Mudik, Jangan Lupa Berkunjung ke 10 Tempat Wisata Kondang di Wonogiri Ya

oleh -590 views

JAKARTA – Wonogiri bisa menjadi salah satu tujuan untuk menghabiskan waktu libur selama #PesonaMudik2019. Karena, daerah ini memiliki 25 kecamatan yang menyimpan potensi wisata cukup beragam. Bersama keluarga maupun sahabat bisa menikmati suasana dan suguhan destinasi wisata baik itu wisata alam maupun budaya.

“Negeri kita memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan negara lain. Keindahannya tersebar ke banyak daerah. Termasuk juga Wonogiri. Jadi tidak salah jika Wonogiri menjadi tujuan untuk mengisi libur Lebaran,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (28/5).

Ada banyak spot wisata alam dengan keindahan luar biasa yang bisa dijelajahi ketika jalan-jalan ke Wonogiri. Berikut rekomendasi beberapa tempat wisata di Wonogiri yang sedang hits.

1. Puncak Secokro Wonogiri

Memandang alam yang kehijauan nan catik dari perbukitan masih menjadi favorit banyak wisatawan. Puncak Secokro yang berlokasi di Sumberrejo, Bakalan, Purwantoro, Wonogiri ini memiliki bukit-bukit yang berjejer dan pepohonan hijau menjadi daya tarik kekinian untuk dinikmati para wisatawan.

Dari Menara Pandang yang ada di Puncak Secokro ini para wisatawan menikmati keindahan alam Wonogiri. Mereka yang ingin eksis di dunia sosial media juga dapat menggunakan gardu pandang sebagai tempat selfie.

Wisatawan pun dapat juga sekedar nongkrong duduk di bale-bale untuk bersantai menikmati udara segar. Anda bisa bercengkrama menambah keakraban keluarga di gazebo-gazebo yang disediakan warga setempat.

2. Bukit Jonambang

Bukit Jonambang merupakan destinasi hits yang ada di Watuagung Baturetno, Wonogiri. Dari puncak bukit terlihat hamparan Waduk Gajah Mungkur di bagian selatan. Bila cuaca cerah nampak Gunung Merapi tegak menantang langit.

Bukit Jonambang ini cocok bagi kamu yang suka hunting foto Sunset dengan pemandangan yang menakjubkan. Meskipun tempat wisata ini masih terbilang baru, namun suasana alam di sana tidak boleh kamu abaikan. Tersedia juga gardu pandang dan gazebo yang dapat menemani lelahmu mendaki bukit ini.

3. Puncak Joglo Wonogiri

Menikmati pemandangan saat berwisata menjadi suatu hal yang sangat biasa. Nah, sesekali silahkan mencoba berwisata sembari menjajal olahraga ekstream seperti halnya paralayang. Di Puncak Joglo yang berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Jawa Tengah, ini bisa menjadi tujuan wisata paralayang sembari menikmati berbagai panorama yang begitu cantik.

Tak perlu khawatir, saat terbang kamu bakalan ditemani oleh instruktur paralayang yang sudah berpengalaman dan mendapatkan sertifikat. Nah, untuk durasinya sendiri kamu bisa terbang dan menikmati panorama alam dari ketinggian selama 10 sampai 30 menit.

4. Bukit Cumbri Wonogiri

Spot wisata Bukit Cumbri menyajikan pemandangan alam yang begitu luar biasa dengan pemandangan perbukitan yang keindahannya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Tidak heran jika puncak Bukit Cumbri menjadi salah satu spot wisata yang hits dan bikin banyak orang penasaran dengan keindahannya.

Dengan rute pendakian yang cukup menantang, kamu bisa mencapai puncak bukit eksotis ini dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Setelah sampai di Bukit Cumri yang terletak di Kepyar, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Anda bisa mencari spot foto terbaik untuk diunggah ke laman media sosialmu.

5. Waduk Gajah Mungkur

Salah satu ikon wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini wajib kamu sambangi saat liburan ke Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk Gajah Mungkur juga termasuk dari objek wisata hits yang banyak dikunjungi wisatan saat liburan.

Pemandangan di danau buatan di daerah Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri ini tidak kalah dengan pesona wisata alam lainnya. Selain menikmati keindahan alamnya dan berburu spot keren, kamu juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti jetski, boat dan fasilitas lain.

6. Pantai Banyutowo

Pesona pantai yang satu ini begitu unik dan mengagumkan karena menyatukan dua sumber air yang berbeda dengan aliran air terjun yang langsung menuju ke pantai. Eksotisme pantai ini semakin mempesona dengan tebing batu karang yang tersusun secara alami sehingga terlihat begitu artistik.

Spot foto cantik dengan latar pantai atau tebing harus kamu abadikan untuk dokumentasi liburanmu di Wonogiri. Belibur di pantai yang berlokasi di Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini sungguh menyenangkan, apalagi bisa mengunggah foto keren di media sosialmu.

7. Air Terjun Kalimas

Bagi kamu yang suka bermain air, datang saja ke Air Terjun Kalimas. Meskipun destinasi ini terbilang baru yang dibuka pada pertengahan tahun 2017 namun keindahannya tak kalah dengan air terjun lainnya. Bahkan ada yang bilang tak kalah indah pemandangannya dengan air terjun Niagara di Benua Amerika.

Air terjun ini memiliki lebar sekitar 15 m dengan ketinggian 10 meter. Bila melewati Wonogiri, jangan lupa mampir ke lokasi wisata yang berada di Dungsono, Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Lokasi air terjun Kalimas tidak jauh dari pusat, hanya sekitar 10 menit dari kota Wonogiri.

8. Pantai Nampu

Hamparan pasir putih yang lembut dengan latar lautan membiru akan menyambut kedatanganmu di pantai ini. Pesona alam di sekitar pantai menyajikan keindahan yang begitu luar biasa dengan bongkahan batu karang dan hijaunya pepohonan.

Pantai yang berlokasi di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini sangat cocok untuk merefresh pikiran dan meminimalisir kepenatan. Bila sudah merasa segar kembali siap untuk melanjutkan perjalanan ke tempat yang dituju.

9. Wisata Soko Langit

Tempat Wisata Soko Langit berada di dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri memiliki panorama alam yang sangat indah. Wisata Soko Langit ini berawal dari inisiatif warga menyulap puncak bukit Soko Langit di Dusun Nglarang di ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut menjadi destinasi wisata.

Sari menara pandang di Soko Langit Anda dapat menikmati keindahan panorama alam wilayah Kecamatan Bulukerto hingga lereng Gunung Lawu selatan. Wisata ini juga dilengkapi gazebo, flying fox dan dikelilingi oleh taman buah. Selain itu yang paling terbaru wahana kolam renang Wisata Soko Langit. Oh iya untuk taman buah dilengkapi tanaman jeruk, jambu sukun, buah naga, rasberry.

10. Goa Putri Kencono

Menjelajahi Goa Putri Kencono bisa menjadi pengalaman liburan yang mengasikkan, terutama buat kamu yang suka berpetualang. Keindahan alam di dalam goa ini memiliki pesona yang mengagumkan dengan rangkaian stalagtit dan stalagmit di sepangjang lorongnya.

Goa yang berada di Desa Wonodadi, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri konon merupaka tempat pertapaan Prabu Brawijaya V. Di dalam Goa Putri Kencana ini memiliki beberapa ruangan dengan nama-nama yang berbeda-beda. Ada yang diberinama ruang pustaka, ruang Jumenengan, Ruang Kebudayan dan masih ada beberapa ruangan lainnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *