Marvi Membius Ribuan Penonton di Hari Pertama Konser Musik Malaka 2019

oleh -265 views

MALAKA – Fantastis! Satu kata tersebut mampu menggambarkan Konser Musik Perbatasan Malaka (KMP) 2019. Bagai mana tidak, di hari pertama perhelatannya saja mampu menggetarkan lapangan Paroki Kamanasa (MISI), Betun, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (24/4).

Apalagi pada perhelatan tersebut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menampilkan penyanyi Maria Vitoria (Marvi) asal Timor Leste. Membawakan 8 lagu, seperti Bohemian Raphsody, Lagi Syantik, dan Bujangan, Marvi sukses membuai ribuan pengunjung yang memadati lokasi acara.

“Indonesia itu bukan siapa-siapa. Indonesia itu saudara. Dan Indonesia punya tanah yang indah,” ucap Marvi disambut gemuruh tepuk tangan penonton yang datang.

Suksesnya KMP-MK 2019 hari pertama membuat Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani happy. Baginya KMP-MK 2019 menjadi sinergi bagus antara musisi dan Kemenpar. Karena menurutnya, musik dan pariwisata adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Musik adalah bagian dari budaya. hidupnya. Musik adalah duta
pariwisata. Dan musik selalu mampu menjadi atraksi terbaik bagi pariwisata,”ujar Ricky.

Ucapan Ricky jelas tak terbantahkan. Musisi selalu menjadi endorser yang baik bagi pariwisata. Musik selalu menjadi maqnet yang menjual dalam atraksi yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Apalagi esok harinya penyanyi Bondan Prakoso akan hadir di puncak acara. Ricky percaya nama besar Bondan akan menjadi magnet yang akan membuat puncak KMP-MK 2019 akan semakin paten.

“Ini merupakan pelengkap dari elemen 3A yang di canangkan Menpar Arief Yahya. Akses serta amenitas yang baik tentunya akan terdukung dengan atraksi yang baik. Dan musik terbukti selalu menjadi atraksi yang baik dalam menjaring wisatawan. Contohnya malam ini. Lihat saja penonton memadati lokasi acara dan sebagian besar merupakan warga negara Timor Leste,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hendry Noviardi di Malaka, Rabu (24/4/2019) mengatakan penampilan Maria Vitoria sukses menghibur para penonton yang sudah memadati sejak sore hari.

“Maria sangat energik dan sangat interakrif kepada penonton. Tidak salah kami mengundangnya untuk menarik penonton asal Timor Leste. Sebelum Maria, Tarian Kolosal seperti Tebe, Bidu dan Likurai jadi daya tarik tersendiri,” kata Hendry.

Konser Musik Malaka digelar mulai tanggal 24-25 April. Target utamanya adalah mendatangkan 1.000 wisatawan asal Timor Leste selama konser berlangsung.

“Bila euforia sama dengan hari ini, kemungkinan target itu akan tercapai. Terlebih, bintang tamu hari berikutnya adalah Bondan Prakoso, kami optimis wisman Timor Leste akan melintas menonton Konser di Malaka,” katanya.

Penampilan Marvi, sapaan akrab Maria Vitoria sukses membawakan 8 tembang lagu. Marvi menyapa penonton dengan lagu “Tua-tua Keladi” yang dipopulerkan oleh Anggun C Sasmi.

Meskipun terbata-bata berbahasa Indonesia, Tetapi juara ajang pencarian bakat The Voice Portugal itu sangat lincah membawakan beberapa lagu berbahasa Indonesia hingga lagu dangdut. Dipenghujung penampilan, tembang lawas dari Queen ‘Bohemian Rapsody’ juga sukses dibawakannya.

Acungan dua jempol langsung diberikan Menpar Arief Yahya. Dia yakin bahwa setiap potensi pergerakan orang dalam jumlah masif akan menggerakkan ekonomi. Baginya, pergerakan orang sama dengan pergerakan bisnis. Setiap pergerakan orang akan menciptakan pergerakan ekonomi, pergerakan barang dan jasa. Karena itu industri pariwisata pasti akan ikut bergerak.

“Direct impact dan indirect impact-nya besar. Malaka ramai dan pastinya akan terjadi perputaran uang yang tidak sedikit di lokasi acara. Belum lagi coverage media. Nama Malaka akan semakin Hits lagi. Makanya Kemenpar akan terus mendorong atraksi di border area untuk menghidupkan pariwiaata di kawasan perbatasan,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *