Keren, 5 Bus WI Mondar-mandir di Munchen

oleh -966 views

SUARAJATIM.CO.ID-Ada yang berbeda dari Kota Munchen. Salah satu kota besar di Jerman itu terlihat sangat berwarna. Usut punya usut, ternyata penyebabnya adalah kehadiran 5 bus berlogo Wonderful Indonesia. Bus-bus Wonderful Indonesia itu akan menghiasi Munchen hingga Oktober nanti.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin berada di balik hadirnya 5 bus tersebut. Branding menjadi strategi untuk memanaskan Oktoberfest 2018, 22 September hingga 7 Oktober 2018. Target besarnya adalah mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Sebagai daya tarik, sejumlah destinasi unggulan, serta kebudayaan Indonesia yang keren-keren juga dipajang di bus-bus itu. Ada Candi Borobudur, Pulau Padar NTT, Komodo dan Raja Ampat. Branding semakin lengkap dengan terpajangnya gambar Penari Legong Bali.

Dukungan besar KBRI Berlin disambut antusias Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri asal Banyuwangi ini tak ragu untuk memuji dukungan KBRI Berlin untuk pariwisata. “Ini keren. Terima kasih KBRI Berlin,” ujar Menpar Arief Yahya, Senin (17/9).

Menurutnya, inilah bentuk konkret dari Indonesia Incorporated. Semangat ini telah digaungkan Menpar sejak 3 tahun silam. Bahkan sebelum berangkat tugas ke negara-negara, Menpar sudah berpesan ke para duta besar. Ia menitipkan promosi pariwisata Indonesia.

Mantan Dirut PT Telkom ini ini mengatakan, kerjasama kreatif yang dilakukan KBRI dengan lembaga atau instansi di negara tempat mereka bertugas itu penting. Terutama untuk membuka kerjasama TTI (Tourism Trade Investment) ke Indonesia.

“Karena kalau kita kompak, solid, bergerak bersama, berpromosi pariwisata bersama, maka bangsa ini akan cepat dikenal di seluruh penjuru dunia. Sekali lagi, terima kasih KBRI Berlin,” jelasnya.

Keputusan KBRI melakukan branding sangat tepat. Karena, Oktoberfest adalah festival besar. Diperkirakan tidak kurang dari 7 juta pengunjung akan ikut dalam Oktoberfest 2018. Dalam event ini, pengunjung akan disuguhkan berbagai jenis kuliner dan pagelaran seni dan budaya.

“Kita hitung saja, 25 persen pengunjung melihat poster objek wisata tersebut. Berarti iklan ini sudah bisa menjangkau sekitar 1,7 juta wisatawan potensial. Kalau kita asumsikan 10 persennya tertarik untuk berkunjung ke Indonesia, berarti kita sudah bisa memikat sekitar 170 ribu wisatawan ke Indonesia. Belum lagi kita menghitung efek domino dari mereka yang melihat iklan ini”, ujar Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno.

Arief juga menjelaskan alasan sejumlah destinasi prioritas ditampilkan pada bus branding itu. Yaitu untuk memberikan alternatif destinasi kepada para wisatawan Jerman yang ingin berkunjung ke Indonesia.

“Kita ingin memperkuat iklan dan branding Wonderful Indonesia di Jerman. Jumlah turis asal Jerman tahun 2017 memang telah meningkat menjadi 267.823 wisatawan dibandingkan angka 184.463 pada tahun 2014. Namun angka ini masih jauh dari target yang akan dicapai, yaitu 1 juta wisatawan pada tahun 2020. Untuk itu, kita terus menggencarkan upaya promosi dan branding Indonesia kepada masyarakat Jerman,” tambah Dubes Havas.

Rencananya, branding Wonderful Indonesia akan diperluas di Kota Berlin, November mendatang. Selain itu, KBRI Berlin juga akan menggandeng beberapa stasiun radio di Jerman untuk promosi wisata Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *