Mau Lihat Koleksi Lukisan Istana? Datang ke Pameran Indonesia Semangat Dunia

oleh -784 views

SUARAJATIM.CO.ID– Buat masyarakat yang belum pernah masuk Istana Presiden, mungkin penasaran dengan koleksi yang ada di dalamnya. Nah, 3-31 Agustus nanti masyarakat bisa melihat koleksi lukisan milik istana.

Nama eventnya Indonesia Semangat Dunia. Lokasinya di Galeri Nasional, Jakarta. Perhelatan in digelar dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

Koleksi dari 5 istana kepresidenan akan ditampilkan. Dari lukisan Nyi Roro Kidul (Queen of the South Seas) yang selalu membuat penasaran, hingga lukisan langka karya seniman Rusia, Konstantin Egorovick Makowsky juga akan dipamerkan.

Tidak ketinggalan karya-karya dari seniman maestro Indonesia juga ada. Seperti Raden Saleh hingga Basoeki Abdullah. Lukisan karya Basuki Abdullah yang berjudul Pulau Flores misalnya. Lukisan tersebut telah dikoleksi Presiden Soekarno sejak 1942. Lukisan bernilai Rp 1.572.500.000 tersebut mengingatkan bahwa Indonesia bagian Timur memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

Sementara, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong dunia pariwisata agar lebih memanfaatkan momen HUT kemerdekaan RI. Berbagai macam event yang digelar diharapkan turut mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia.

“Apalagi ini berbarengan dengan momen Asian Games 2018. Ini menjadi kesempatan langka yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin,” ujar Menpar Arief Yahya, Jumat (27/7).

Menurutnya, banyak sekali acara yang menarik yang semakin memajukan aspek pariwisata Indonesia di mata pelancong yang singgah.

“Saya setuju kita lebih mempromosikan hari kemerdekaan Indonesia ke mancanegara. Dan itu mulai berjalan seperti di Sabang, Aceh yang dilakukan upacara bendera di titik nol kilometer. Juga nanti ada karnaval-karnaval yang tentunya menarik perhatian wisman dan wisnus,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, 60 persen sektor pariwisata berasal
dari budaya dan 30 persen dari alam. Pameran lukisan koleksi Istana
Kepresidenan dapat pula menjadi ajang pariwisata. Menurutnya,
pengunjung dapat melihat secara langsung lukisan yang sebelumnya tidak dapat dilihat oleh masyarakat awam.

“Tugasnya Kementerian Pariwisata adalah lebih mempublikasikan dan
mempromosikan agar wisatawan datang ke Indonesia, khususnya ke pameran lukisan ini,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya berharap, perayaan HUT RI tahun ini lebih meriah dan ramai dari tahun sebelumnya.

“Inilah kesempatan bagi kita, untuk memanfaatkan acara kebudayaan atau culture event. Dengan begitu negara kita akan semakin dikenal negara lain di berbagai belahan dunia,” tukas Menpar Arief Yahya.

Untuk lebih memeriahkan lagi, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga menyiapkan event-event pendukung. Seperti lomba menulis ulasan, lomba Foto esai, dan lomba melukis sketsa lulisan yang ada di pameran. Selain itu, ada juga pemilihan undian voting karya favorit. Semuanya akan disediakan hadiah yang sangat menarik.

“Tema ‘Indonesia Semangat Dunia’ ini menunjukkan keseriusan kita sebagai bangsa, merayakan, menghayati, mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah kita raih dan tahun ini kita memasuki tahun yang ke-73,” ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara.

Ukus berharap, rangkaian kegiatan tersebut akan membangkitkan partisipasi masyarakat untuk kegiatan-kegiatan yang bernuansa kebangsaan. Sekaligus membangkitkan kebersamaan serta kebanggaan rakyat Indonesia sebagai bangsa yang besar.

“Kami mengimbau partisipasi masyarakat untuk aktif di dalam kegiatan-kegiatan kita. Dan ini adalah bagian penting eksistensi kita sebagai bangsa yang besar, yang mengajak, yang harus melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi,” pungkas Ukus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *