Sandiaga Uno Apresiasi Percepatan Vaksinasi di Tana Toraja

oleh -3.553 views

Tana Toraja – Dengan Program GEBER (Gerakan Bersama Parekraf Peduli) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus Gerak Cepat (GERCEP) melaksanakan serbuan vaksinasi di destinasi wisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mendukung Sentra Vaksinasi di Wakatobi, Raja Ampat, Ambon, Lombok Tengah, Likupang, Gorontalo, Ternate, dan Tarakan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sentra vaksinasi COVID-19 yang digelar di Sa’pak Bayo Bayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Minggu (21/11/2021).

Sentra vaksinasi yang berlokasi di destinasi wisata religi Sa’pak Bayo Bayo ini berlangsung selama tiga hari mulai 21 hingga 23 November 2021 dengan target 1.000 vaksin.

Kegiatan Sentra Vaksinasi ini di iniasi oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi dan merupakan hasil kolaborasi antara TNI, POLRI, Enesis Group, Antis dan Homecare24.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Tana Toraja dalam mempercepat proses vaksinasi bagi seluruh masyarakat Tana Toraja baik dosis I maupun dosis II.

“Syukur pada Allah SWT bahwa di tengah pandemi kita berkolaborasi-bergandengan tangan dalam rangka serbuan vaksin yang merupakan kerja sama multisektor,” ungkap Sandiaga Uno pada Minggu (21/11/2021).

Vaksinasi merupakan kunci pemulihan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan itu Pemerintah pusat terus mendukung berbagai percepatan vaksinasi di daerah.

“Vaksin Ini untuk kebangkitan ekonomi kita, kalau bangkit ekonominya, terbuka lapangan kerja dan pariwisata mudah-mudahan bisa bergerak kembali dan situs wisata religi seperti Sa’pak Bayo Bayo ini akan semakin berkembang ke depan,” tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu menyatakan bahwa Sentra vaksinasi kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai sektor terus dihadirkan guna menekan angka penyebaran COVID-19.

“Potensi pariwisata Tana Toraja sangat luar biasa, dengan dukungan Sentra Vaksin ini kami berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tana Toraja akan segera bangkit kembali” Ujar Vinsen.

Hingga saat ini sudah hampir 700.000 masyarakat yang tervaksinasi melalui program Geber Gerak bersama Kemenparekraf peduli vaksin untuk sektor parekraf dan masyarakat sekitar destinasi yang tersebar di 82 lokasi di berbagai daerah di Indonesia.

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hengky Manurung mengungkapkan Kemenparekraf akan terus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder parekraf maupun lainnya untuk mempercepat program vaksinasi di Indonesia.

Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan menyatakan percepatan vaksinasi di Tana Toraja merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada daerah karena komitmen kuat dalam membangun sektor parekraf.

“Kami sengaja memilih lokasi Sentra Vaksin berada di Daya Tarik Wisata unggulan di Tana Toraja yaitu di Sa’pak Bayo Bayo, masyarakat bisa vaksin sekaligus berwisata religi disini, kegiatan dukungan sentra vaksin sekaligus untuk menghidupkan dan mempromosikan potensi destinasinya” Ujar Wawan

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas dukungan sentra vaksinasi di Tana Toraja.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Kemenparekraf bisa berpartisipasi aktif dalam membantu pemerintah daerah untuk memperluas cakupan vaksin. Target 1000 orang yg berlokasi di objek wisata alam sakpak bayo bayo diharapkan dapat menjangkau semakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksin.” Ucap Theo.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Theofilus Allorerung Bupati Tana Toraja, Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg, Welem Sambolangi Ketua DPRD Tana Toraja,
Ketua TP-PKK Tana Toraja Yariana Somalinggi, Sekda Tana Toraja, AKBP. Sarly Solly Kapolres Tana Toraja, Erianto Laso’ Paundanan Kajari Tana Toraja, Forkompimpda Tana Toraja
Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa.

Sementara mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Staf Ahli Menparekraf Bidang Manajemen Krisis, Henky Manurung; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta Direktur Poltekpar Makassar, Muh. Arifin.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *