Purworejo Siapkan Destinasi Menarik untuk Para Pemudik

oleh -777 views

PURWOREJO – Ingin mudik ke Purworejo? Setelah lama tak pulang kampung, sebaiknya Anda pun meluangkan waktu untuk berwisata ke destinasi yang adadi daerah ini. Kabupaten yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari Yogyakarta itu, ternyata memiliki segudang tempat wisata yang menarik.

“Seperti daerah lain di sekitar Yogya, Purworejo dikarunia pemandangan alam yang istimewa. Bentang alam dan lanskap yang menawan membuat potensi wisata di sini terus berkembang,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Jumat (31/5).

Nah, bagi Anda yang tertarik menjelajahi spot wisata baru di Indonesia, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi Purworejo. Selain anti-mainstream, destinasi wisata di Purworejo juga cukup Instagrammable. Berikut kami rangku 10 di antaranya dalam #PesonaMudik2019.

1. Wisata Alam Sidandang

Wisata Alam Sidandang adalah objek wisata yang menonjolkan unsur air. Taman ini dibelah oleh sebuah jembatan beton, yang memungkinkan pengunjung menikamti pemandangan ke 2 arah. Sidandang adalah aliran sungai yang memiliki pemandangan cukup bagus. Cocok untuk bermain atau digunakan sebagai area outbound. Aliran airnya tidak terlalu deras karena banyak bebatuan besar. Objek wisata ini terletak di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

2. Hutan Pinus Kalilo

Fenomena wisata hutan pinus dengan spot-spot selfie memang sedang booming di Indonesia. Begitu pun dengan Kabupaten Purworejo. Salah satu wisata hutan pinus yang hits di daerah ini adalah Hutan Pinus Kalilo. Letaknya di Dusun Kalilo, Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Awalnya, Hutan Pinus Kalilo hanya sebuah hutan pinus biasa yang merupakan milik Perhutani. Oleh Karang Taruna setempat, hutan pinus yang dulunya sepi tersebut disulap menjadi tempat wisata dengan beberapa spot lucu dan unik untuk foto selfie.

3. Deret Mahoni

Siapa menyangka deretan pepohonan bisa menyihir banyak orang. Tak percaya? Cobalah kunjungi Deret Mahoni di Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Jalan masuk desa dari jalur utama, alias Jalan Daendels Purworejo memang memiliki magis keindahan tersendiri. Jalan lurus dengan kiri kanan pepohonan mahoni besar yang rimbun sukses menjadi daya tarik bagi banyak orang. Bagi yang ingin menambah koleksi foto di akun media sosialnya, tidak boleh melewatkan destinasi wisata di Purworejo ini.

4. Curug Kaliurip

Indah, sejuk, hijau dan asri. Mungkin itulah kesan yang bakal Anda dapatkan jika mengunjungi destinasi wisata di Purworejo ini. Lokasinya di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Curug Kaliurip dikenal karena pesona alami yang dipancarkan. Pemandangan yang istimewa juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan.

5. Goa Seplawan

Jika ada kesempatan mengunjungi Bukit Menoreh, tidak ada salahnya masuk ke perut bumi dan menikmati panorama yang luar biasa keren di Goa Seplawan. Di goa ini pernah ditemukan patung emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang menjadikan destinasi wisata di Purworejo ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Terlepas dari itu, panorama bawah tanahnya memang luar biasa. Goa Seplawan berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

6. Curug Lumbung

Destinasi menarik lain yang dimiliki Purworejo adalah Curug Lumbung. Pemandangan tebing dan aliran sungai di bawahnya memberikan daya tarik yang tidak bisa dilewatkan. Formasi bebatuan yang unik pada tebingnya menghasilkan pemandangan yang tiada duanya. Belum lagi nuansa asri dan hawa sejuk, yang membuat pengunjung malas pulang. Curug Lumbung berada di Karang Sari, Bener, Kabupaten Purworejo.

7. Bukit Sikepel

Wisata alam Bukit Sikepel juga menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati nuansa alami khas hutan pinus. Yang menambah daya tarik untuk mengunjungi destinasi ini adalah sejumlah spot untuk berfoto. Selain itu, tersedia juga arena bermain anak, yang menjadikan tempat wisata ini pas untuk wisata keluarga. Kunjungi Bukit Sikepel di Kembang Kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo.

8. Puncak Khayangan Sigendol

Di Puncak Khayangan Segendol, Anda bisa menikmati hamparan perbukitan, lembah yang hijau, serta hawa sejuk khas pegunungan. Nuansanya sangat tenang. Banyak spot menarik untuk sekadar menikmati pemandangan alam yang ada. Namun, jika tertarik untuk sekalian berfoto, beberapa tempat menawarkan background dan nuansa yang asyik. Puncak Khayangan Sigendol berada di Giyombong, Bruno, Kabupaten Purworejo.

9. Pantai Genjik

Pantai ini sangat cocok untuk aktivitas memancing atau surffishing. Di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat sekitar setiap kali transaksi jual beli berlangsung. Meski begitu, pemandangan tersebut menghadirkan keunikan tersendiri bagi Pantai Genjik. Penasaran? Coba saja datang ke Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo.

10. Kedung Gulo

Ini adalah wisata embung yang terletak di Desa Kalitapas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Kedung Gulo merupakan wisata sungai pegunungan yang mempunyai embung atau kedung cukup luas dengan air yang sangat jernih. Karena tempatnya masih pelosok dan belum dijadikan kawasan wisata resmi, maka belum ada tempat parkir resmi. Jadi kendaraan motor bisa dititipkan di rumah warga. Untuk sampai ke Kedung Gulo, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 15 menit. Anggap saja sambil berolahraga. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *