Pesona Pesantren Sirnarasa Perkuat Pariwisata Ciamis

oleh -1.441 views

SUARAJATIM.CO.ID– Kemeriahan benar-benar diberikan oleh Pekan Pesona Pesantren dan Maulid Abah AOS ke-76, Ciamis. Event ini memperkuat pariwisata Ciamis, Jawa Barat. Khususnya wisata religi.

“Pekan Pesona Pesantren dan Maulid Abah AOS ke-76 Ciamis ini luar biasa. Bukan hanya penuh dengan inspirasi, tapi sangat potensial sebagai pendukung pariwisata di Ciamis. Eventnya sangat meriah. Lalu, jumlah pengunjungnya banyak,” ungkap Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara, Sabtu (1/9) .

Rangkaian Pekan Pesona Pesantren dan Maulid Abah AOS ke-76, resmi ditutup Sabtu (1/9), pukul 23.00 WIB. Event digelar di Pesantren Modern Sirnarasa, Ciomas, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Pesantren ini didirikan Abah Aos. Nama lengkapnya Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodiri An Naqsyabandi Al Muttaqi Al Kamil Al Muwaffaq Al Quthub.

Total ada 4 event besar yang digelar dengan total 18 sub event. Terdiri dari keagamaan, sosial, kesehatan, seni dan budaya, hingga sport tourism.

“Apresiasi harus diberikan untuk event ini. Sebab, mampu menarik banyak kunjungan wisatawan,” kata Ukus lagi.

Ribuan pengunjung memang memadati closing ceremony Pekan Pesona Pesantren dan Maulid Abah AOS ke-76. Mereka datang dari berbagai daerah. Selain wilayah di Jawa Barat, ada dari Sumatera, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Datang juga dari Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Mereka membaur bersama Tim Kemenpar, Sekretaris Calendar of Event, dan Istana Kepresidenan. Hadir juga Kadispar Kota Banjar juga Wakil Talqin TQN Abah Aos dari seluruh Indonesia.

Mereka bergembira bersama sembari menikmati pagelaran Wayang Ajen di Panggung Utama. Dimulai pukul 20.00 WIB, Wayang ini tampil kekinian dengan teknologi modern dan penuh pesan moral, juga branding pariwisata.

“Daya tarik event ini luar biasa. Pengunjung datang dari berbagai daerah. Mereka menikmati beragam sajian upacara penutupan event. Dan, event ini ideal sebagai media promosi pariwisata. Khususnya itu beragam potensi pariwisata di Ciamis,” jelas Ukus.

Tingginya respons masyarakat disambut gembira pesantren. Hal ini mengindikasikan suksesnya kegiatan.

“Kami tentu gembira dengan besarnya respon publik sepanjang event. Secara keseluruhan, event tahun ini sangat sukses. Kami mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan Kementerian Pariwisata. Kami berharap, seteah event ini, jumlah kunjugan wisatawan di wilayah Ciamis akan meningkat terus,” tegas Ketua Yayasan Pesantren Sirnarasa Dadang Mulyawan.

Kegembiraan juga dirasakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar gembira karena event ini mampu menjadi trigger bagi berbagai potenasi pariwisata Ciamis.

“Sejak awal, event ini selalu ramai oleh pengunjung bahkan daeri berbagai darah di Indonesia. Hal ini tentu bagus. Artinya, promosi pariwisata di wilayah Ciamis semakin kuat,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *