Tiongkok Kirim Kontingen Besar, Presiden Jokowi Beri Apresiasi

oleh -1.826 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – #OpeningCeremonyAsianGames2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) sukses besar. Sebanyak 45 negara ikut serta dalam defile di stadion yang berkapasitas 76.127 orang itu. Selain tuan rumah Indonesia, negara lain yang mengirimkan kontingen besar adalah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Berdasarkan data resmi Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Tiongkok mengerahkan total 859 atlet pada 40 cabang olahraga. Sedangkan tuan rumah Indonesia menerjunkan 935 atlet. Mereka diharapkan memberi yang terbaik di #PesonaAsianGames2018.

Kehadiran kontingen Tiongkok dalam jumlah besar, mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo.

“RRT telah mengirimkan jumlah kontingen yang cukup besar,” ucap Presiden Jokowi ketika menerima Wakil Perdana Menteri RRT Sun Chunlan di Cofftea House, Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (18/8).

Pertemuan tersebut digelar sebelum pembukaan Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. “Saya yakin keikutsertaan kontingen RRT akan semakin menyukseskan Asian Games kali ini,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan terima kasih atas undangan Presiden Xi Jinping untuk berkunjung pada bulan November mendatang. Atau, bersamaan dengan China International Import Expo di Shanghai.

“Saya akan catat dengan baik namun perlu saya sampaikan bahwa pada bulan November sudah memasuki masa kampanye Pemilu Presiden,” ucapnya.

Di penghujung pertemuan, Presiden menitipkan salam kepada Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

Dalam pertemuan itu, Persiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Terpisah, Menteri pariwisata Arief Yahya juga memprediksi jumlah wisatawan yang akan datang ke Indonesia saat Asian Games itu terbanyak dari RRT. Asian Games 2018 akan menyedot sekitar 170 ribu turis atau wisatawan mancanegara. Dengan total pengeluaran dari pengunjung mencapai Rp3 triliun.

“Jumlah penonton terbesar berasal jadi Tiongkok, Singapura dan Malaysia,” tambah Menpar Arief Yahya.

Momentum itu juga dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk menjual 75 paket wisata di tujuh daerah unggulan, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

“Momentum tersebut harus dimanfaatkan. Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang yang jadi tuan rumah, harus bisa menyambut para wisatawan yang hadir dengan hospitality. ” sebut Menpar Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *