Naikan Kompetensi Seniman, Program STAGE Digulirkan di Labuan Bajo

oleh -191 views

MANGGARAI BARAT – Kompetensi sumber daya manusia (SDM) pelaku industri pariwisata terus ditingkatkan. Menaikan kualitas atraksinya, Kemenparekraf/Baparekraf menggulirkan program STAGE (Seni Pertunjukan Anak Negeri). Berbasis SDM Unggul/Champion (Hybrid), total pesertanya ada 476 yang digulirkan secara luring dan daring.

“Kemenparekraf/Baparekraf memiliki komitmen untuk memajukan pariwisata secara menyeluruh. Selain destinasinya, kualitas SDM-nya juga dinaikan. Program STAGE ini menawarkan kesempatan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menaikan kemampuannya. Sebab, kami berikan konten menarik di sini,” papar Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, Jumat (26/3)

Program STAGE digulirkan selama 2 hari pada 26-27 Maret 2021. Kemasannya digulirkan secara daring (online) dan luring (offline). Untuk luring, program STAGE diluncurkan dari Hotel Jayakarta Suites Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jumlah pesertanya mencapai 30 orang yang datang dari 7 wilayah di NTT.

“Pelaku industri ekonomi kreatif harus terus didorong untuk mengoptimalkan potensinya. Melalui program STAGE ini, diharapkan kualitas atraksi yang ditampilkan di destinasi semakin bagus. Kemasannya juga lebih menarik,” ungkap Direktur Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ricky Fauzy.

Untuk peserta STAGE secara luring datang dari Sika yang berjumlah 4 orang. Ada juga 10 peserta dari Manggarai Barat, 3 nama asal manggarai, dan 2 orang perwakilan dari Larantuka. Slot lainnya masing-masing diisi 1 nama dari Kupang, Timor Tengaj Selatan, dan Manggarai Timur. Lalu, bagaimana dengan peserta during yang mencapai 446 nama.

Untuk peserta during, mereka menggunakan fasilitas Zoom dan bergabung dari 29 provinsi di Indonesia termasuk NTT. Untuk slot dengan background Destinasi Super Prioritas, sebanyak 27 orang bergabung dari Kawasan Danau Toba dan sekitarnya (Sumatera Utara). Bergabung 54 nama dari Destinasi Borobudur dan sekitarnya (Jawa Tengah)

Slot lainnya diisi oleh 11 orang dari Mandalika dan sekitarnya (Nusa Tenggara Barat). Ada juga 6 orang dari Likupang (Sulawesi Utara), termasuk 48 nama di Labuan Bajo. Adapun kuota peserta daring terbesar 76 nama yang berasal dari Jawa Barat. Ricky menambahkan, peserta antusias mengikuti program STAGE dan datang dari berbagai latar belakang.

“Penyelenggaraan program STAGE sangat sukses. Peserta antusias dan sangat interaktif. Bagaimanapun, ini kesempatan emas untuk menaikan skill mereka. Untuk komposisi pesertanya memang cukup beragam,” lanjut Ricky lagi.

Untuk peserta luring, mereka sebelumnya menjalani swab antigen. Mereka juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak (tidak berkerumun). Menaikan kompetensi SDM peserta, Kemenparekraf/Baparekraf pun menyajikan 3 narasumber.

“Kualitas atraksi pada banyak destinasi di Indonesia akan naik. Sebab, pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata ini sudah mengerti standard yang harus dipenuhinya. Dari situ, diharapkan juga muncul kreativitas dan inovasi untuk selalu menyajikan atraksi baru,” jelas Analis Kebijakan Ahli Madya/Koordinator Edukasi III Direktorat Pengembangan SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf Toar RE Mangaribi.

Komposisi narasumbernya ada Pimpinan Produksi Teater KOMA, Sari Majid yang mengampu kelas Manajer Produksi. Inspirasi lainnya juga diberikan Manajer Teknis Teater KOMA, Tinton Prianggono melalui kelas Manajer Panggung. Narasumber berikutnya adalah Direktur Circle Lighting Indonesia Johan Didik yang membawahi kelas Tata Cahaya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf yang menggulirkan program STAGE di Labuan Bajo. Selain menaikan kompetensi, program ini tentu menjadi fenomena branding yang bagus untuk Labuan Bajo. Artinya, Labuan Bajo sangat siap dikunjungi selama pandemi Covid-19. Protokol kesehatan dijalankan ketat di sini,” tegas Kadispar Manggarai Barat, Agustinus Rinus.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *