Punya Kalender Event 2019, Sanggau Siap Datangkan Wisman Border

oleh -640 views

SUARAJATIM.CO.ID, SANGGAU – Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, siap menjaring banyak wisatawan crossborder di tahun 2019. Kesiapan itu dibuktikan dengan meluncurnya Kalender Event 2019 Sanggau. Pemerintah Kabupaten Sanggau membagi Kalender Event 2019 menjadi tiga bagian. Ada Event Border, Event Sanggau City, dan Event Danau Leat.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung, rangkaian event telah dimulai sejak 11 Februari lalu.

“Event-event yang disajikan dalam Kalender Event 2019 Sanggau, dijamin keren-keren. Rangkaiannya telah dibuka 11 Februari lalu. Momennya adalah Cap Go Meh. Tapi tenang saja, masih banyak agenda yang akan tersaji hingga akhir tahun nanti,” paparnya, Sabtu (16/2).

Perayaan Cap Go Meh 2019 masuk dalam agenda Event Sanggau City. Sedangkan untuk Event Crossborder baru dimulai 24-26 Juni, yaitu Festival Gawai Tiang Sandong.

“Festival Gawai Tiang Sandong adalah event budaya. Isinya berupa perayaan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah bagi masyarakat Suku Dayak. Khususnya, di Kecamatan Sekayam,” terang Adella.

Event Crossborder lainnya adalah Titian Muhibah yang akan digelar 2-3 November, Festival Mandi Syafar 15-17 November, dan Porsosek yang akan dihelat 26-28 November.

Rangkaian Event Border ini mendapatkan perhatian serius Kementerian Pariwisata. Sebab, melibatkan peserta dari Indonesia maupun Malaysia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Sanggau menyiapkan event yang benar-benar mampu mendatangkan wisatawan mancanegara. Khususnya, wisatawan di border area.

“Sanggau sudah sangat siap mendatangkan wisatawan perbatasan. Hal ini terlihat dari rangkaian acara yang mereka libatkan. Agendanya melibatkan wisatawan border di Malaysia. Jadi memang potensi mendatangkan border tourism sangat tinggi,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan dukungan untuk pelaksanaan event crossborder di Sanggau.

“Border area menjadi senjata pamungkas Kementerian Pariwisata untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019. Dan kesiapan Sanggau dengan Event Crossborder akan sangat membantu untuk mencapai target itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *