Menjamah 10 Destinasi Karanganyar saat Libur Lebaran

oleh -523 views

JAKARTA – Secara geografis, Kabupaten Karanganyar dekat dari Solo. Tapi, Karanganyar juga punya banyak destinasi wisata menarik yang bisa didatangi saat libur lebaran. Asyiknya lagi, lokasi Karanganyar yang sedikit tinggi membuatnya memiliki temperatur yang cenderung sejuk dan nyaman. Tak kecuali pada libur Lebaran tahun ini. #PesonaMudik2019 di Karanganyar menawarkan destinasi wisata yang begitu menarik.

“Karanganyar kini makin kondang dikalangan traveler. Berbagai destinasi kekinian banyak bermunculan di sini. Namun juga destinasi lamanya pun tak kalah menariknya untuk disambangi,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, tidak terlalu repot bagi orang Karanganyar bahkan Solo untuk pergi jalan-jalan saat libur Lebaran tiba. Berikut ini Top 10 Destinasi Lebaran 2019 Karanganyar untuk mengisi libur Lebaran bersama keluarga.

1. Kebun Teh Kemuning

Apabila Bandung punya perkebunan teh di daerah Lembang, Karanganyar juga punya Perkebunan Teh Kemuning. Kebun Teh ini bisa menjadi pilihan wisata alam yang tak kalah menarik untuk sekedar melepas penat dan menyegarkan pikiran di akhir pekan bersama pasangan maupun keluarga.

Area Kebun Teh Kemuning ini pun cukup luas. Sehingga jika ingin lebih mengeksplor, Anda akan mendapatkan berbagai spot cantik untuk berfoto. Jika ingin mencoba ngeteh cantik, tersedia juga aneka kedai teh dengan pemandangan kebun teh langsung.

Untuk menuju ke tempat wisata ini tidaklah sulit. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan roda dua ataupun mobil. Akses jalan menuju kesana pun sudah baik karena sudah diaspal.

2. Jembatan Selfie

Aneh memang, mengapa wisata di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah ini, dinamakan dengan Jembatan Selfie. Mungkin, karena orang yang berkunjung di tempat ini, ingin selalu memanfaatkan jembatan yang diperuntukkan untuk selfie semata. Wisata yang memang terbilang masih baru ini, mengajak pengunjungnya untuk berswa foto di atas jembatan yang teranyam dari ratusan bambu. Anda dapat berswa foto dan mengabadikan kunjungan Anda dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Detinasi ini berada di Kecamatan Jenawi, tepatnya di Dusun Tempel, Desa Anggrasmanis, daerah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur. Wisata Jembatan Selfie ini dapat dijangkau dengan kendaraan dari kota Karanganyar selama kurang lebih 1,5 jam, melintasi Kabupaten Karanganyar menjuju lereng Gunung Lawu.

3. Rumah The Hobbit, Lembah Semilir

Seperti namanya, Lembah Semilir di Karanganyar ini menyuguhkan spot Instagenic berupa Rumah Hobbit yang banyak diburu untuk lokasi foto. Selain Rumah Hobbit, banyak juga spot Instagarmworthy yang bisa banget jadi latar belakang foto. Misalnya saja gardu padang, menara kincir angin yang sama-sama terbuat dari bambu. Ada pula spot foto ayunan. Benar-benar lokasi wisata incaran generasi millenials yang gemar dengan alam cantik dipadukan spot Instagenic.

Lembah Semilir ini berada di Desa Milir, RT 01/14, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Akses menuju ke destinasi wisata Karanganyar ini juga sudah sangat mudah. Jika Teman Traveler datang dari arah Kota Karanganyar, lewat Jl. Raya Solo-Tawangmangu sampai dengan kawasan Karangpandan. Kemudian temukan Pasar Kemuning dan lurus saja ke Kebun Teh Kemuning selanjutnya ke Omah Kodok. Lalu ke utara sedikit untuk sampai bisa ke lokasi.

4. Bukit Sekipan

Objek wisata Bukit sekipan diresmikan pada bulan juli 2015. Kawasan ini memang sudah berubah banyak dan sangat pesat. Banyak hal yang bisa dinikmati dan menghadirkan sejumlah keseruan. Ada waterboom, spot selfie dengan berbagai taman yang indah, dan rumah Halloween. Ada juga wahana oubond seperti flying fox, trampoline, jembatan goyang, dan masih banyak lagi.

Bukit sekipan berada di Desa Kalisoro, kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Menuju ketempat ini tidak terlalu sulit karena, bisa menggunakan kendaraan pribadi danjuga bus dengan jalur yang sama.

Perjalanan menggunakan bus bisa dari terminal tirtonadi. Menggunakan bus dengan jurusan terminal tawangmangu. Darisini, sobat travel bisa menggunakan ojek untuk mengantar ke bukit sekipan yang jaraknya kurang lebih 2 km.

5. Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Selain punya alam indah, Karanganyar juga memiliki Pabrik Gula Tasikmadu yang juga memiliki Agrowisata Sondokoro. Dibangun pada tahun 2005 lalu, perlahan nama agrowisata tersebut mulai populer dan ramai wisatawan.

Traveler pun akan diajak mennyusui pabil gula berjarah yang masih beroperasi tersebut. Lalu terdapat juga aneka macam permaianan seperti kolam air hingga main flying fox.

Menariknya, terdapat juga sebuah kereta tua yang bisa dinaiki untuk mengelilingi komplek Agrowisata Sondokoro. Ajaklah si buah hati untuk berwisata ke sana.

6. Taman Dirgantara Edupark

Destinasi ini adalah wahana rekreasi dan edukasi yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.

Destinasi wisata ini mampu menggaet banyak pengunjung lantaran menyuguhkan pengalaman naik ke dalam pesawat asli, Lawu Air.

Bagi Anda yang ingin sekali merasakan naik pesawat tetapi belum kesampaian hingga sekarang, datang saja ke Taman Wisata Edukasi Dirgantara atau lebih dikenal dengan Karanganyar Edupark.

Terdapat dua jenis angkutan udara yang terparkir di area tersebut. Yaitu pesawat terbang jumbo jet yang dimodifikasi dengan nama Lawu Air dan satu unit helikopter dengan kapasitas penumpang 6 orang.

Tiket masuk wisata tersebut seharga Rp 7000/orang.

Wisata tersebut merupakan wisata edukasi dirgantara sekaligus terdapat wahana kolam renang berstandar nasional.

7. Taman Hutan Raya (Tahura)

Terletak di lereng Gunung Lawu, Taman Hutan Raya Karanganyar berada di kecamatan Ngargoyoso. Taman Hutan Raya ini merupakan warisan dari salah satu petinggi Keraton yaitu KGPAA Mangkunegoro I yang saat ini di jadikan sebagai pelestariaan alan baik flora maupun fauna.

Bagi traveller yang ingin mengunjungi Tahura Karanganyar. traveller tinggal pergi ke kawasan Ngargoyoso Karanganyar yang letaknya tidak jauh dari wisata Tawangmangu. Disekitar lokasi juga terdapat objek-objek wisata lainnya seperti Candi Sukuh, Candi Cetho dan beberapa air terjun. Setelah sampai di kecamatan Ngargoyoso, banyak sekali petunjuk jalan yang mengarahkan ke Taman Hutan Raya.

Tahura Karanganyar ini memang sangat cocok untuk menunjang kegiatan pendidikan, pariwisata hingga rekreasi. Bahkan jika travelling ingin melakukan kegiatan camping maupun kegiatan wisata bersama keluarga juga bisa menggunakan lokasi Taman Hutan Raya Karanganyar sebagai pilihan. Selain itu berbagai macam flora dan fauna bisa traveller jumpai. Ada lebih dari 34 jenis binatang yang terdapat di Tahura Karanganyar. fasilitas yang di sediakan untuk para traveller juga cukup lengkap mulai dari tempat parkir, MCK dan warung yang menyediakan beberapa makanan kuliner.

Di Tahura Karanganyar juga terdapat Taman Bougenvile, dengan berbagai macam spesies bunga bougenvile. Tahura juga merupakan tempat yang tepat untuk meneliti keanekargaman tumbuhan yang ada disini. bahkan di lokasi ini juga terdapat Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya yang merupakan salah satu unit pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah.

8. Telaga Madirdo

Telaga madirdo adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Karanganyar. Terletak di kecamatan Ngargoyoso dan tak jauh dari air terjun Jumog. Di sini pengunjung akan disuguhi jernihnya air telaga dan terdapat sumber mata air yang mengalir ke parit yang airnya sangat jernih. Pengunjung bisa berfoto-foto, menghirup udara yang sejuk dan menikmati pemandangan alam yang indah.

9. Grojogan Sewu

Karanganyar memiliki beberapa wisata air terjun, salah satunya adalah grojogan sewu atau sering disebut Tawang Mangu. Tawang mangu sangat terkenal dan selalu ramai oleh pengunjung. Udara yang sejuk dan pemandangan alamnya banyak menarik wisatawan. Untuk mencapai air terjun dari pintu masuk pengunjung harus menuruni anak tangga yang diperkirakan berjumlah 1250 buah.

Kamu tidak perlu khawatir, rasa lelah akan hilang dengan melihat pemandangan alamnya. Di dekat air terjun terdapat jembatan yang disebut “kretek pegat”, artinya jembatan putus yang mempunyai cerita dibaliknya. Konon pasangan yang melintasi jembatan itu akan putus hubungan, namun kembali lagi itu hanya mitos masyarakat.

10. Bukit Hope

Bukit Hope ini merupakan destinasi yang menawarkan pesona alam khas bebukitan dengan berabagai spot foto instagenik. Lokasinya yang jauh dari kehidupan kota membuat obyek wisata satu ini cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri. Ditambah lagi udaranya yang sejuk dan pemandangan alam sekitar yang begitu asri nan epic, tentu jadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung kesini. So, Bukit Hope ini rekomended untuk kamu sambangi bila berkunjung ke Karanganyar.

Bukit Hope terletak di Dsn. Tawang, Desa Wonorejo, Kec. Jatiyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 34,7 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 2 menit dari pusat kota Karanganyar.

Akses menuju kawasan Bukit Hope cukup baik. Namun, beberapa kilometer sebelum sampai lokasi kamu akan dibawa melewati jalanan naik turun dan berkelok. Pada beberapa titik juga kamu akan melewati jalanan berbatu dan berlubang. Meski membuat adrenalin tepacu cukup kencang, tenang saja, karena semua akan terbayar setelah sampai lokasi dengan view alam khas bebukitan yang sungguh mendamaikan hati dan pikiran. Harap tetap berhati-hati dan pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan full bensin. Buat kamu yang ingin menikmati keindahan dan foto-foto di Bukit Hope, kamu dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000/orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *