Peserta asal 7 Negara Meriahkan Imlek di Batam

oleh -656 views

SUARAJATIM.CO.ID, BATAM – Perayaan Imlek di Kota Batam bakal luar biasa. Program Chinese New Year Eve Celebration 2019 diluncurkan. Peserta asal 7 negara akan ambil bagian. Chinese New Year Eve Celebration 2019 akan berlangsung di Komplek Bumi Indah Nagoya, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (5/2).

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengatakan, Imlek di Batam sangat menginspirasi.

“Chinese New Year Eve Celebration 2019 event luar biasa. Sangat menginspirasi. Sebab, dirayakan oleh banyak negara. Bukan hanya Asia, tapi ada juga perwakilan dari Australia. Mereka berbagi rasa gembira bersama. Mengikis habis beragam sekat perbedaan, lalu meniupkan harapan bersama,” ungkap Rizki, Senin (4/2).

Dengan pesona yang dimiliki, Chinese New Year Eve Celebration 2019 menjadi magnet buat menarik wisman. Program ini menargetkan 300 peserta. Dan sampai saat ini, 255 orang dari 7 negara sudah dipastikan hadir.

“Kami optimistis, target ini akan terlampaui. Sebab, list 255 peserta ini masuk beberapa hari yang lalu. Selain daftar tetap, Batam juga banyak dikunjungi oleh wisman. Sebab, bertepatan dengan libur Imlek 2570,” terang Kiki, sapaan Rizki Handayani Mustafa.

Dari jumlah 255 peserta, 155 orang diantaranya paspor Singapura. Kemudian, ada peserta Tiongkok dengan jumlah 73 orang. Dua nama diantaranya datang dari Macau.

Peserta Malaysia yang sudah dipastikan hadir berjumlah 21 orang. Kemudian 2 nama dari Vietnam dan 1 orang asal Myanmar. Ada juga 2 nama paspor Australia.

“Profil yang dimiliki oleh Chinese New Year Eve Celebration 2019 sangat luar biasa. Jumlah peserta pasti akan terus bertambah sesuai update. Kami pun berharap ada penambahan jumlah asal negara dari para pengunjung ini. Dengan begitu, perayaan Imlek 2570 di Batam ini akan semakin berwarna,” terang Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Chinese New Year Eve Celebration sejatinya agenda reguler Kota Batam. Kemeriahan akan diawali dengan suguhan hidangan makan malam bersama. Event ini menyajikan beragam kuliner terbaik, khas Batam dan Imlek.

Dessy mengatakan, atraksi terbaik juga siap disajikan Chinese New Year Eve Celebration 2019.

“Selama berada di Chinese New Year Eve Celebration, pengunjung akan dibuat berkesan. Ada beragam kuliner dengan cita rasa nikmat yang akan disajikan. Kami yakin, aktivias makan bersama ini semakin menguatkan tali persaudaraan dari lintas negara. Experience terbaik akan didapat. Ada beragam atraksi yang bisa dinikmati,” kata Dessy lagi.

Ada banyak hiburan yang sudah disiapkan, seperti live music yang menampilkan artis Mandarin juga pertunjukan Barongsai. Aksi Barongsai ini biasanya paling ditunggu. Selain menghibur, Barongsai juga diyakini sebagai media untuk menetralisir energi negatif.

Warna warni Imlek di Batam dikuatkan pertunjukan kebudayaan Tionghua. Ada banyak tradisi unik yang kerap dilakukan saat Imlek, seperti membagikan Angpao. Pesta Kembang Api jadi penyempurna perayaan Imlek 2570.

Kabid Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Diana Tikupasang menjelaskan, perayaan Imlek memiliki impact positif terhadap perekonomian.

“Penyelenggaraan Chinese New Year Eve Celebration ini sangat potensial. Sebab, ada impact positif bagi perekonomian masyarakat. Mereka pasti menikmati beragam keramahan Batam, mulai aktivitas wisata belanja, kuliner, juga lainnya. Kehadiran mereka juga memiliki pengaruh positif bagi pariwisata Kepri,” jelas Diana.

Progress positif memang dimiliki pariwisata Batam dan Kepri secara menyeluruh. Arus masuk wisman sepanjang 2018 naik 23,16% dari tahun sebelumnya. Angka riilnya sekitar 2,6 Juta orang wisman. Kota Batam tetap jadi gerbang utama dengan donasi wisman 1,8 Juta orang wisman. Slotnya sekitar 71,6%.

Sambutan positif pun diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

“Chinese New Year Eve Celebration tahun ini sangat bergairah. Sangat beragam. Jumlahnya juga sangat kompetitif. Target kunjungan wisman bisa terpenuhi. Batam ini destinasi wisata favorit wisman. Kota ini jadi penyumbang wisman terbesar ke-3 setelah Bali dan Jakarta. Jadi, enjoy di Batam. Selamat datang dan silahkan merayakan Imlek 2570. Gong Xi Fa Cai,” tutup Menpar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *