Si Arong Ikut Diperkenalkan di Launching Majestic Banyuwangi Festival 2019

oleh -1.546 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Ada hal menarik dari peluncuran Majestic Banyuwangi Festival 2019, Selasa (29/1) malam, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Selain memperkenalkan 99 event, acara ini juga memperkenalkan Si Arong, maskot Majestic Banyuwangi Festival 2019. Sekaligus peluncuran aplikasi Banyuwangi Festival.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda menerangkan mengenai kehadiran Maskot Si Arong. Bram mengaku Banyuwangi terinspirasi dengan suksesnya acara Asian Games 2018. Menurutnya, peran maskot-maskot yang ada di Asian Games turut serta mempopulerkan kegiatan.

“Kami melihat maskot Asian Games seperti si Kaka, Bimbim dan lainnya itu cukup menarik perhatian masyarakat. Sebab itu kami ingin di Majestic Banyuwangi Festival ini juga ada maskotnya,” katanya, Selasa (29/1).

Maskot Si Arong mengambil karakter Barong yang sudah menjadi ciri khas Banyuwangi. Namun bila Barong terlihat menyeramkan, Si Arong juatru didesain lucu dan menggemaskan.

“Nanti sosok Si Arong ini akan ada di tiap rangkaian event Majestic Banyuwangi Festival. Kita juga menyediakan dalam bentuk boneka yang bisa dijadikan oleh-oleh souvenir bagi wisatawan yang datang,” jelas Bram.

Terkaiy aplikasi Banyuwangi Festival, aplikasi ini bisa di-download melalui Play Store. Aplikasi ini berisi segala informasi terkait 99 event yang akan digelar di Banyuwangi selama 2019.

“Di situ tertera segala informasinya. Mulai jenis kegiatannya, kapan, dan di Mana digelar tercatat di aplikasi itu. Termasuk 20 additional event-nya juga,” ujar Bramuda.

Pria yang akrab disapa Bram ini menambahkan, tujuan dari aplikasi ini untuk memudahkan calon wisatawan yang hendak pergi ke Banyuwangi. Sehingga, saat mereka datang, ada atraksi yang bisa disaksikan.

“Dengan aplikasi ini calon wisatawan bisa menjadwalkan kapan harus ke Banyuwangi. Menyesuaikan event seleranya. Ini juga berlaku untuk wisatawan mancanegara, karena ada versi bahasa Inggris-nya,” jelas Bram.

Majestic Banyuwangi Festival sendiri berisi 99 event dan 20 additional event. Termasuk Top 3 event Banyuwangi yang masuk dalam 100 Events Wonderful Indonesia (Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu).

Selain acara budaya dan olahraga, juga ada acara musik. Tahun ini, terdapat 16 acara musik, mulai dari Jazz Pelajar, Jazz Pantai, Jazz Gunung, Lalare Orchestra, Angklung Caruk, dan yang baru Festival Musik Jalanan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kesiapan Banyuwangi menyambut 2019.

“Peluncuran Majestic Banyuwangi Festival memperlihatkan kesiapan mereka. Apalagi ada maskot Si Arong di dalamnya. Ini akan menjadi daya tarik. Karena wisatawan juga bisa terpacu untuk memburu Si Arong sebagai merchandise,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *