Lebaran di Jawa Tengah, Jangan Lupa Berwisata Ke Salatiga Ya

oleh -1.212 views

SUARAJATIM.CO.ID– Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu provinsi tujuan mudik Lebaran. Provinsi ini terdiri dari banyak kabupaten dan kota, salah satunya adalah Salatiga. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang.

Seperti halnya dengan kota atau kabupaten di Jawa Tengah lainnya, Salatiga juga menyimpan tempat liburan yang melengkapi #PesonaMudik2018. Mulai dari tempat wisata alam hingga water park buatan.

“Salatiga itu memiliki pesona mengagumkan dengan udaranya sangat sejuk. Sangat tepat untuk menghabiskan liburan Lebaran bersama keluarga. Dan itu menjadi salah satu sebab Salatiga mesuk menjadi salah satu #PesonaDestinasiLebaran2018,” ujar Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Salatiga yang bisa mengoda Anda untuk mengunjunginya

1. Gunung Merbabu

Siapa yang tak tahu dengan Gunung Merbabu? Gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata terutama bagi mereka yang suka dengan kegiatan pendakian. Dengan ketinggian kurang lebih 3.000 meter, gunung ini tak hanya ‘gagah’ tetapi juga indah. Tak heran jika banyak pendaki yang selalu ingin mengulang petualangan menaklukkan gunung ini.

Keindahan yang luar biasa dapat Anda nikmati ketika berada di puncak gunung. Anda bisa melihat keindahan kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, juga Semarang. Di bagian selatan, keindahan lain juga menanti yakni panorama Gunung Merapi.

2. Bukit Cinta

Tempat wisata di Salatiga lainnya yang mengundang pesona untuk dikunjungi adalah Bukit Cinta. Jangan dulu salah menilai, meski namanya Bukit Cinta namun tempat ini bukanlah tempat untuk memadu kasih atau ajang pacaran.

Bukit Cinta merupakan sebuah taman yang menyuguhkan kenyamanan dan kesejukan sehingga cocok untuk bersantai dan menghirup udara segar guna mengusir kepenatan. Ada banyak arena bermain di tempat wisata ini, seperti seluncuran, ayunan, dan lainnya. Jadi, tempat wisata ini sangat pas sebagai destinasi wisata Anda dan keluarga, terutama anak-anak.

3. Danau Rawa Pening

Anda pernah mendengar cerita tentang sebatang lidi yang ditarik dari tanah kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa? Itulah legenda danau Rawa Pening.

Terlepas benar tidaknya asal mula danau ini, yang pasti Rawa Pening merupakan destinasi wisata yang asyik sehingga sayang untuk dilewatkan. Lokasinya masih satu kawasan dengan Bukit Cinta.

Di sini, Anda tak hanya bisa menikmati keindahan danau hanya dengan duduk-duduk di tepiannya saja, tetapi berjelajahi danau yang dipenuhi dengan tanaman enceng gondok ini dengan sampan. Jika lelah berkeliling, Anda bisa menikmati kuliner yang disajikan oleh warung-warung makan yang berjajar di pinggir danau.

3. Agrowisata Salib Putih

Terletak di Jalan Hasanudin Km. 4, agrowisata Salib Putih menjadi tempat wisata di Salatiga yang sayang untuk dilewatkan. Tempat ini menawarkan paket wisata yang menarik, karena menyuguhkan ecopark hotel yang dilengkapi dengan fasilitas taman bermain, kolam renang, perkebunan, dan juga outbound. Di sini juga tersedia area untuk camping.

Tak hanya memiliki panorama yang indah, agrowisata Salib Putih juga diselimuti hawa udara yang sejuk sehingga menenangkan.

4. Atlantic Dreamland

Ini dia tempat wisata di Salatiga yang wajib Anda kunjungi. Atlantic Dreamland merupakan tempat wisata berkonsep waterboom yang memiliki aneka wahana bermain seru, seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom boom car, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya.

Lokasinya berada di Jalan Soekarno-Hatta, Isep-isep, Salatiga. Altlantic Dreamland senantiasa dipadati pengunjung terutama di akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Maklum saja, harga tiket untuk masuk dan menikmati wahana bermain di tempat ini sangatlah terjangkau.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Objek Wisata Salatiga Kopeng Adventure ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak diminati para wisatawan yang suka akan dunia rekreasi dan tantangan.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang suka dengan dunia tantangan uji adrenalin dan sedang berada di daerah sekitar Kota Salatiga dan Ambarawa Jawa Tengah, Kalian bisa mencoba arena liburan yang mengasyikan ini.

Di tempat wisata Salatiga Kopeng ini sahabat Direktori Wisata Indonesia akan menyaksikan arena permainan di alam terbuka yang memanfaatkan tali yang di ikat antara pohon yang satu dengan yang lainnya. Hal ini untuk menciptakan arena permainan yang menarik dan menantang.

Lokasi wisata Kopeng Salatiga berada tepat di bawah kaki Gunung Merbabu yakni di Jalan Raya Kopeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Salatiga, Jawa Tengah.

6. Tlogo Plantation

Terletak diantara Tuntang – Beringin Km. 2 Salatiga, Tlogo Plantation menawarkan wisata terpadu yang asyik untuk mengisi liburan Anda dan keluarga.

Di sini, Anda bisa menjelajahi perkebunan kopi, menikmati rimbunnya pepohonan yang asri dan menyejukkan. Nah, bagi Anda yang hobi bermain tembak-tembakan, di sini tempat yang tepat untuk menyalurkannya, karena tersedia permainan pint ball.

7. Arrowhead Park Salatiga

Anda suka berkuda? Nah, tempat wisata yang satu ini pastilah cocok untuk Anda kunjungi. Arrowhead Park menyediakan arena untuk berkuda.

Letaknya berada di pedesaan Tegal Waton, atau di depan lapangan pacuan kuda Tinggir Salatiga. Di sini, Anda bisa menikmati beragam paket berkuda yang ditawarkan.

8. Pohon Pengantin

Tempat hits yang satu ini sangat rekomended buat kamu yang suka hunting spot foto kece. Selain pemandangannya yang indah, keberadaan pohon melengkung dengan dahan yang rimbun di tempat ini mampu menampilkan kesan yang unik dan eksotis. Sangat pas untuk menjadi latar foto Anda. Destinasi ini berada di Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

9. Sendang Senjoyo

Wisata alami dengan sumber mata air yang segar inijuga terdapat di Senjoyo. Di kawasan Sumber Mata Air Senjoyo juga terdapat beberapa batu berelief yang diyakini merupakan peninggalan kuno.

Konon pemandian ini dulu digunakan untuk mandi para putri raja, dan kisah yang paling terkenal adalah ketika Joko Tingkir berendam dan bertapa di pemandian ini.

Di Sendang Senjoyo ini terdapat tujuh umbul atau mata air yang dianggap penting oleh masyarakat, yakni Sendang Slamet, Sendang Bandung, Sendang Teguh, Sendang Lanang, Sendang Putri, Tuk Sewu, dan Umbul Senjoyo.

Ketujuh mata air itu memiliki air jernih yang sangat melimpah di tempat wisata Salatiga dan sekitarnya, Konon informasi yang Direktoir Wisata Indonesia terima dari penduduk lokal, kini airnya dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti irigasi.

Sendang Senjoyi berada di Jl. Senjoyo 4, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

10. Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Jalan-jalan sembari menelisik sejarah Kota Salatiga bisa kamu lakukan di kawasan Cagar Budaya Prasasti Plumpungan. Prasasti tersebut saat ini masih terawat baik. Plumpungan sebuah dukuh yang masuk Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Lokasinya terletak sekitar dua kilometer dari Bundaran Tugu Kota ke arah Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang.

Sekilas, Dukuh Plumpungan ini tidak memiliki keistimewaan apa-apa dibandingkan daerah lain. Namun sejatinya dukuh ini memiliki saksi sejarah karena tersimpan berabad-abad sebuah prasasti yang menandakan cikal bakal Salatiga di kawasan ini. Karena prasasti terletak di Dukuh Plumpungan, maka prasastinya dinamakan prasasti Plumpungan.

Menurut para ahli, Prasasti Plumpungan termasuk Caila Prasasti, yang ditulis atau dipahat di atas batu. Jenis batu yang dipergunakan adalah batu andesit yang bagian dalamya agak kuning kemerah-merahan. Ukuran panjangnya 170 cm, lebar 160 cm, garis lingkar 5 cm, dan bobotnya mencapai 20 ton. Diperkirakan sejak awal batu raksasas tersebut memang berada di Dukuh Plumpungan.

Prasati tersebut ditulis dalam bahasa Jawa Kuno dan Bahasa Sansekerta. Tulisannya ditatah dalam petak-petak segi empat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *