Mau Lihat Manado dari Atas, Datang ke Puncak Tetetana di Kumelembuai

oleh -916 views

SUARAJATIM.CO.ID– Nama Tomohon, Sulawesi Utara, mungkin tdak setenar Manado. Namun, Tomohon memiliki banyak potensi pariwisata yang sangat indah. Salah satunya Puncak Tetetana yang berada di Kumelembuai, sebuah kecamatan sejuk yang ada di Tomohon.

Sesuai namanya, Puncak Tetetana menawarkan pemandangan eksotis dari ketinggian. View yang ditawarkan adalah Kota Manado secara keseluruhan.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Tomohon sangat layak dieksplorasi. Karena memiliki banyak destinasi serta atraksi uggulan.

“Walau hanya kota kecil, Tomohon mampu menggali potensi yang dimilikinya. Misalnya dengan atraksi Tomohon International Flower Festival. Atraksi yang menegaskan Tomohon sebagai Kota Bunga. Selain itu Tomohon mempunyai banyak destinasi. Seperti Puncak Tetetana,” papar Pitana, Sabtu (11/8).

Puncak Tetetana berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Tomohon. Namun, tidak ada angkutan umum yang bisa mengantar kita kesana. Jadi, mencarter mobil sangat dianjurkan. Sebelum tiba di Puncak Tetetana, kita akan disuguhi dengan suasana sejuk di Kumelembuai.

Sepintas, suasana mirip dengan kawasan Puncak di Bogor. Bedanya, jika di Puncak Bogor kita menemukan tanaman daun teh, di Kumelembuai hingga Puncak Tetetana yang bisa kita lihat adalah tanaman kol yang berderet rapi.

“Akses jalan menuju Puncak Tetetana sudah rapi. Jalannya bagus. Pemandangannya juga indah. Jadi perjalanan tidak akan membosankan. Apalagi, kita bisa berhenti di jalan untuk foto. Karena banyak spot foto yang indah,” papar Pitana.

Waktu terbaik untuk menikmati Puncak Tetetana adalah sore hari. Karena, kita bisa melihat sunset dengan jelas. Selain itu, kita berfoto dengan beberapa spot keren. Seperti Kota Manado lengkap dengan pantainya yang keren. Ada juga spot dengan latar belakang Gunung Klabat. Jelang senja, kita bisa membat foto siluet dengan latar belakang sunset. Keren kan.

Puncak Tetetana juga memiliki taman bunga. Taman ini sangat indah. Bunga dengan aneka warna terlihat sangat cantik dan segar. Kalau kalian haus atau lapar, pengelola Puncak Tetetana juga menyiapkan sebuah kantin. Oh iya, jika kalian ingin ke Puncak Tetetana, jangan lupa bawa jaket. Karena udaranya sangat kencang dan dingin. Terlebih sore hari.

“Puncak Tetetana sangat keren. Kalau kalian main ke Tomohon, jangan pernah melewatkan kesempatan mengunjunginya. Sebab, Puncak Tetetana salah satu lokasi wisata terbaik di Tomohon,” terang Pitana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengaku tidak meragukan potensi yang dimiliki Tomohon.

“Tomohon itu luar biasa. Sebuah kota kecil yang memiliki atraksi dunia. Yaitu TIFF. Atraksi yang mampu menghadirkan wisatawan. imbasnya, destinasi wisata menjadi ikut terangkat. Salah satunya Puncak Tetetana yang sangat sejuk. Jika dikelola dengan baik dipromosikan dengan benar, destinasi-destinasi di Tomohon ini bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *