Pesta Puncak Hari Jadi Kediri ke-1.215 Digelar Meriah

oleh -526 views

KEDIRI – Perayaan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.215 digelar sangat meriah. Beragam event budaya disajikan. Namun, ada juga adventure, sport tourism, hingga bazaar UMKM. Penyelenggaraan event tahun ini diprediksi akan memberi kenaikan kunjungan wisatawan signifikan.

Rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Kediri dilakukan 2 bulan. Puncak acaranya digelar 25 Maret 2019. Tapi, selebrasinya berlangsung hingga Senin (29/4). Tema yang diangkat adalah ‘Nyawiji Hayengkuyung Kadiri Hanggayung Mukti’. Rangkaian upacara ini menjadi penegas kebesaran sejarah dan potensi pariwisata Kabupaten Kediri.

“Rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kediri sudah selesai. Tahun ini digelar meriah dengan durasi waktu yang panjang. Semua potensi yang ada di Kediri kami tampilkan semua. Sebab, Kediri merupakan destinasi pariwisata yang potensial. Kediri punya banyak situs sejarah, apalagi dahulu berdiri Kerajaan Kediri,” ungkap Kadis Pariwisata Kabupaten Kediri Suwignyo, kemarin.

Ada 1.215 penari yang ditampilkan pada puncak agenda 25 Maret 2019. Ada juga event Colors of Kediri yang digelar di 4 spot. Ada wilayah Paron, Pranggang, Jambu, hingga Tawang. Konsep Kediri Exotic Carnival yang diikuti oleh para pelajar juga digelar. Mereka membangun sendiri kostumnya dengan nuansa kental budaya Kediri. Agenda ini menghadirkan 176 kostum unik.

“Kami memberikan ruang kreativitas bagi para milenial Kediri. Sebab, ide dan gagasan mereka sangat luar biasa. Yang jelas, kami gembira karena rangkaian event sukses. Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenpar atas supportnya,” kata Suwignyo lagi.

Hari Jadi Kabupaten Kediri juga menampilkan Lari 10K dan 2K. Peserta Lari 10K berasal dari pelajar SLTP dan SLTA, lalu slot Difabel diberikan pada track 2K. Start dan finish ada di depan Terminal Gumul, kawasan SLG. Space juga diberikan pada penikmat gowes. Ada Jambore Sepeda dengan peserta 6.000 orang. Selain Kediri dan Jawa Timur, peserta datang dari Jawa Tengah dan Jakarta.

Rangkaian pesta Hari Jadi Kediri ke-1.215 ditutup BMX Competition. Eventnya digelar Minggu (28/4) dengan peserta komunitas asal Makassar, Jakarta, dan Yogyakarta.

Bupati Kediri Hj. dr. Hariyanti Sutrisno mengaku sangat senang dengan perkembangan pariwisata di daerahnya. Menurutnya, Pemkab sangat mendukung sektor pariwisata.

“Pengembangan destinasi wisata bisa menakan angka kemiskinan. Karena, efek dominonya. Kunjungan wisatawan, akan mempengaruhi kebutuhan, meningkatkan kuliner dan hasil hasil UMKM, oleh-oleh, juga buah-buahan asli Kediri,” ujarnya.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengungkapkan, durasi panjang event dan konten padat menjadi daya tarik pariwisata Kabupaten Kediri.

“Experience terbaik telah diberikan Kediri. Dalam waktu panjang, beragam keramaian dan kemeriahan digelar secara masif. Konten-konten yang ditawarkan menarik. Program perayaan Hari Jadi Kabupaten Kediri tahun ini telah menaikan daya tawar pariwisatanya. Setelah ini, kami yakin pergerakan wisatawan akan terus positif,” terang Adella.

Selain budaya, warna alam destinasi Kediri ditawarkan Gunung Kelud, Irenggolo Dolo, dan SLG. Jadi bagian branding, impact positif event langsung diterima pariwisata Kediri. Mereka akan disinggahi 12 negara delegasi Majapahit Travel Fair 2019 pada Jumat (3/5). Konsep petualangan ditawarkan dengan Gunung Kelud sebagai venuenya.

Selama berada di Gunung Kelud, delegasi 12 negara Majapahit Travel Fair 2019 akan diajak menikmati warna eksotis kawahnya. Setelah puas mengekplorasi Gunung Kelud, delegasi dijadwalkan berkunjung ke SLG Gumul.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kemenpar Wawan Gunawan menerangkan, event Hari Jadi Kediri ke-1.215 memberi impact positif bagi perekonomian.

“Event panjang ini memberi keuntungan besar. Perekonomian Kediri pasti lebih kompetitif. Ada banyak transaksi yang dinikmati langsung oleh masyarakatnya. Jumlahnya optimal sekali. Apalagi, pergerakan wisatawan dari luar Kediri sangat bagus,” kata Wawan.

Berbagai capaian positif dari Hari Jadi Kediri ke-1.215 pun diapresiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, Kediri adalah destinasi wisata terbaik dengan beragam potensinya.

“Kami senang karena event digelar meriah dan diapresiasi publik. Silahkan berkunjung lagi ke Kediri. Selain atraksinya, aksesibilitas dan amenitas di Kediri luar biasa,” tutup Menpar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *