Lengkapnya Destinasi Purbalingga, Libur Lebaran ke Sini Aja

oleh -1.533 views

SUARAJATIM.CO.ID– Kabupaten Purbalingga menjadi paket terkomplit dari #PesonaDestinasiLebaran2018 sekaligus #PesonaMudik2018. Ada kekuatan religius, kultur Jawa, hingga heroisme sejarah. Dan dilangkapi alam yang sangat indah. 

“Purbalingga kini terus berkembang destinasinya. Atraksi bertambah, Amenitas dibangun, Aksestabilitas juga sedang berjalan. Terbukti Angkasa Pura II siap mengelola bandaranya,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Purbalingga menjadi destinasi yang bisa diandalkan pada mudik Lebaran 2018. Semua akan merasa nyaman di Kota Purbalingga. Banyak aspeknya luar biasa di sini. 

Untuk enambah kenyamanan menemukan destinasi pariwisata, kecanggihan piranti Waze atau Google Maps siap membantu. Tinggal klik saja melalui gawai masing-masing. Tunggu instruksi. Lalu, akan dibawa menuju lokasi dengan rute tercepat. Berikut #Top10DestinasiPurbalingga versi TripAdvisor. 

1. Owabong 

Owabong merupakan tempat wisata di Indonesia yang menjadi ikon dari Kota Purbalingga. Buat Anda yang sedang mudik dan melintas, silahkan berkunjung ke Purbalingga dan sekitarnya jangan lupa untuk mampir ke wisata yang satu ini. 

Terdapat beberapa wahana air yang populer seperti kolam renang olympic, waterboom, ember tumpah, kolam arus dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. 

2. Taman Reptil Sanggaluri Park 

Selain wisata alam di Purbalingga, di daerah ini juga memiliki Taman Reptil. Destinasi ini bisa menjadi lokasi rekreasi keluarga sekaligus edukasi. Taman ini memiliki banyak koleksi reptil baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya lengkap. Lokasinya berada di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. 

3. Museum Jenderal Soedirman 

Purbalingga terkenal dengan pahlawan Jendral Soedirman. Di sana terdapat museum yang menjadi wisata sejarah di Purbalingga. Museum berisikan replika rumah sang jenderal beserta isinya. Seperti lemari, kursi lampu minyak, dan lain-lain ini. 

Museum sengaja dibangun untuk mengenang jasa Jendral Soedirman untuk Negeri kita tercinta. Lokasinya berada di Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. 

4. Purbasari Pancuran Mas

Berada di lahan lebih dari 6 hektare, tempat ini mengusung konsep wisata edukasi. Namun, digabungkan dengan wisata alam dan wisata buatan dengan berbagai wahana modern. Mulai dari Goa Akuarium yang memiliki banyak koleksi hewan laut, sampai wahana permainan anak. 

Jadi kalau mau berwisata keluarga di Purbalingga selain ke Owabong, anda bisa berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas ini. Lokasinya berada di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. 

5. Pemandian Situ Tirta Marta

Tak mau kalah dengan Umbul Ponggok Sidomukti Klaten dan Kolam Sendang Magelang, Purbalingga juga memiliki spot foto di bawah permukaan air di Tirta Mata. Tergolong terbaru dalam jajaran tempat wisata di Purbalingga. 

Untuk saat ini masih dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata daerah sekitar. Lokasinya berada di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. 

6. Agrowisata Lembah Asri

Agrowisata Lembah Asri yang menjadi penghubung antar beberapa objek wisata. Seperti Owabong, Goa Lawa dan lainnya. Destinasi ini memiliki panorama yang indah khas pegunungan. Udara yang sejuk, hawa yang dingin dan pemandangan yang hijau terbentang disini. 

Bukan hanya itu saja, berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, anda juga dapat melakukan kegiatan atau sekedar melihat-lihat seperti Kebun Stowberry, Kebun Sayur, Paket Outbound dan lain sebagainya.

7. Museum Uang Purbalingga 

Museum Uang menjadi tempat wisata di Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi karena koleksi-koleksinya. Berwisata sambil belajar sejarah mata uang dapat anda lakukan disini. 

Koleksi di museum ini pun cukup lengkap. Mulai dari uang-uang Indonesia pada zaman dahulu, uang negara lain hingga uang super kuno pada zaman Kerajaan Majapahit. Lokasinya berada di Jalan Kutasari Kabupaten Purbalingga. 

8. Goa Lawa 

Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Goa Lawa adalah goa yang memiliki ribuan kelelawar sebagai penghuninya. Lawa / Lowo merupakan bahasa Jawa. Dalam Bahasa Indonesia, Lawa berarti kelelawar. 

Goa ini sedikit berbeda dari umumnya. Karena, tidak memiliki stalakmit dan stalaktit. Panjang goa mencapai sekitar 1 Km. Tak heran juga kalau disekitar lokasi tercium bau tidak sedap dari kotoran kelelawar. Lokasinya berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

9. Jembatan Cinta 

Jembatan Cinta merupakan wahana wisata alam baru yang berada di Dusun Tipar, Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Sejatinya Jembatan Cinta merupakan jembatan yang dibuat dari bambu wulung yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk hati. Karena itulah jembatan ini dikenal luas dengan sebutan Jembatan Cinta.

Keunikan Jembatan Cinta di Panusupan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Pasalnya jembatan ini terletak di lokasi yang terbilang unik, yaitu di tengah sawah. Karena itulah jika datang saat musim tanam padi, hasil foto di sini menjadi begitu manis.

10. Gunung Selamet

Bagi pendaki, pastinya tidak asing dengan gunung yang satu ini. Gunung Slamet terkenal dengan medan yang sangat berat dan memerlukan tenaga yang cukup ekstra untuk dapat mencapai puncak Gunung Slamet. Gunung slamet ini mempunyai ketinggian 3428 Mdpl dan berada di 5 kabupaten yaitu Purbalingga, Brebes, Pemalang dan juga Banyumas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *