Kemenparekraf/Baparekraf Bakal Gelar Sosialisasi ITMP Danau Toba di Balige

oleh -97 views

BALIGE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) mempertegas komitmennya untuk membangun Destinasi Super Prioritas Danau Toba. Komitmen itu dibuktikan dengan memberikan dukungan pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Danau Toba pada Selasa, (6/10). Acara dipusatkan di Labersa Toba Hotel & Convention Centre, Jalan Raya Pematang Siantar, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/ Baparekraf ini selain dilaksanakan secara offline ,juga akan diselenggarakan melalui online dengan aplikasi Zoom Clouds Meetings di tempat masing-masing, mulai dari pukul 09.00 WIB hingga petang pukul 17.00 WIB.

“Tujuan acara sosialisasi ini adalah dalam rangka mensosialisasikan dokumen dan rencana aksi ITMP Danau Toba yang sudah disusun, dimana akan ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) dan menjadi rujukan bagi perencanaan pengembangan pariwisata untuk seluruh sektor, baik publik, swasta dan juga masyarakat di Kawasan Danau Toba,” ungkap Sub Koordinator Destinasi Area I A, Andhy Marpaung.

“Seperti kita ketahui ITMP Integrated Tourism Master Plan merupakan Program Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Program (ITDP) yang sekaligus merupakan program pengembangan tiga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
yang dilaksanakan dengan bantuan dukungan dana dari Bank Dunia. Tiga kawasan strategis tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, dan Lombok,” katanya

“Kegiatan ini banyak melibatkan beberapa instansi dan pemangku kepentingan dari pariwisata, yang kita undang dalam kegiatan sosialisasi ini, adalah dua belas undangan dari Kementrian atau Lembaga,” katanya lagi.

Andhy Marpaung menambahkan, “Selain itu diundang tiga perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Seluruh Bupati maupun pemerintah daerah dari Kawasan Danau Toba, Asosiasi Usaha dan Profesi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Kawasan Danau Toba, Komunitas LSM/ Lembaga Adat / Lembaga Agama, Para Akademisi Reaktor Perguruan Tinggi dari Sumatera Utara ditambah dari beberapa Media Cetak maupun Elektronik Online,”

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan akses pelayanan dan infrastruktur dasar pariwisata, meningkatkan perekonomian lokal/masyarakat dari pembangunan pariwisata, dan mendorong investasi swasta di kawasan danau toba” papar Koordinator Destinasi Area I , Wijonarko.

Menanggapi hal tersebut , Direktur pengembangan destinasi regional I, Oni Yulfian, mengungkapkan Pembangunan kepariwisataan di Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba perlu dukungan banyak pihak, dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan pembangunan pariwisata di danau toba dapat terealisasi dengan baik.

“Semua harus terealisasi dengan baik. Destinasi Danau Toba memiliki masa depan cerah. Momentumnya kini ada melalui masa New Normal ini. Melalui sosialisasi program ini, industri pariwisata di kawasan ini cepat pulih,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Hari Sungkari mengatakan, sektor pariwisata diharapkan menjadi andalan baru dalam mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini telah ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Setiap stakeholder pariwisata dapat berkomitmen mendukung kepariwisataan di kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *