Tenis Akhirnya Sumbang Emas, Begini Reaksi Presiden

oleh -1.270 views

SUARAJATIM.CO.ID– Keberhasilan pasangan ganda campuran tenis Indonesia, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi, meraih emas Asian Games 2018, mendapat respon dari Presiden Joko Widodo. Christopher/Aldila meraih emas setelah mengalahkan wakil Thailand, Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana, 6-5, 5-7, 10-7. Laga final Asian Games 2018 dilangsungkan di Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu (25/8).

Keberhasilan ini rupanya spesial bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia tak lupa memberikan apresiasi terhadap pencapaian Christopher/Aldila. Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam akun Instagram, @jokowi.

Jokowi menuliskan, cabang olahraga tenis Indonesia akhirnya memberikan medali emas setelah sempat menghadapi paceklik sejak Asian Games 2006.

“Paceklik medali emas Indonesia di cabang tenis yang berlangsung sejak Asian Games 2006, berakhir sore tadi di Jakabaring Tennis Court Center, Palembang. Pasangan ganda campuran Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi merebut emas dengan mengalahkan pasangan Thailand, Luksika Kumkhum dan Sonchat Ratiwatana,” tulisnya.

Presiden menambahkan, medali emas terakhir dari tenis diraih oleh Indonesia dari beregu putri pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. Penantian atas emas dari ganda campuran bahkan lebih lama karena Indonesia terakhir kali mendapatkannya 28 tahun lalu, ketika Suharyadi dan Yayuk Basuki menjadi juara di Asian Games 1990 di Beijing.

Medali emas ini makin spesial. Pasalnya, menggenapi perolehan medali emas kontingen Indonesia menjadi 10 emas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengapresiasi keberhasilan tersebut. Menpar pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendukung para atlet yang bertanding.

“Ini saatnya kita bangkit. Sekarang saatnya kita memberikan dukungan kepada para atlet. Kita harus membuat Asian Games bergelora sehingga masyarakat menjadi antusias dan bersedia memenuhi venue,” kata Menpar.

Dijelaskannya, kehadiran masyarakat di venue memiliki nilai yang luar biasa. “Secara pelaksanaan kita bisa sukses. Dan kehadiran masyarakat juga bisa memicu prestasi atlet. Dan ini yang kita semua harapkan,” katanya.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata mencari cara demi mengenalkan atlet-atlet yang akan bertanding. Salah satunya melalui Voting Atlet Favorit Fans Games 2018 yang sudah memasuki putaran final.

“Bagaimana masyarakat mau datang kalau atletnya saja tidak kenal. Lewat Fans Games ini, kita mencoba mengenalkan mereka,” paparnya.

Di babak final Fans Games, ada 10 atlet pria dan 10 atlet wanita yang bisa dipilih. Mau tau siapa saja atletnya? Coba deh klik link genpi.co/vote/asiangames. Jangan lupa vote ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *