Raja-Raja Nusantara akan Hadir di Festival Maradika Mamuju 2019

oleh -139 views

MAMUJU – Festival Maradika Mamuju 2019, 16-19 Desember 2019, mendapat perhatian luar biasa. Sebab, puluhan raja dari kerajaan di Nusantara akan hadir pada event yang akan digelar di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat.

Festival Maradika Mamuju 2019 mengundang 150 kerajaan di nusantara. Dan beberapa kerajaan sudah memastikan kehadirannya. Seperti Raja Gulungan Kalimantan, Kerajaan Gowa, Kesultanan Solo, Kerajaan Siak Riau, 14 Kerajaan asal Selayar, perwakilan dari Majene, Mamasa, dan Bali.

“Festival Maradika Mamuju 2019 akan digelar lebih menarik. Sebab, akan ada banyak kerajaan nusantara yang hadir. Jumlahnya akan terus bertambah karena undangan yang disebar 150. Selain kehadiran mereka, event ini jugamenggelar beragam seni dan budaya,” kata Wakil Bupati Mamuju Irwan Satya Putra Pababari, Kamis (13/12).

Festival Maradika Mamuju 2019 akan menampilkan aneka kekayaan Mamuju yang mengacu kepada budaya Sendana, Banggae, Balanipa, dan Binuang. Atau budaya Pitu Ulunna Salu.

Irwan menambahkan, wisatawan akan diajak kembali ke masa silam.

“Semua nilai tradisi akan ditampilkan. Wisatawan akan diajak bertransformasi ke masa silam. Mereka bisa melihat dan menikmati semua budaya khas Mamuju. Ada baju adat, bahasa lokal, tarian, nyanyian, dan lainnya. Yang jelas seluruh panca indera wisatawan akan terpuaskan,” lanjut Irwan yang juga Ketua Pelaksana Festival Maradika Mamuju 2019.

Pada hari pertama, Senin (16/12), festival menyajikan Ritual Adat Sossor Manurung. Atau pencucian atau jamasan keris pusaka asal Kerajaan Badung, Bali. Sejak tahun 1500 Masehi, masyarakat Mamuju memiliki hubungan harmonis dengan Badung.

Sehari berikutnya, digelar Kirab Budaya dan Mamuju Fashion Carnaval, Pameran dan Pasar Budaya. Hari ke-2 festival juga dimeriahkan dengan Pentas Seni Tari Sossor Manurung yang dibawakan 60 penari. Lalu, City Tour-Visit Kampuang, 18-19 Desember 2019.

“Festival Maradika Mamuju 2019 memang sangat spesial. Ada kerajaan-kerajaan di nusantara. Warna budaya khas yang disajikannya sangat kental. Wisatawan pasti terkesan karena festival ini melibatkan ratusan pelaku seni dan penari dari berbagai daerah,” ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenparekraf Muh. Ricky Fauziyani.

Festival Maradika Mamuju 2019 akan diramaikan Tari Kolosal Lasa Laga yang melibatkan 500 penari. Selain itu, ada juga 80 penari asal Majene dan 50 penari Bali. Kegiatan lain yang akan digelar adalah Pagelaran Sendratari, Manakarra Musical, hingga Musyawarah Agung Sitammu Uju.

“Acara yang disajikan Festival Maradika Mamuju 2019 lengkap dan beragam. Event ini akan jadi experience terbaik bagi wisatawan. Silahkan berkunjung ke Mamuju dan nikmati beragam warna eksotisnya. Kami yakin festival ini akan dibanjiri wisatawan dan branding destinasi Mamuju akan sukses,” tutup Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *