Status Gunung Merapi Normal, Ayo Ke Yogyakarta

oleh -1.978 views

SUARAJATIM.CO.ID– Abu vulkanik yang keluar dari Gunung Merapi, sempat membuat aktivitas penerbangan di Yogyakarta terganggu. Namun, status Gunung Merapi sudah normal. Wisatawan tidak perlu khawatir datang ke Yogyakarta.

Tidak terganggunya aktivitas di Yogyakarta bisa dilihat dari normalnya penerbangan Bandara Adi Sutjipto. Hal tersebut langsung disikapi 30 pelaku wisata di kawasan Kaliurang dan pejabat struktural Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Mereka mengajak wisatawan berakhir pekan di Kaliurang, yang dekat dengan Gunung Merapi.

“Status normal Gunung Merapi ini, pada dasarnya kawasan Kaliurang masih aman untuk dikunjungi. sehingga tidak ada alasan kuat bagi Dinas Pariwisata untuk menutup kawasan ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Hj. Sudarningsih saat melakukan pertemuan bersama pelaku wisata di Omah Jawi, Kaliurang, Sleman, Jum’at (12/5).

Namun, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menghimbau masyarakat tetap waspada dengan hujan abu yang turun, Jumat (11/5) pagi. Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, bus ukuran besar untuk sementara waktu diimbau tidak masuk kawasan Kaliurang. Hal tersebut juga berlaku untuk operasional jeep volcano tour. Jeep-jeep ini diimbau tidak akan mengambil rute sampai bunker Kaliadem, sampai ada informasi lanjutan terkait situasi kegunungapian Gunung Merapi.

Lebih lanjut, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, akan terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait dan komunitas jeep Merapi untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman umumnya, dan kawasan Kaliurang khususnya.

“Jadi, monggo bagi para masyarakat yang sudah merencanakan untuk berakhir pekan di Kaliurang untuk tetap berkunjung menikmati keindahan Gunung Merapi dari wilayah Kaliurang sekaligus menikmati aneka kuliner yang menggoda selera wisatawan,” tambah Shavitri Nurmala Dewi Kabid Destinasi Dinas Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY, memastikan kondisi Gunung Merapi saat ini sudah aman.

Lebih lanjut, BPPTKG menjelaskan bahwa kejadian tadi pagi berlangsung cukup singkat, sehingga tidak memberikan dampak yang sangat besar.

“Kondisi terakhir saat ini tidak terjadi apa-apa lagi, tadi hanya terjadi 5 menit, dan sekarang diimbau masyarakat supaya tidak panik,” kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaira.

Di tempat Terpisah, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi langkah cepat tanggap Kabupaten Sleman terkait erupsi Gunung Merapi.

Pihak Kementerian Pariwisata, lanjut Menpar Arief, memantau perkembangan letusan Gunung Merapi. Meski sudah normal, ia tetap berpesan kepada wisatawan untuk mematuhi segala pemberitahuan dan informasi terkini.

“Soal aktivitas pendakian Gunung Merapi direkomendasikan hanya sampai di Pasar Bubrah, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Ini adalah saran dan anjuran yang sebaiknya dipatuhi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *