Kabupaten Lebak saja, tapi dari Serang, Bogor bahkan Jakarta.

4. Pantai Legon Pari

Sawarna tidak hanya pantai tanjung Layar saja, jika menyusuri ke arah timur, terdapat pantai dengan pesona menakjubkan, Legon Pari. Lokasinya masih berada di kawasan Desa Wisata Sawarna.

Keindahan Legon pari tidak boleh disia-siakan oleh siapapun, terutama saat terbitnya matahari. Sebagian besar wisatawan setuju jika Legon Pari adalah tempat untuk melihat sunrise terbaik di Banten atau barat Pulau Jawa.

5. Wisata Budaya Baduy

Baduy adalah surga budaya yang masih lestari di pedalaman kabupaten Lebak. Kelompok mereka yang berjumlah sekitar 26 ribu orang mengisolasi diri di kawasan gunung Kendeng yang tersebar di 4 desa yakni Kanekes, Cikeusik, Cikertawana, dan Cibeo.

Kendati tertutup dari dunia luar, tapi pemukiman mereka terbuka untuk wisatawan, dengan beberapa pengecualian untuk Baduy Dalam seperti tidak boleh difoto dan mandi dengan sabun. Baduy adalah destinasi favorit di Banten, khususnya Kabupaten Lebak, pada tahun lalu sekitar 20 ribu wisatawan mancanegara dan domestik bertandang ke Baduy.

6. Pantai Pulau Manuk

Serupa denga Tanjung layar dan Legon Pari, pantai Pulau Manuk juga masih berada dalam jangkauan Sawarna, pantai ini menjadi alternatif lain jika ingin melihat sisi lain Sawarna. Urusan pesonanya tidak kalah apik dari pantai-pantai lain di kawasan ini.

Manuk berarti burung dalam Bahasa Sunda, jadi Pulau Manuk adalah pulau burung, yang memang dulunya dijumpai beragam macam burung di sini. Kelebihan dari pantai ini, tidak hanya berpasir putih bersih, tapi juga bayak kawanan monyet dan lutung yang bisa dijumpai.

7. Pantai Binuangeun

Pantai Binuangeun terletak di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, jika tengah berkunjung ke Kabupaten Lebak, manfaatkanlah untuk mampir ke Pantai Binuangeun.

Pantai ini punya hamparan pantai yang landai dan dihiasi oleh deretan pohon kelapa yang indah untuk lokasi foto-foto. Seabrek kegiatan seru bisa dilakukan di Binuangeun, dari sekedar bersantai, memancing hingga menyambangi pelelangan ikan terbesar di Lebak.

8. Makam Prabu Wong Sagati

Lebak juga punya destinasi religi yang sayang untuk dilewatkan. Adalah Makam Prabu Wong Sagati yang terletak di Desa Sajira Timur, Kecamatan Sajira.

Makam Prabu Wong Sagati dipercaya sebagai salah satu makam tertua di Banten dan masih punya hubungan dekat dengan Prabu Siliwangi dan Raden Kian Santang. Pada Tahun lalu, Makam Wong Sagati dipadati oleh 7.662 peziarah.

10. Wisata Hutan Maranti

Hutan Maranti adalah lokasi yang tepat untuk mencari destinasi yang berbeda dengan konsep kembali ke alam. Terletak di kawasan Kasepuhan Karang, Desa Jagakarsa, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten, Kasepuhan Karang menawarkan wisata luar biasa kombinasi antara keindahan alam dan kearifan lokal.

Andalan dari Hutan Maranti adalah sawah berundak yang luar biasa indah, air terjun dan juga Glamour Camping. Jangan lupa, saat berkunjung ke sini, sempatkan untuk berbaur dengan masyarakat lokal dan mempelajari adat istiadat yang masih kental khas pedesaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *