Sail Moyo Tambora 2018 Dapat Perhatian Khusus Kemenhub

oleh -1.042 views

SUARAJATIM.CO.ID– Sebentar lagi, event kelas dunia Sail Moyo Tambora 2018 bakal digelar di Pelabuhan Badas, Sumbawa, dan Teluk Saleh, Nusa Tenggara Barat, 9-23 September. Event ini menjadi bagian untuk membangkitkan sektor pariwisata NTB. Kementerian Perhubungan memberikan perhatian khusus untuk kegiatan ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya akan melakukan beberapa tahap persiapan terkait transportasi peserta. Tahapan pertama adalah mempersiapkan pelayanan dalam aspek navigasi dan keselamatan pelayaran.

Hal ini berkaitan dengan wisatawan mancanegara (wisman) yang akan datang mayoritas akan menggunakan kapal pesiar ke perhelatan besar ini.

“Kemenhub secara intensif mengamati kegiatan-kegiatan pariwisata di Indonesia. Termasuk Sail Moyo. Pertama berkaitan dengan laut, karena yang datang ke sini adalah orang yang menggunakan kapal-kapal pesiar. Jadi memang keselamatan, navigasi, KPLP harus berfungsi dengan baik sehingga keamanan pelayaran itu berjalan dengan baik,” jelas Menhub Budi saat berkunjung ke Pelabuhan Laut Badas Sumbawa Besar, Minggu (26/8).

Tahap kedua, menyediakan keperluan teknis untuk mendukung acara ini. Salah satunya adalah menyediakan kapal-kapal yang akan berfungsi sebagai hotel sementara.

“Setelah kita pastikan mereka itu mendapatkan pelayanan navigasi dan pelayanan keamanan itu dengan baik, baru kita bicara tentang apa yang akan dilakukan saat Sail Moyo 2018. Tentu banyak yang harus kita support, di antaranya kita menyediakan kapal-kapal yang bersifat sebagai hotel sementara di sini,” ungkap Menhub Budi.

Selain melakukan persiapan untuk para turis yang akan datang dengan kapal, Kemenhub juga dengan terbuka akan menerima dan mendukung para turis yang datang dengan pesawat udara.

Hal ini didukung dengan adanya Bandara Sultan Mahmud Kaharuddin III untuk memudahkan turis yang datang dari Bali maupun Lombok agar tidak hanya menggunakan sea planes, namun juga dapat menggunakan pesawat udara.

“Dan juga selain turis-turis yang menggunakan kapal, kita juga membuka diri untuk kemungkinan turis yang menggunakan pesawat udara. Kita sudah liat, bandara Sultan Mahmud Kaharuddin III baru selesai 2017 kemarin sehingga memberi kemudahan pesawat-pesawat dari Bali dan Lombok untuk kesini tidak saja menggunakan sea planes tapi juga menggunakan lapangan terbang yang ada. Jadi itu keterlibatan kita perhubungan dalam sektor pariwisata,” pungkas Menhub Budi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, NTB merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan bahari yang melimpah. Sehingga sangat pas jika NTB menggelar event bahari bertaraf Internasional.

Selain itu NTB pun telah disiapkan sebagai salah satu destinasi prioritas nasional. Hal ini tentunya semakin menambah kekayaan atraksi wisata NTB.

“Sebagai salah satu destinasi prioritas nasional NTB harus bisa memanfaatkan momentum ini. Momentum ini harus bisa mengangkat potensi wisata baharinya. Karena itu event ini harus dikelola dengan baik sehingga event-nya berjalan dengan sukses dan dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menurut Menpar Arief Yahya, pariwisata NTB sudah sangat bagus. Hal ini terlihat dari keberhasilan NTB menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Event tersebut merupakan event akbar. Karena dihadiri kurang lebih oleh 35 negara dengan lebih dari 5000 prajurit Angkatan Laut.

“Event MNEK 2018 belum lama ini berlangsung sukses. Karena hingga saat ini, kegiatan tersebut zero accident, serta zero complain, ini merupakan suatu prestasi tentunya,” ujar Menpar Arief Yahya.

Even Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 rencananya akan diikuti sekitar 42 negara dan akan berlangsung di Pulau Sumbawa. Event ini masuk dalam kalender pariwisata nasional 100 Wonderful Event Indonesia 2018 sehingga mendapat dukungan penuh dari Kemenpar.

“Sail lndonesia Moyo Tambora 2018 mengangkat nama Pulau Moyo yang eksotis dan banyak menarik tokoh dan selebritis dunia berwisata ke sana. Antara lain mendiang Putri Diana, musisi rock legendaries Amerika David Bowie, petenis cantik Rusia Maria Sharapova,” pungkas Menpar Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *