Menikmati Keindahan Batam, Dispar Kepri Support BMPD 10K

oleh -437 views

BATAM – Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kepulauan Riau menggelar sport event bertajuk BMPD 10K. Kegiatan yang menyasar para pecinta olahraga lari ini akan digelar di Nivasa Bay Nongsa, Batam, tanggal 17 Maret mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Boeralimar, mengaku sangat mendukung event tersebut. Sebab, kegiatan seperti ini biasanya mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar. Artinya, lari masih menjadi salah satu olahraga pilihan masyarakat yang simpel namun tetap menyehatkan.

“Lari menjadi olahraga sederhana yang bisa dilakukan siapa pun. Tanpa teknik yang sulit dan tanpa alat tambahan. Cukup pakai sepatu, semua bisa ikut. Tanpa batasan usia dan gender,” ujarnya, Senin (11/3).

Boeralimar menjelaskan, BMPD 10K juga membuka kategori khusus fun run 5K. Masing-masing peserta hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp175 ribu, dan berkesempatan mendapat hadiah total sebesar Rp30 juta. Untuk 1.000 pendaftar pertama, panitia langsung memberikan jersey.

Dalam hal ini, kata Boeralimar, panitia menentukan cut off time. Para peserta lari 10K harus bisa sampai finish maksimal dalam waktu 2 jam. Sementara peserta fun run 5K harus menyelesaikan larinya dalam waktu 1,5 jam.

“Lomba ini dimulai pukul 06.00 WIB. Untuk memacu semangat peserta, panitia juga menyiapkan medali bagi 600 finisher pertama. Ketentuannya, pada kategori utama 10K disiapkan 200 medali. Sedangkan pada kategori fun run 5K disiapkan 400 medali,” bebernya.

Terkait jumlah pemenang, akan ada 5 podium yang diberikan untuk pelari 10K, baik pria maupun wanita. Sedangkan khusus peserta fun run 5K, panitia akan memberikan kupon doorprize dengan beragam hadiah menarik.

Sedangkan Kepala BI Perwakilan Kepri/Kepala Badan Musyawarah Perbankan Daerah ( BMPD) Kepri Gusti Raizal mengatakan BMPD menggelar kegiatan ini untuk mengembangkan wisata olahraga.

“Untuk turut mengembangkan wisata olahraga, BMPD Provinsi Kepri mengadakan BMPD Kepri 10K 2019. Hadiah total yang akan diperebutkan mencapai puluhan juta rupiah. Kepri 10K diperuntukan bagi insan perbankan serta masyarakat umum,” terangnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, lari menjadi aktivitas yang cukup digemari belakangan ini. Terbukti, beberapa sport event yang didukung Kemenpar selalu dibanjiri peserta. Salah satunya yang jadi unggulan di wilayah Kepri yaitu Bintan Triathlon.

“Bintan Triathlon sendiri selalu digelar setiap tahun dan bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Tahun ini, sport event tersebut akan dihelat tanggal 7-9 Juni mendatang. Lihat saja nanti. Pasti banyak warga negara asing yang ikut jadi peserta,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, sejak beberapa tahun terakhir sport sudah masuk dalam agenda wisata. Menurutnya, sport menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara.

“Tak hanya lari. Banyak jenis olahraga yang sudah kita kawal dan masuk dalam agenda sport tourism. Misal bersepeda, surfing, dan lain-lain,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *