Mau Cari yang Seru, Datang ke Pasar Kaulinan Menes

oleh -1.054 views

SUARAJATIM.CO.ID– Jangan pernah mengaku sebagai anak milenial jika belum pernah menjejakkan kaki di destinasi digital. Pilihannya banyak. Yang dekat Jakarta pun ada. Salah satunya, Pasar Kaulinan Menes, Pandeglang, Banten.

Pasar Kaulinan Menes, adalah destinasi digital yang menawarkan banyak keseruan dalam satu paket sekaligus.

Mau tau apa saja isinya? Ada kuliner khas Banten era 90-an, ada juga sajian seni tradisional Indonesia, dan tentunya syarat wajib buat sebuah destinasi digital. Yaitu banyak spot instagramable.

Seru kan? Nah, Pasar Kaulinan Menes juga asyik untuk didatangi bersama keluarga, sahabat, dan tentunya buat yang sudah punya pasangan. Karena, tempatnya cozy abis.

“Pasar Kaulinan memang sengaja kita konsep untuk menyasar seluruh kalangan. Semua terkonsep matang untuk memanjakan pengunjung yang datang. Pokoknya nyesel kalau belum pernah datang,” ujar Ketua GenPi Banten, Nisa’ul Hasanah, Sabtu (8/9).

Pasar Kaulinan memang paten. Konsepnya keren. Yaitu menghadirkan nuansa culture dan nature. Balutan nuansa kekinian menjadi bumbu penyedapnya. Spot fantastik penuh warna berpadu apik dengan indahnya alam pedesaan. Menjadikan Pasar Kaulinan begitu menarik untuk disambangi.

Salah satu daya tarik destinasi ini adalah permainan masa kecil yang sudah jarang ditemukan. Seperti egrang dan congklak. Tapi ada juga mainan yang lagi tren. Seperti panahan. Kamu pun dapat mengikuti berbagai macam perlombaan yang digelar.

Tidak ketinggalan, kesenian tradisional seperti silat, tari-tarian dan debus selalu hadir untuk menyapa pengunjung. Silat dan debus sendiri merupakan kesenian khas Banten yang harus dilestarikan.

Deretan kuliner Pasar Kaulinan yang harus kalian coba adalah kue balok, bubur sop, es goyobod, es sereh, uli dan masih banyak lagi.

“Pasar Kaulinan merupakan destinasi wisata lokal. Karena itu kita juga memberikan pesan ajakan kepada masyarakat agar terus membumikan seni budaya dan permainan zaman dahulu. Karena fenomena yang terjadi saat ini banyak yang melupakan budaya daerah, khususnya di Pandeglang,” ucap gadis yang akrab disapa Nisa itu.

Nah, penasaran kan? Yang ingin ke sana, silakan googling Menes Banten. Ketik Jalan Raya Labuan Km 11. Kp Naggorak – Cibadak, Desa Alaswangi, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Dijamin sampai.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pilihan destinasi digital merupakan hasil dari tuntutan era digital di mana wisatawan zaman sekarang yang didominasi oleh generasi milenial, cenderung menyukai untuk berkunjung ke destinasi yang memberikan pengalaman (experience).

“Konsep destinasi digital ini mengacu pada destinasi yang kreatif, memiliki spot fotogenik untuk diunggah di media sosial, dan viral di media sosial. Pasar Kaulinan ini contohnya,” kata Menpar.

Menurut Menpar, destinasi ini unik dibangun dengan menampilkan keunikan khas daerah. Seperti kuliner khas Pandeglang. Harganya pun terjangkau. Selain itu juga menyediakan aktivitas workshop tematik dan area permainan tempo dulu.

“Cocok untuk para wisnus yang ingin kembali mengenang pengalaman tempo dulu yang dikonsep di lokasi yang sangat kekinian. Pokoknya Pasar Kaulinan super seru. Wajib untuk disambangi,” pungkas Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *