Lebaran di Temanggung? Ini loh Pilihan Wisatanya

oleh -1.431 views

SUARAJATIM.CO.ID-Apa  yang terbayang di kepala kamu ketika menyebut Temanggung? Tembakau Shrintil? Kamu nggak salah guys. Tembakau terkenal itu memang berasa dari Temanggung. Tapi bukan itu satu-satunya yang menarik dari kabupaten berhawa sejuk itu. Beberapa destinasi wisata kerena juga ada di Temanggung.

Saat bicara soal Temanggung, Menteri Pariwisata langsung sumringah. Ia mengatakan, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dapat dilihat dengan jelas dari tempat itu pada pagi yang cerah. Itu karena tempatnya yang berada di ketinggian. “Kotanya sejuk, tenang, airnya melimpah dan suasananya sangat mendukung untuk menjadi destinasi alam,” tambah Menpar Arief Yahya di Jakarta, Kamis (31/5).

Pak Menteri pun merekomendasikan Temanggung sebagai #PesonaDestinasiLebaran2018. Tempat yang wajib dikunjungi saat liburan #PesonaMudik2018 yang tinggal menghitung hari ini. “Traveller atau pemudik wajib mendatangi tempat ini. Daerah ini punya tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri. Coba saja sambil mudik dan libur lebaran. Mungkin bukan pendaki, tetapi lebih untuk melihat alam yang indah dengan lekuk-lekuk gunung berapi yang khas,” katanya.

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 yang bisa kamu datangi saat mengunjungi Temanggung.

Wisata Alam Jumprit Temanggung

Tempat wisata alam di temanggung yang pertama yaitu wisata alam jumprit yang sekaligus juga menjadi tempat wisata sejarah. Lokasi  atau alamat wisata jumprit berada di Kec. Ngadirejo.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan pohon-pohon yang rimbun. Ada mata air yang dianggap suci di tempat itu. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacara adat. Lingkungan yang terjaga baik membuat tempat itu rumah yang nyaman dar sekoloni kera liar. 

Monumen Meteoroit di Temanggung

Monumen Meteoroit berada di desa Wonotirto Kec Bulu Temanggung. Menurut cerita yang ada, pada jaman dahulu tempat tersebut merupakan tempat jatuhnya sebuah meteor. Makanya dibangun sebuah monumen di tempat tersebut oleh pemerintah lokal. Monumen Meteoroit merupakan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di Temanggung.

Curug Lawe

Curug Lawu berlokasi di Desa Muncar Kec Gemawang. Hawa  di sekitar air terjun itu sangat sejuk. Sementara airnya begitu bening. Itu sebabnya dinamakan Curug Lawe. Lawe adalah kata bahasa Jawa yang berarti benang. Saking jernihnya, air yang turun itu tampak seperti benang putih.

Pikatan Water Park Temanggung

Ini adalah wisata air yang ngehits banget di Temanggung. Tempat wisata ini cocok bagi semua kalangan umur. Pikatan Water park Temanggung menyediakan beragam  wahana wisata air mulai dari kolam bermain untuk anak anak hingga orang dewasa.

Taman Kartini Temanggung

Temanggung juga memilik taman yang indah yang bernama Taman Kartini. Lokasi taman ini pun sangat strategis, tepat yang berada di pusat kota Temanggung.

Taman ini cocok bagi kamu  yang ingin beristirahat setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Temanggung. Di tempat ini juga terdapat  wahana bermain untuk anak anak. Banyak juga anak muda jaman now Temanggung yang datang ke sini untuk menikmati sauasana kota yang tenang.

Wisata Alam Posong Temanggung

Kalau di Salatiga ada Kopeng, Temanggung punya Posong. Diapiti oleh Gunung SIndoro dan Sumbing, tempat wisata alam ini menghadirkan nuansa yang eksotik plus sejuk.

Wisata alam posong ini menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang begitu indah. Belum lagi hamparan kebun tembakau yang luas. Menghabiskan senja di tempat ini membaut hidup terasa sempurna. Pasalnya, sunsetnya dahsyat banget guys.

Di tempat ini juga disediakan gazebo untuk anda beristirahat sambil menimati kesejukan udara pegunungan.

Pesona Candi Gedong Songo

Temanggung juga punya candi loh. Namanya Candi gedong Songo.  Lokasinya berbatasan dengan Semarang. Selain wisata sejarah, kamu juga akan terbuai dengan asrinya kawasan itu. Banyak wisatawan asal Semarang yang mengunjungi tempat itu.

Savana Kledung Pas Temanggung

Tempat wisata alam Temanggung selanjutnya yaitu Kledung Pas, Lokasinya dekat dengan wisata alam Posong dan juga berada di antara gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Kledun Pas menyuguhkan pemandangan savana yang luas. Oleh masyarakat sekitar lahan itu dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Mulai dari kentang, wortel hingga tembakau, tumbuh subur di tempat itu.

Di Savana Kledung ini juga banyak terdapat rest area dan juga hotel. Nggak sedikit bus pariwisata yang transit di area savana kledung ini karena kebetulan kledung merupakan jalur utama penghubung natar temanggung dan Wonosobo.

Danau Buatan Embung Kledung Temanggung

Wisata selanjutnya masih seputaran Kledung, yaitu Embung Kledung. ini adalah danau buatan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di Kledung dan sekitarnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan saja, kini embung Kledung juga menjadi tempat wisata. Lokasinya berada di kaki Gunung Sindoro. View Gunung Sindoro yang cantik menjadi suguhan utama bila datang ke tempat ini.

Candi Pringapus Temanggung

Candi Pringapus merupakan peninggalan candi Hindu. Reliefnya pun hampir sama dengan candi Dieng yang ada di Banjarnegara. Selain wisata sejarah, pemandangan alam di sekitarnya juga asri dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *