Menpar Berikan Kuliah Umum di HPN 2019

oleh -768 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan mengisi kuliah umum saat perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019. Rencananya, kuliah umum akan berlangsung Kamis (7/2) mulai pukul 09.00 WIB, di Lantai 5, Gedung F, Kampus Universitas Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Tema yang akan diangkat, ‘Potensi Pariwisata Indonesia Melalui Generasi Pesona Indonesia (GenPI)’.

“GenPI memegang peran penting dalam pariwisata Indonesia. Fungsinya dominan, secara online maupun offline. Mereka bisa berperan sebagai motor branding di dunia maya. GenPI juga bisa menjadi pendorong ekonomi baru bagi masyarakat sekitar,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Rabu (6/2).

Dalam kuliah umum, akan ditampilkan juga Tari Kreasi Baru. Tarian ini ditampilkan oleh UKM Universitas Dr Soetomo.

“Civitas akademika juga memiliki potensi besar untuk ambil bagian dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Sudah banyak kampus yang bergabung di GenPI. Ini menjadi kesempatan yang bagus bagi mahasiswa. Mereka bisa praktik langsung cara mengelola sebuah industri atau bisnis, khususnya lini pariwisata,” terang Menpar.

Selain Menpar, narasumber lain adalah Methiana Indrasari yang menjadi keynote speaker. Sebagai moderator ditunjuk Eko Pamuji, lalu MC-nya Bella dan Alvin. Kuliah Umum ini juga akan dijeda dengan games dan stand up comedy ala Komika Alvin.

“Berbicara dalam Kuliah Umum ini luar biasa. Saya bisa sharing dengan generasi muda potensil. Dan, pariwisata Indonesia butuh karakter dinamis seperti mereka. Apalagi, pariwisata ini sedang kompetitif. Meski ada beragam bencana, progress wisman tetap positif. Ada peningkatan. Kami yakin, tahun ini bisa merealisasikan target besar 20 Juta wisman,” tegas Menpar.

Mengacu data BPS, pergerakan wisman Indonesia tumbuh 12,58% sepanjang 2018. Angka riilnya 15,81 Juta orang. Bandingkan dengan kunjungan wisman 14,04 Juta orang pada 2017. Dari total 15,81 Juta wisman, kenaikan besar 20,6% terjadi untuk wisatawan regional ASEAN.

Mengacu target 2018, pariwisata dipatok berkontribusi 5,25% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Devisanya disetting berada di angka Rp223 Triliun. Untuk penyerapan tenaga kerja diproyeksikan 12,6 Juta orang.

“Kami berharap, setelah Kuliah Umum ini, civitas akademika Universitas Dr Soetomo bisa bergabung memajukan pariwisata Indonesia. Kanalnya bisa melalui GenPI,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *