Libur Lebaran di Sukabumi Itu Sesuatu Banget

oleh -1.729 views

SUARAJATIM.CO.ID- Apa yang Anda bayangkan tentang Sukabumi? Hamparan hijau, tanaman padi? Air jernih yang mengalir di antara pematang sawah? Saung-saung tempat berteduh? Semua ada di sana. Libur Lebaran pun  bisa makin terasa oke bila kebetulan sedang melintas di Sukabumi. 

“Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari ibu kota. Sekitar empat jam dari Jakarta dan tiga jam dari Bandung. Yang ingin menikmati alam, silakan ke Sukabumi. Terutama saat libur Idul Fitri atau Lebaran,” tegas Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Bagi yang ingin menikmati #PesonaMudik2018 suasana ini tentu menjadi daya pikat tersendiri sebagai tujuan wisata bersama keluarga saat lebaran nanti.

Berikut #10TopDestinasiSukabumi yang dirangkum untuk #PesonaDestinasiLebaran2018 #PesonaLebaranSukabumi 

1. Kampung Ciptagelar

Penduduknya masih setia tinggal di rumah bilik kayu beratap jerami. Usia kampungnya sudah sangat tua. Kurang lebih 650 tahun. Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung harus melewati medan jalan yang cukup sulit, jalanan terjal dan sempit pun tak jarang membuat banyak kendaraan terperosok. Namun itu semua dapat terbayarkan dengan budaya dan kehidupan warga asli kampung Ciptagelar

2. Situs Tugu Gede Cengkuk

Jangan bosan mengunjungi sebuah museum dalam agenda perjalanan wisata anda. Berwisata ke Sukabumi wajib hukumnya mengunjungi Situs tugu Gede Cengkuk. 

Situs ini berada di desa Cengkuk kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi yang merupakan salah satu situs purbakala di Jawa Barat. 

Sejak dieksplorasi pada 2008 lalu, temuan demi temuan terus menguatkan para ahli sejarah bahwa Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik hingga zaman logam.

3. Gua Buniayu

Goa Buniayu adalah tempat wisata di Sukabumi yang butuh perjuangan untuk sampai dilokasi ini. Dibutuhkan fisik yang kuat untuk dapat menikmati keindahan stalagmit dan stalaktit di gua yang berukuran cukup besar ini.

Butuh waktu sekitar lima jam untuk menaklukkan medan yang berlumpur, tebing curam, jalan terjal hingga jurang. Namun ini semua lunas terbayar dengan keindahan ciptaan Tuhan yang jarang dijumpai di permukaan bumi. 

4. Kawah Ratu

Kawah hangat dari perut bumi yang ada di lereng Gunung Salak ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi. banyak wisatawan yang tidak melewatkan berkunjung ke lokasi ini saat berlibur ke Sukabumi. Meski untuk bisa sampai di sini membutuhkan waktu hingga 3 jam berjalan kaki, namun kawah ratu tetap ramai dikunjungi banyak wisatawan.

5. Curug Awang

Curung Awang, air terjun yang tidak terlalu besar ini juga menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Sukabumi. 

Di sini para pengunjung juga bisa menyaksikan curug lain, yakni Curug Puncak Manik dan Curug Tengah yang berada pada satu aliran aliran sungai Ciletuh. 

Ketiga suguhan alam nan elok ini berada di wilayah desa Taman Jaya Sukabumi.

 
6. Curug Cikaso

Curug Cikaso ini sebenarnya bernama Curug Luhur. Airnya mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Namun masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya sebagai Curug Cikaso.  

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan kolam berwarna hijau kebiruan di bawahnya. Masing-masing air terjun memiliki nama masing, dari sebelah kiri Curug Asepan,yang ditengah bernama Curug Meong dan sebelah kanan bernama Curug Aki.

7. Danau Batu Bacan

Dinamakan Danau Batu bacan karena air yang berada di danau ini berwarna kehijauan layaknya batu bacan.

Hamparan air nan menyejukkan ini terletak di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Uniknya danau ini tidak terbentuk dari air resapan yang keluar dari bebatuan di sekitar danau. Namun air Danau Batu Bacan tersebut berasal dari air hujan yang tertampung dari tahun sebelumnya.

8. Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang selalu bergejolak setiap harim letaknha persis di lereng gunung Salak.

Lokasi ini menjadi tempat favorit para pecinta alam karena jalur menuju lokasi ini cukup sulit dan menantang. Pengunjung harus mendaki gunung selama 3 jam. Bagi pendaki pemula, disarankan untuk tidak mendaki pada malam hari karena medannya yang berbahaya. 

 

9. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai eksosis. Destinasinya sekaligus dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu hijau.

Lokasinya yang cukup jauh. Sekitar 220 kilometer dari Jakarta, anda harus mempersiapkan waktu lebih untuk berkunjung ke pantai Ujung Genteng ini. 

10. Situ Gunung

Situ Gunung adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Letaknya di kaki Gunung Pangrango, sekitar 16 kilometer dari Kota Sukabumi. Keindahan alam danau ini menjadi salah satu lokasi favorit para fotografer untuk membidik objek alam Indonesia.

Tidak hanya diam menikmati keindahan alam, di sini para wisatawan bisa menyusuri danau dengan perahu, berkemah, memancing atau menggelar karpet untuk makan bersama keluarga di pinggir danau.

So, selamat Lebaran. Selamat Berwisata, Jangan lupa bahagia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *