Track Ekonomi Menjanjikan UGG Gunung Sewu

oleh -1,787 views
oleh

SUARAJATIM.CO.ID, GUNUNGKIDUL – Unesco Global Geoparks (UGG) Gunung Sewu menjelma menjadi mesin ekonomi potensial. Pesonanya memberikan efek luar biasa, baik makro maupun mikro. Kawasan ini pun menjadi magnet terbaik penarik investasi.

Rapor positif UGG Gunung Sewu dipaparkan di Focus Group Discussion (FGD), Jumat (5/10). Memiliki agenda Penyusunan Jalur Geowisata, program ini digelar di Hotel Cyka Raya, Gunungkidul, Yogyakarta. Forum ini diikuti 40 peserta. Mereka berasal dari Dispar dan SKPD 3 kabupaten/kota dari 3 provinsi, Pokdarwis, DPC HPI, hingga para pengelola geopark. Narasumbernya ada 4 dan expert di bidangnya.

“Mengelola Gunung Sewu tidak mudah karena kompleks. Namun, geopark ini menjadi benchmark bagi destinasi lain yang ingin tumbuh. Ada banyak geosite di area ini, tapi tidak semuanya diarahkan untuk pariwisata. Dan, Gunung Sewu telah menujukan kapasitanya. Ujungnya kesejahteraan masyarakat,” kata Asisten Deputi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan, Jumat (5/10).

Secara karakteristik, UGG Sewu ini unik. Geografisnya membentang di 3 provinsi dan kabupaten/kota. Ada di DI Yogyakarta (Gunungkidul), Jawa Tengah (Wonogiri), dan Jawa Timur (Pacitan). Luasan total UGG Sewu 1.802 kilometer persegi. Memiliki 33 geosite, rinciannya Gunungkidul (13 spot), Wonogiri (13 spot), dan Pacitan (7 spot).

Memiliki postur besar, UGG Sewu memberikan kontribusi besar kepada pendapatan asli daerah (PAD). Pada 2017, UGG Sewu memberikan total PAD Rp41,514 Miliar. Jumlah ini naik Rp3,577 Miliar dari tahun sebelumnya. Sepanjang 2016, UGG Sewu menangguk PAD Rp37,936 Miliar. Angka PAD 2016 meledak Rp16,672 Miliar pasca diberikan status UGG di tahun 2015.

Dari total PAD tersebut, Gunungkidul mendulang PAD terbesar. Mengacu PAD 2016, Gunungkidul meraih inkam Rp24,248 Miliar. Lalu, Pacitan memiliki PAD Rp9,561 Miliar dan Wonogiri Rp4,128 Miliar. Tingginya PAD tidak lepas dari kuatnya arus masuk wisatawan. Sepanjang 2017, jumah wisatawan pun mencapai 5.589.925 orang. Kenaikannya positif karena di 2016 hanya 4.831.264 wisatawan.

“UGG Gunung Sewu sudah populer. Saat ini, wilayah ini berkembang sebagai destinasi wisata berbasis masyarakat lokal. Progressnya positif,” tutur Ketua Jaringan Geopark Indonesia Budi Martono.

Dengan kekuatannya, UGG Gunung Sewu memberikan kesejhateraan bagi masyarakat. Mengacu fakta di Gunungkidul, angka kemiskinan di wilayah ini terus menyusut. Pada 2017, angka kemiskinan berada 18,65%. Setahun sebelumnya, angkanya berada di level 19,67%. Tahun 2015 ada di angka 21,73%. Tingkat pengangguran terbuka di Gunungkidul juga terendah dari 4 kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta.

Tingkat pengangguran terbuka di Gunungkidul hanya 1,65%. Bandingkan dengan Kota Yogyakarta yang mencapai 5,08%. Pengangguran terbuka di Sleman juga mencapai 3,51%. Ketua TPP Geopark Indonesia Yunus Kusumahbrata menerangkan, tiga pilar geopark (konservasi, edukasi, dan ekonomi kreatif) harus dioptimalkan untuk kesejahteraan.

“Capaiannya sangat positif. Namun, hal ini masih bisa dikembangkan dengan basic 3 pilar geopark. Dan, penataan kawasan harus terus dilakukan. Pengembangan destinasi dengan melihat atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya. Untuk strategi kelembagaan, acuannya SDM, masyarakat, dan industri. Pemasarannya harus dioptimalkan melalui branding, advertising, dan selling,” jelas Yunus.

Tumbuh menjanjikan, nilai investasi di UGG Gunung Sewu pun melejit. Pada 2016, nilai investasi sudah mencapai Rp1,6 Triliun. Jumlah ini naik signifikan Rp916,52 Miliar dari 2015 yang mencapai Rp683,481 Miliar. Padahal pada 2012 nilai investasinya hanya di kisaran Rp106,29 Miliar. Tim Percepatan Geopark Azwir Malaon menjelaskan, UGG Gunung Sewu akan terus memberikan manfaat ekonominya.

“Nilai investasi di UGG Gunung Sewu ini sangat besar. Saat ini UGG Gunung Sewu ini sudah 4 tahun. Dengan potensi besarnya, UGG Gunung Sewu bisa dikembangkan sekitar 15 jalur wisata. Jalur ini bisa dibangun sesuai tema yang diinginkan dan disepakati oleh 3 kabupaten/kota dari 3 provinsi. Nantinya, penjualan bisa melalui website atau kerjasama dengan Traveloka,” ujar Azwir.

Atas performanya, UGG Gunung Sewu pun mendapatkan apesiasi dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok menuturkan, Gunung Sewu telah memebrikan inspirasinya. “Gunung Sewu ini sangat memikat. Selain alamnya, kawasan ini juga indah secara ekonomi. Keberadaannya mulai memberi pengaruh positif bagi masyarakat. Kami akan dorong terus agar Gunung Sewu ini bagus,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *