Libur Lebaran Jelajahi Alam Wonogiri Yuk!

oleh -1.787 views

SUARAJATIM.CO.ID– Lebaran sudah di depan mata. Para perantau juga sudah siap-siap untuk #PesonaMudik2018. Buat kamu yang kampung halamannya adalah Wonogiri, ini saat yang tepat untuk melepas rindu.

Sembari bersilahturahmi dengan keluarga besar, maksimalkan waktu kamu dengan jalan-jalan. Banyak destinasi wisata di Wonogiri yang bisa dikunjungi.

“Kalau menyebut Wonogiri, yang terbayang adalah Waduk Gajah Mungkur. Selain untuk kebutuhan irigasi, waduk raksasa ini juga kerap dijadikan tempat rekreasi bagi warga sekitar maupun dari luar Wonogiri, ujar Menteri Prawisata Arief Yahya, Senin (4/6).

Menpar Arief meneruskan, Waduk Gajah Mungkur bukan satu-satunya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Wonogiri. Kabupaten yang berada di ujung timur Jawa Tengah itu punya banyak spot wisata instagramable yang keren.

“#PesonaDestinasiLebaran di Wonogiri menarik untuk dikunjungi. Ragamnya banyak, dari wisata pegunungan hingga ke pantai. Ayo ke Wonogiri,” Menpar Arief menambahkan.

Gimana guys, mau terima ajakan pak Menteri untuk mengeksplor wisata Wonogiri saat libur Lebaran nanti? Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 yang menarik di Wonogiri.

1. Waduk Gajah Mungkur

Layak bila Gajah Mungkur menempati posisi puncak dari #Top10DestinasiLebaran2018 Wonogiri. Itu karena waduk ini adalah ikon Wonogiri. Waduk ini memiliki luas 8.800 hektar dan sudah ada sejak tahun 1970. Nggak hanya mengairi sawah di Wonogiri saja, Waduk Gajah Mungkur juga menjangkau juga sawah di Karanganyar, Klaten, dan Sukoharjo.

Pemandangan alamnya indah. Di kawasan itu juga banyak warung yang menjual olahan ikan. Jadi sambil menikmati indahnya panorama waduk, kamu juga bisa makan ikan sepuasnya.

2. Bukit Cumbri
Mau menikmati bentang alam Wonogiri dari ketinggian? Kunjungi saja Bukit Cumbri. Bukit ini tidak terlalu tinggi. Hanya 638 mdpl. Namun, jalur pendakiannya cukup menyusahkan. Jadi siapkan fisik sebelum menuju tempat kece ini.

Dari puncak Bukit Cumbri, anda bisa lihat pemandangan pegunungan yang diselimuti awan. Yang paling pas adalah kau harus sudah sampai puncak sebelum matahari terbit. Momen sunrise di sini spektakuler, Sensasi negeri di atas awan akan benar-benar kamu rasakan.

3. Pantai Nampu

Kamu yang suka pantai silahkan datang ke Pantai Nampu. Lokasinya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Ngga seperti Bukit Cumbri yang butuh usaha ekstra untuk bisa menikmati keindahannya, mengunjungi Pantai Nampu mudah saja. Aksesnya mulus.

Di pantai ini, kamu akan disuguhi hamparan pasir coklat muda yang halus. Untuk keluarga, pantai ini cocok banget dijadikan destinasi. Pasir halusnya pasti membuat anak-anak betah berlama-lama.

4. Pantai Banyutowo

Masih seputar pantai. Pantai Banyutowo adalah destinasi berikutnya yang bisa kamu kunjungi di Wonogiri. Lokasinya nggak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, yakni di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri.

Kontras dengan Pantai Nampu, Banyutiwo tampil garang. Karang-karang kokoh mencuat dari dalam air. Pantainya juga terjal, sehingga bermain air adalah kemustahilan. Justru sisi garangnya itu adalah pesonanya. Tempat ini instragramable banget. Kamu semakin kece ketika menjadikan Pantai Banyutowo sebagai latar foto kamu.

5. Pantai Sembukan

Ini pantai lain yang bisa kamu datangi untuk mengisi liburan lebaran kamu. Di beberapa bagiannya, pantai ini cukup landai. Namun karena tempat ini dipenuhi karang, jadi nggak boleh mandi, guys. Pemandangannya nggak kalah indah dibanding dua pantai sebelumnya.

6. Telaga Claket
Ini adalah sebuah danau buatan yang berada di Desa Sendang Ijo. Panoramanya super kece. Bukit-bukit menghijau di sekitaran telaga berpadu pas dengan air bergelombang tenang. Sebuah dermaga kecil di telaga itu membuat tampilananya makin sintagramable aja.

Karena indahnya, lokasi ini kerap jadi atar pre wedding. Kamu juga bisa foto-foto di sini. Pastinya akan membuat liburan lebaran kamu semakin berwarna.

7. Air Terjun Setren Girimanik

Kamu suka merasakan sensasi menyegarkan saat berada di sekitar air terjun. Tenang, Wonogiri juga ada kok. Datang saja ke Air Terjun Setren Girimanik. Lokasi tempat wisata ini berada di sisi selatan Gunung Lawu. Tepatnya di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri.

Di lokasi Air Terjun Setren Girimanik, kamu bisa menikmati 3 air terjun sekaligus. Masing-masing air terjun itu adalah Air Terjun Condromoyo, Manik Moyo, dan Tinjo Moyo. Sensasi damai akan kamu rasakan saat berada di tempat ini. Pas buat menepi sejenak dari riuhnya rutinitas harian yang menyita pikiran kamu.

8. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air terjun ini tersembuyi di lembah Gunung Lawu. Masih perawan dan jarang dikunjungi. Air yang jatuh melewati dinding batu berkontur unik sangat menenangkan pikiran. Ditambah lagi dengan asrinya alam sekitar.

Kamu bisa lupa waktu bila datang ke sini. Panorama memukau itu adalah ganjaran atas kesabaran kamu meyusuri perbukitan Lawu selama satu jam sebelum mencapai tempat eksotik itu.

9. Goa Putri Kencono

Wonogiri itu punya paket wisata yang lengkap. Kamu yang hobi menelusuri rongga-rongga di kedalaman perut bumi juga buisa mendapatkannya saat mudik ke kabupaten itu. Goa Putri Kencono adalah tempat yang pas untuk memuaskan rasa penasaran kamu itu.

Lokasinya di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak 40 km dari pusat kota Wonogiri. Seru, pastinya! Sepanjang jalur penulusan, kamu akan menemukan banyak stalagmite dan stalagtid yang memenuhi gua.

10. Wisata Spiritual Kahyangan

Ini sejatinya adalah sebuah gua. Namun oleh masyarakat setempat dijadikan tempat menyepi. Lokasinya di kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Celah batu yang dibagian depan sudah dilapisi hamparan lantai keramik ini konon adlah tempat tirakatan pendiri Kasultanan Mataram Sutowijoyo. Menurut cerita, di tempat ini Sutowijoyo berdiskusi dengan Ratu Pantai Selatan untuk membahas pendirian Kesultanan Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *