Via Vallen, Cita Citata dkk Siap Memanaskan Kalimantan Crossborder Festival 2019

oleh -1.161 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Konser keren disiapkan Kalimantan Crossborder Festival 2019. Total, ada 8 kegiatan yang siap dirilis. Venue-nya merata di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk (Sambas), Entikong (Sanggau), dan Nanga Badau (Kapuas Hulu). Ketiganya berada di Kalimantan Barat (Kalbar). Lalu, 1 pintu festival ada di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Deretan penyanyi dangdut top seperti Via Vallen, Cita Citata dll, sudah siap memberikan penampilan terbaik.

“Festival terbaik sudah disiapkan di perbatasan. Festival Crossborder tahun ini akan digelar meriah. Kami sudah siapkan banyak artis top tanah air. Dengan kehadiran mereka, kami optimistis akan banyak menarik arus masuk wisman,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, Kamis (31/1).

Kalimantan Crossborder Festival 2019 akan dimulai dari Kalbar. Bumi Khatulistiwa ini akan menggelar Crossborder Festival Aruk dan Crossborder Festival Entikong. Digelar bersamaan, event ini akan rilis pada 23-24 Februari 2019. Crossborder Festival Aruk 2019 jilid 1 akan menampilkan Sandrina dan Belinda.

Sedangkan di PLBN Entikong akan menampilkan Cita Citata dan Tika Zein, jebolan dari The Star of Indonesiar TV. Event di Entikong dan Aruk ini akan semakin meriah dengan menu lain. Crossborder Festival ini juga merilis beragam kekayaan budaya lokal. Di sini juga akan ditampilkan beragam potensi dari kedua daerah tersebut.

“Border tourism sangat menyukai musik dangdut. Publik Serawak dan Sabah pun sangat familiar dengan genre ini. Mereka banyak mengidolai penyanyi dangdut Indonesia. Suka dengan dangdut, otomatis ada banyak lagu yang dihafal. Jadi, episode pembuka festival 2019 jangan sampai dilewatkan,” terangnya.

Publik Entikong akan diajak bergoyang kembali pada 16-17 Maret. Kali ini giliran Via Vallen yang akan menghibur. Ada juga Adelia yang juga jebolan The Star of Indonesiar TV. Konsep serupa digulirkan di sini. Pada bulan April, PLBN Aruk yang kembali bergoyang plus Nunukan. Aruk akan diajak bergembira oleh Inul Daratista dan Iva Lola ex Trio Macan pada 6-7 April.

Pada bulan yang sama, giliran Nunukan yang dihebohkan oleh aksi Fitri Carlina. Fitri akan didukung oleh aksi Lilis. Lilis merupakan jebolan kontes menyanyi di Indosiar. Crossborder Festival Nunukan ini akan digelar 26-27 April 2019. Venuenya di GOR Sei Sembilan, Nunukan, Kaltara.

Rizki Handayani menambahkan, Crossborder Festival momentum terbaik menarik wisman.

“Crossborder Festival event terbaik untuk mendatangkan wisman. Sebenarnya ada banyak atraksi yang ditawarkan dari event ini. Untuk itu, segera atur perjalanan menuju Crossborder Festival. Tata waktu penyelenggaraan event ini sudah disusun bagus,” tutur wanita yang biasa disapa Kiki itu.

Pada 2-3 Mei, giliran PLBN Nanga Badau yang akan digoyang. Aksi memikat Iis Dahlia menjadi sajian utamanya. Iis akan didampingi Wulan Alora yang berstatus The Star of Indosiar TV. Agenda pada pun kembali hadir di Bulan Juni 2019. Crossborder Festival kembali rilis di Nunukan, 15-16 Juni 2019. Artis yang tampil adalah Lesty dan Datuk Band.

Masih dibulan yang sama, Via Vallen menjadi penutup rangkaian Kalimantan Crossborder Festival 2019. Event ini akan digelar di PLBN Nanga Badau, 22-23 Juni 2019. Kali ini Via datang sendiri.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, optimalisasi kunjungan arus masuk wisman melalui perbatasan akan optimal tahun ini.

“Ada banyak pembaruan dari Crossborder Festival tahun ini. Tujuannya untuk optimalisasi kunjungan dari wisman. Kami yakin arus masuk wisman akan lebih maksimal. Sebab, persiapan untuk tahun ini lebih matang,” jelas Adella.

Berbagai kemudahan diterapkan dalam Kalimantan Crossborder Festival 2019. Selama event, wisatawan asal Negeri Jiran hanya perlu membawa Identity Card (IC) atau semacam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Semua jenis kendaraan dengan kapasitas 7 orang pun diizinkan masuk dari Serawak. Khusus PLBN Entikong, aksesibilitas besar diberikan bagi bus.

“Selain konten, kami juga menyiapkan faktor non teknis lain. Ada banyak kemudahan yang diberikan sepanjang event. Hal ini sudah menjadi kesepakan pemangku kepentingan dari Indonesia dan Malaysia. Kami harap, kemudahan fasilitas ini bisa dimanfaatkan wisatawan Malaysia,” tegas Adella.

Ada banyak keuntungan dari venue Crossborder Festival ini. Sebab, secara geografis berbatasan langsung dengan 9 daerah sebagai kantong wisatawan Malaysia. Daerah ini terkoneksi langsung dengan border di Aruk, Entikong, Nanga Badau, dan Pos TNI Sei Pancang. Kantong wisatawan ini total memiliki populasi 677.491 orang. Wilayah Serawak memiliki potensi 39,1%.

“Kemeriahan yang kami gelar selalu mampu menarik kunjungan wisman. Angkanya cukup menjanjikan di tahun lalu. Impact positif lainnya, bergeraknya perekonomian masyarakat. Ada nilai bisnis yang tinggi dan ini bisa dinikmati langsung masyarakat perbatasan,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono.

Mengacu Festival Musik Wonderful Indonesia, Desember 2018, event di PLBN Entikong ini pun sukses. Dengan artis Ikke Nurjanah, event ini mampu mendatangkan 3.000 pengunjung. Dari jumlah ini, 908 orang atau 30,3% diantaranya wisatawan Malaysia. Pun demikian event Festival Musik Wonderful Indonesia edisi Aruk. Menampilkan Iis Dahlia, event mampu mendatangkan 1.385 wisatawan Malaysia.

“Apapun event yang digelar di perbatasan selalu sukses. Masyarakat Malaysia di perbatasan ini memang suka dengan dangdut. Dengan kondisi kebijakan berubah di 2019 ini, pasti arus masuk wisman akan bisa lebih besar. Meski hanya beberapa jam, tapi pengaruhnya sangat besar bagi perekonomian di perbatasan. Dan, ini sangat bagus bagi income masyarakat,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *