Surabaya Tebar Keramahan Melalui HPN 2019

oleh -691 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Kota Surabaya, Jawa Timur, siap membagikan keramahan saat menggelar Hari Pers Nasional (HPN) 2019, 7-9 Februari. Beragam kegiatan sudah siap digelar. Seperti panggung seni budaya, pameran, hingga workshop. HPN 2019 adalah momen tepat bagi Surabaya untuk mengenalkan destinasi wisata yang dimilikinya.

“Sepanjang penyelenggaraan HPN 2019, Kota Surabaya dijamin akan meriah. Ada banyak inspirasi yang ditawarkan. Karena, semua insan pers dan stakeholder dipenjuru Indonesia akan berkumpul di Surabaya. Hal ini tentu bagus untuk promosi pariwisata Surabaya,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, Rabu (6/2).

Tema yang diangkat dalam HPN adalah ‘Pers Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’. Sub temanya, ‘Metamorfosis Konvensional ke Digital’. Hal ini selaras dengan perkembangan teknologi digital yang luar biasa. Akses internet menyentuh semua lini masyarakat. Aktivitas di dunia maya khususnya melalui media sosial menjamur. Arus informasi lebih cepat dan menyasar lebih luas.

“Saat ini semuanya serba maju. Siapapun bisa berperan jadi jurnalis. Dia bisa mengabarkan apa saja yang ada disekitarnya. Kondisi ini tentu menjadi potensi yang harus diarahkan agar positif. Mereka harus mengabarkan berbagai potensi yang ada disekitarnya. Mulai keindahan alam dan budaya, kuliner, hingga beragam hasil kreativitas lainnya,” terang Kiki, sapaan Rizki Handayani Mustafa.

HPN 2019 diawali dengan Gala Dinner, Kamis (7/2), mulai pukul 18.30 WIB. Lokasinya di Ballroom JW Marriot Hotel Surabaya. Agenda utama Gala Dinner adalah launching buku ‘Jurnalisme Ramah Pariwisata’. Nantinya ada sesi penyerahan buku ini kepada Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

“Buku ‘Jurnalisme Ramah Pariwisata’ ini tentu sangat mengispirasi. Silahkan digali lebih dalam apa itu ‘Jurnalisme Ramah Pariwisata’. Tentu ada banyak input positif yang akan diterima para pembacanya,” tegas Kiki lagi.

Gala Dinner akan dikemas dengan beragam sajian seni dan budaya. Ada performa Angklung Mang Udjo hingga Tarian Tunggara Tungga Dewi. Angklung Mang Udjo ini unik dengan rasa Sunda yang kental. Ada juga aksi Komedian Cak Lontong. Komedian usia 48 tahun ini terkenal sebagai ahli silogisme. Menggunakan bahasa baku terstruktur, tapi mengandung logika absurd.

Suasana dijamin makin meriah dengan suara emas Lea Simanjuntak. Penyanyi bersuara sopran ini kerap menampilkan aksi teknik seriosa. Apalagi, genre yang digelutinya adalah pop, gospel, dan klasik. Panggung Gala Dinner dijamin semakin heboh dengan aksi Pedangdut Fitri Carlina dan Uci Sucita.

“Kami ingin memberikan kesan berbeda. Beragam sajian terbaik disajikan dalam Gala Dinner HPN 2019. Sebab, space luas diberikan bagi beragam kreativitas. Kami yakin, akan ada banyak pengetahuan yang bisa diambil oleh para pengunjung dari penyelenggaraan event tahun ini,” jelas Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung.

HPN 2019 juga menampilkan Kuliah Umum, Kamis (7/2), pukul 09.00 WIB. Tema yang digulirkan ‘Potensi Pariwisata Indonesia Melalui Generasi Pesona Indonesia (GenPI)’. Kuliah Umum tersebut bertempat di Audit Ki Moh Saleh, Lantai 5, Gedung F, Kampus Universitas Dr Soetomo, Surabaya. Narasumbernya luar biasa, diantaranya Menpar Arief Yahya.

“Pariwisata memiliki potensi dan masa depan bagus. Surabaya ini juga sangat positif potensinya. Arus wismannya tumbuh kompetitif tahun lalu. Kami optimistis, pariwisata Surabaya akan terus tumbuh,” tutur Adella lagi.

Agenda puncak HPN 2019 akan digelar Sabtu (9/2), pukul 09.00 WIB, di Grand City Hall, Surabaya. Acara ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Rencananya, dan Menpar Arief Yahya akan menerima penghargaan.

“HPN 2019 digelar sangat padat. Ada beragam event yang akan ditampilkan. Acara puncaknya dijamin meriah. Untuk itu, semua program yang disajikan dalam HPN 2019 ini jangan sampai terlewatkan. Kami berharap semua lapisan masyarakat bisa bergabung di sini,” kata Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kemenpar Wawan Gunawan.

Menpar Arief Yahya mengungkapkan, penyelenggaraan HPN 2019 digelar lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Kami semua menyambut baik penyelenggaraan HPN 2019 ini. Event ini akan bagus untuk Surabaya. Semua aspek dari Surabaya bahkan Jawa Timur secara umum akan disorot banyak media. HPN 2019 juga melibatkan banyak stakeholder. Dengan kerja bersama seperti ini, akan ada banyak kemajuan yang akan diterima Indonesia di masa mendatang,” tutup Menpar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *