Kemenpar Siap Jaring Wisman Eropa di FITUR 2019

oleh -887 views

SUARAJATIM.CO.ID, London – Peningkatan wisatawan asal Eropa terus diupayakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Di awal tahun 2019, promosi pariwisata dilakukan diberbagai negara Eropa. Seperti Belanda, Austria, Luksemburg, dan Finlandia. Terbaru, Kemenpar juga melakukan promosi di Spanyol dengan berpartisipasi pada pameran Feria Internacional de Turismo (FITUR) Madrid 2019. Pameran tersebut akan diselenggarakan di Feria de Madrid, Spanyol, 23 hingga 27 Januari 2019.

“Ini merupakan strategi “Shifting to the Front”, untuk mencapai target nasional 10 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada semester pertama dengan memaksimalkan penggunaan anggaran pada setengah tahun pertama. Salah satunya dengan mengikuti FITUR 2019. Kami optimis menjaring banyak wisatawan dari Spanyol diajang tersebut,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin (21/1).

FITUR Madrid merupakan pameran pariwisata terbesar di Spayol. Pada tahun 2018, kegiatan ini diikuti oleh 10.190 exhibitors. Serta, dihadiri oleh 250.980 pengunjung dari 165 negara.

Selain itu Spanyol menjadi salah satu penyumbang wisman besar ke Indonesia. Posisinya berada diperingkat ke-7 dalam hal jumlah kunjungan wisatawan dari Eropa ke Indonesia. Grafik pertumbuhan wisman Spanyol pun terus terkatrol positif. Spanyol tercatat menyumbang wisman sebanyak 81.690 wisman pada tahun 2017. Torehan ini pun terkoreksi positif di tahun 2018. Dimana Spanyol menyumbang 86.558 atau naik sebesar 5,95% di tahun 2018

“Selain itu kemampuan spending wisatawan Eropa cukup besar. Kedatangan mereka tentunya menguntungkan perekonomian. Bukan hanya pihak hotel saja yang untung, sektor kuliner, sektor transportasi, bahkan UMKM yang menjual souvenir akan kebagian manfaatnya. Untuk itu Kemenpar terus berusaha melebarkan sayap menjaring wisman di Eropa,” terang Menpar Arief.

Sementara itu Director of Marketing Development for Europe Region, Agustini Rahayu menyebutkan dalam pameran itu Kemenpar menyewa lahan seluas 130,5 m2 yang akan didesain dengan sentuhan kapal phinisi yang melegenda serta dikuatkan dengan nuansa Bali yang mendunia. Paviliun Kemenpar ini nantinya terletak di hall 6 stand nomer 6D07.

Paviliun Indonesia ini akan memfasilitasi 18 industri pariwisata. Tim ini terdiri dari 3 hotel/akomodasi, 14 travel agent/tour operator, serta 1 BUMN pariwisata. Dengan skema 3 hari pertama untuk trade fair (B2B) dan 2 hari terakhir untuk consumer day (B2C) tentunya tim Kemenpar akan all out semaksimal mungkin.

“Mereka melakukan business meeting, membangun jejaring, memperkuat produk interest masing-masing daerah di pavilion ini. Selain itu juga memberikan pelayanan informasi pariwisata serta mendistribusikan bahan promosi pariwisata Indonesia,” ungkapnya.

Sajian menarik dan atraktif juga akan dilakukan Kemenpar. Beragam penampilan seni budaya Indonesia jelas akan ditampilkan di perhelatan ini. Dari mulai tari-tarian tradisonal hingga karnaval megah. Begitu juga dengan demo body painting atau henna serta pemutaran film kekuatan pariwisata Indonesia di TVC.

Tagline Wonderful Indonesia pada pameran ini pun sangat meyakinkan, yaitu Explore Further. Sebuah ajakan untuk mengeksplor keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi, serta destinasi wisata.

Selain itu paviliun Indonesia menyediakan Hospitality Corner yang merepresentasikan keramahan pariwisata Indonesia. Dimana akan disajikan kopi tradisional Indonesia dengan citarasanya sudah tidak diragukan lagi.

“Ini kesempatan kita untuk masuk lebih dalam ke pasar wisman Eropa terutama Spayol. Jadi sudah pasti kami akan tampil all out di FITUR 2019,” pungkas Agustini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *