Transformasi Digital Pariwisata Diakselerasi Blibli Travel & UMKM Fest

oleh -142 views

JAKARTA – Transformasi digital industri pariwisata dan ekonomi kreatif terus diakselerasi. Kanalnya melalui program Blibli Travel & UMKM Fest yang digulirkan masif pada 16-30 April 2021. Jumlah pesertanya jumbo 90 Ribu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Ikut bergabung juga asosiasi dan seller pariwisata, hotel, hingga desa wisata dengan beragam paket terbaiknya.

“Upaya membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif terus dilakukan. Ada banyak strategi yang kami jalankan, seperti Geber atau Gerakan Bersama. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak termasuk platform e-commerce seperti Blibli,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Meluncurkan Blibli Travel & UMKM Fest, program tersebut menjadi pengungkit bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab, sektor ini melemah seiring menjamurnya pandemi Covid-19. Dengan kehadiran program Blibli Travel & UMKM Fest, penetrasi pasar akan semakin efektif dan efisien. Apalagi, banyak pemai industri tour and travel telah bertransformasi ke platform online.

“Digital menjadi kebutuhan penting dalam pengembangan sebuah industri. Sebab, pasar sangat lekat dengan digital. Kami optimistis, program Blibli Travel & UMKM Fest semakin mengakselerasi transformasi digital pariwisata di Indonesia,” terang Sandiaga.

Performa digitalisasi industri pariwisata memang luar biasa, terlebih saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Sepanjang Kuartal I/2021, jumlah seller yang memanfaatkan platform e-commerce naik signifikan 50% dari tahun 2020. Menariknya, para seller didominasi muka baru. Para seller baru ini mampu mendorong jumlah produk wisata. Komposisinya mulai Virtual Tour hingga Kupon Perjalanan.

Mengacu Blibli, slot produk wisata tersebut naik 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini pun menjadi indikator betapa pentingnya transformasi digital dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Berbanding lurus, Blibli juga mengakomodir kepentingan itu melalui kanal Galeri Indonesia. Kategori Galeri Indonesia ini langsung melejit dan tumbuh 7 kali lipat dibandingkan periode sebelumnya.

“Platform e-commerce menjadi treatment terbaik untuk meraih pasar dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Apalagi, pasar sudah sangat familiar dengan e-commerce termasuk diantaranya Blibli. Melalui program Blibli Travel & UMKM Fest, pasar akan optimal dieksplorasi,” papar Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu.

Memanfaatkan momentum Blibli Travel & UMKM, beragam paket experiental tourism pun ditawarkan. Artinya, para seller khususnya UMKM bisa mengeksplorasi potensinya untuk menarik pasar sebesar-besarnya. Lebih lanjut, ada juga promo spesial seperti Flash Deals, Exclusive Bra d Deals, hingga Oleh-Oleh Lokal bagi pelanggan program Blibli Travel & UMKM. Informasi lebih lanjut klik https://www.blibli.com/trvumkm-fest.

“Inovasi selalu diperlukan untuk perluasan dan penguatan penetrasi pasar. Blibli Travel & UMKM Fest menawarkan beragam potensi bisnis yang besar. Kami optimistis semuanya akan terakselerasi dengan baik. Dengan begitu, industri pariwisata bisa pulih lebih cepat,” tegas Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area I Kemenparekraf Taufik Nurhidayat.

Para buyer juga semakin dimanjakan dengan beragam pengalaman belanja sesuai dengan #KarenaKamuNo1. Apalagi, Blibli mengembangkan strategi bisnis Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

“Kami tentu melihat semua peluang dan langsung direspon. Apalagi, Blibli ingin mendukung pemerintah dan asosiasi pariwisata. Melalui Blibli Travel & UMKM, kami berharap industri pariwisata dan ekonomi kreatif bisa melakukan ekspansi pasar besar berbasis teknologi digital. Hal ini sekaligus menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0,” jelas CEO Blibli Kusumo Martanto.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *