Mudik ? Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata di Purworejo Ini

oleh -1.573 views

SUARAJATIM.CO.ID– Kabupaten Purworejo kerap menjadi tempat singgah bagi pemudik melewati jalur selatan. Jika Anda bersedia meluangkan waktu, maka ada segudang keindahan yang bisa ditengok di daerah sini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, saat perjalanan mudik akan menjadi lebih seru bila disempatkan sambil berwisata. Dengan mengeksplor tempat-tempat baru, membuat liburan #PesonaMudik2018 makin seru.

“Tidak ada salahnya saat perjalanan mudik diagendakan sambil berwisata. Sayang sekali bila ada tempat bagus di Purworejo dilewatkan begitu saja,” ujar Menpar Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Berikut #10TopDestinasiLebaran di Purworejo:

1. Museum Tosan Aji

Bagi yang suka dengan wisata sejarah, maka bila berkunjung ke Purworejo jangan lewatkan Museum Tosan Aji yang ada di Kecamatan Kutoarjo ini. Museum ini adalah tempat khusus yang memamerkan satu macam koleksi, yaitu keris atau Tosan Aji.

Tosan Aji adalah satu hasil budaya yang nenek moyang kita wariskan untuk dijadikan identitas budaya Indonesia. Lebih mantap lagi ketika berada di dalam museum, karena memang desain suasananya betul-betul menunjukkan alam bersejarah kota ini.

Museum ini tidak lagi hanya memamerkan Tosan Aji, tapi pengunjung pun akan dapat menikmati variasi pameran barang cagar budaya masa prasejarah. Kurang lebih 1000 bilah yang dipunyai museum ini, termasuk dari Cundrik Granggang, tombak, keris, kudi/kujang, serta pedang. Semuanya itu dikumpulkan dari masa Kerajaan Majapahit serta Pajajaran sampai sekarang.

Museum Tosan Aji menerima pengunjung dari hari Senin sampai Kamis dengan jam operasional dari jam 7 pagi hingga 2 siang. Sementara di hari Jumat buka dari jam 7 pagi hingga 11 siang, dan pada hari Sabtu buka dari jam 7 pagi hingga jam 1 siang.

2. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang adalah salah satu pantai di Purworejo dengan pasir yang warnanya coklat atau hitam. Dari pusat Kota Purworejo, Anda hanya akan menempuh jarak 18 kilometer saja dan bisa dijangkau secara mudah dengan kendaraan roda empat sekalipun.

Para wisatawan yang datang ke sini akan dijamin termanjakan dengan segala fasilitas yang tersedia di pantai ini. Bahkan bagi yang memiliki kekhawatiran untuk bermain di air lautnya, langsung menuju ke pinggir pantai saja. Di sana terdapat kolam renang air tawar yang didesain dengan terpal yang warnanya bervariasi. 

Untuk menyusuri pantai secara puas, ada ATV yang juga bisa dikendarai. Fasilitas lainnya antara lain adalah penginapan serta toilet, sementara itu beragam kuliner menggiurkan juga bisa dinikmati di area pantai ini.

3. Curug Muncar

Wisata alam lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin memuaskan di Purworejo adalah Curug Muncar. Lokasinya bisa ditempuh dengan jarak 45 kilometer apabila dari pusat kota. Daya tarik utama tempat ini sudah jelas air terjunnya dengan tinggi mencapai 900 meter dari atas permukaan laut. 

Untuk menuju ke kawasan ini, para wisatawan harus siap dengan aktivitas treking yang bisa dilakukan selama sekitar setengah jam. Karena harus trekking dan tidak dengan waktu yang singkat, maka setiap pengunjung wajib menyiapkan fisik sebab medan tanjakanlah yang akan dilewati di sini. 

4. Benteng Pendem

Benteng Pendem ini dulunya pusat kota Purworejo sempat menjadi pangkalan militer pada masa penjajahan Jepang. Kalau butuh pembuktian, maka benteng kuno bernama Benteng Pendem inilah yang menjadi saksi bisu dari penguasaan Jepang pada masa dulu. Benteng ini adalah tempat militer Jepang yang dipakai sebagai pertahanan dari serangan dan gempuran dari arah Pantai Selatan.

Benteng yang penuh dengan sejarah ini kini bisa dijadikan tempat rekreasi oleh wisatawan asal mana saja. Terletak di Kecamatan Bagelen, tepatnya ada di Dusun Bapangsari Krendetan, perbukitan Dukuh Kaliwaru, Benteng Pendem memiliki tinggi 200 meter dari atas permukaan laut. Jumlah benteng sebanyak 29 buah. 

5. Pantai Ketawang

Berlokasi di Kecamatan Grabag, tepatnya di desa bernama Ketawangrejo, pantai ini bisa ditempuh sekitar 22 kilometer bila dari pusat kota ke arah selatan. Objek wisata yang pemandangannya masih sangat natural dan indah di Purworejo adalah pantai ini. 

Serunya lagi, ada lomba pacuan kuda yang dilakukan oleh penduduk di sekitar pantai di waktu tertentu dan semoga Anda beruntung dapat menontonnya saat menjejakkan kaki di pantai ini.

6. Curug Silangit

Curug Silangit merupakan objek wisata yang bisa dijangkau secara mudah dengan mengendarai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Berada di Kecamatan Kaligesing, para wisatawan bisa langsung menuju ke desa bernama Somongari untuk menjangkau lokasinya. 

Nama Curug Silangit yang sampai 50 meter ini memiliki tingkatan 3 buah. Curug pada tingkatan pertama alias yang teratas mempunyai ketinggian 30 meter, sementara curug kedua dan ketiga mempunyai ketinggian 10 meter masing-masing. 

Bila tidak bisa berenang, disarankan untuk berjalan-jalan mengitari tepiannya saja karena curug ini cukup dalam sehingga dikhawatirkan pengunjung bisa tenggelam. Bahkan untuk bagian jalan setapaknya pun sangat aman dilewati oleh para pengunjung karena merupakan tatanan batu yang rapi.

7. Puncak Geger Menjangan

Dari puncak bukit inilah keindahan Pantai Selatan serta Kota Purworejo dapat dilihat. Tidak hanya panoramanya saja yang menjadi unggulan, tapi Geger Menjangan juga memiliki sejumlah objek wisata yang pastinya disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Ada kolam renang, taman permainan khusus untuk anak-anak, taman pemancingan dan permainan biliar.

Sesampainya di pintu masuk area Puncak Geger Menjangan ini, para pengunjung akan menemukan taman pemancingan berikut kolam renang. Sementara untuk bermain bilyard harus sampai ke puncaknya. 

Bagi para kaum muda, ada lokasi yang mengadakan aktivitas panjat tebing dan arena minicross. Ada lahan yang luas untuk arena minicross tersebut dengan tanah berkontur menantang sehingga pas untuk dicoba. Panjang tebing permanen dengan tinggi mencapai 15 meter juga merupakan kelebihan dari tempat wisata satu ini.

8. Goa Seplawan

Di Kecamatan Kaligesing, tepatnya di Desa Donorejo, ada sebuah goa yang dinamakan Goa Seplawan dengan tinggi 700 meter bila diukur dari atas permukaan laut. Dari pusat kota Purworejo, pelancong hanya perlu menuju ke arah timur dan menempuh jarak 20 kilometer. 

Selain udaranya yang sejuk di kawasan goa, di dalam goanya sendiri ada beragam ornamen yang khusus, seperti gouwer dam, soda straw, helekit, stalaktit, flow stone, stalaktit, serta dinding-dinding goa yang memiliki ornamen dengan bentuk seperti kerangka ikan.

Panorama yang cantik menghiasi kawasan goa, termasuk hutan pinus yang kelihatan asri serta taman bunga yang pastinya menjadi favorit setiap pengunjung. Objek wisata alam satu ini meraih popularitas setelah penemuan arca emas Dewi Pawestri dan Dewa Syiwa dengan berat 1,5 kilogram di tahun 1979. 

9. Masjid Agung Purworejo

Daya tarik dari masjid ini adalah sebuah bedug tua dengan diameter 2 meter yang dibuat sejak dari tahun 1800-an. Sisi istimewa dari bedug ini bukan hanya pada ukurannya yang terbilang sangat besar, namun penggunaan bedug ini hanya pada bulan Ramadan saja. 

Jadi jangan heran bila saat Ramadan dan liburan Lebaran, masjid ini dikunjungi banyak orang. Baik itu until beribadah atau berwisata.

10. Hutan Kusumo Asri

Wisatawan dengan keinginan berwisata hutan bisa langsung menuju ke Hutan Kusumo Asri yang ada di Kecamatan Bener. Lokasi tepatnya ada di Desa Mayungsari. Area hutan ini bukan hanya menampilkan banyak pohon, melainkan juga ada kebun binatang mini yang akan menarik bagi anak-anak. 

Bagi yang senang berfoto, akan sangat bagus hasilnya jika menginjakkan kaki di hutan pinusnya ini. Wahana outbond dan bumi perkemahan adalah fasilitas-fasilitas yang bisa ditemukan di kawasan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *