Tour de Kepri Bidik Agenda UCI

oleh -1.107 views

SUARAJATIM.CO.ID– Sambutan luar biasa peserta mancanegara di Tour de Kepulauan Riau (Kepri) membuat Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar kian semangat. Ia menargetkan lomba balap sepeda ini bisa masuk dalam agenda Federasi Sepeda Dunia, UCI.

Menurut Buralimar, sejak awal peserta mancanegara memang antusias. Bahkan, saat flag off etape I Dompak Criterium, peserta luar negeri lebih banyak dari peserta lokal dan nasional.

“Sambutan peserta sangat luar biasa. Untuk event yang baru dilaksanakan, jumlah peserta mancanegara sangat banyak. Bahkan kegiatan kita bisa diikuti peserta dari 24 negara. Ini kita belum menggandeng UCI. Jika kita bisa masuk menjadi agenda UCI, jumlahnya akan lebih besar dari ini,” paparnya.

Hal tersebut disampaikan Buralimar disela-sela Gala Dinner di CK Hotel, Jumat (28/9) malam. Menurutnya, jika Tour de Kepri masuk dalam agenda UCI, jumlah negara yang akan ambil bagian bisa naik 2 kali lipat.

“Sekarang jumlah negara yang ambil bagian sebanyak 24. Tapi kalau kegiatan kita sudah masuk UCI, negara peserta bisa menjadi 50. Kita akan upayakan agar Tour de Kepri bisa masuk dalam agenda UCI. Karena target kita adalah meningkatkan kunjungan wisatawan,” katanya.

Buralimar mengaku memiliki strategi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Ade paket wisata yang ditawarkan.

“Dalam Tour de Kepri ini, kita menawarkan paket lengkap. Yaitu pemandangan Kepri yang indah. Asal tahu saja, saat lomba ini peserta melewati total 6 pulau. Dan ini hanya ada di Tour de Kepri. Jadi lengkap, tidak hanya Batam atau Bintan yang kita berikan. Tapi semua,” tutur Buralimar.

Sementara Kabid Pemasaran Area 2 (Sumatera) di Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kiagoos Irvan Faisal, berharap para peserta bisa menikmati lomba. “Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada para peserta. Selamat menikmati keindahan Kepulauan Riau. Dan selamat bertanding,” tutur Irvan saat memberikan sambutan.

Irvan yakin para peserta bisa menikmati setiap momen yang mereka lewati. Sebab Kepri dengan Greater Batamnya menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia. “Kepri adalah destinasi yang dihandalkan untuk meningkatkan kunjungan wisman. Karena, lokasinya dekat dengan negara tetangga. Selain itu, Kepri juga dianugerahi alam yang indah. Inilah yang ditawarkan dalam sport tourism Tour de Kepri,” paparnya.

Hal senada disampaikan Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh.

“Kita semua tahu jika Kepri memiliki daya tarik di mata wisatawan. Makanya Kepri dengan Great Batam menjadi salah satu andalan untuk mendulang wisatawan mancanegara,” paparnya.

Dukungan untuk pelaksanaan Tour de Kepri juga disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Kepri selalu mampu menjaring wisatawan. Terutama melalui sport tourism. Hal ini kembali terbukti melalui Tour de Kepri. Banyak wisatawan mancanegara yang ambil bagian. Ini yang harus kita apresiasi dan dukung,” kata Menteri yang membawa Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryOfTourism2018 se Asia Pasifik di Bangkok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *