Bamsoet: Foto dan Lukisan Bisa Bercerita Tanpa Perlu Berkata-Kata

oleh -883 views

SUARAJATIM.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memandang sebuah foto dan lukisan punya kekuatan ‘magis’ yang sangat dalam. Keduanya bisa menceritakan berbagai peristiwa tanpa perlu kata-kata. Menikmati foto dan lukisan bisa membuat seseorang hanyut dalam berbagai perasaan yang tak terkira.

“Setiap perayaan hari ulang tahun, DPR RI selalu memberikan ruang kreasi bagi para wartawan yang bertugas di DPR RI dalam bentuk pameran foto ‘Warna Warni DPR RI’. Tak hanya itu, DPR RI juga memberikan kesempatan kepada para pelukis Indonesia untuk memamerkan karyanya. Selain sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan, kami berharap kegiatan ini dapat merangsang pertumbuhan seni lukis dan fotografi di Indonesia,” ujar Bamsoet saat membuka pameran foto “Warna Warni DPR RI” dan pameran lukisan “Kepada Republik”, di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Rabu (29/08/18).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menekankan, seni lukis dan fotografi tak bisa dianggap sebelah mata. Keduanya mampu menangkap dan menyimpan berbagai peristiwa yang terjadi di kehidupan masyarakat, sekaligus menjadi jembatan penghubung antara masa lalu, masa kini, dan masa depan.

“Melalui pameran foto Warna Warni DPR RI, para wartawan bisa memperlihatkan kepada khalayak berbagai kejadian yang mereka tangkap selama bertugas di DPR RI. Dari mulai suasana sidang, kunjungan kerja, sampai berbagai hal tak terduga lainnya. Ini merupakan petikan dari perjalanan bangsa kita,” terang Bamsoet.

Begitupun dengan yang ditampilkan dalam pemeran lukisan “Kepada Republik”. Para seniman ternama Indonesia menampilkan karya yang luar biasa. Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini merasakan, setiap karya lukis yang di pamerkan bukan hanya menyampaikan sebuah peristiwa, melainkan punya ruh yang menyimpan berbagai cerita.

“Menikmati setiap lukisan, saya seperti menyaksikan kristalisasi ide-ide yang bersumber dari pengalaman imajinatif sebagai daya kepekaan rasa para seniman kita. Mereka mampu melakukan pengamatan dan perenungan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat, untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk lukisan,” jelas Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini mengundang masyarakat untuk datang dan menyaksikan langsung kedua pameran tersebut di Loby Gedung Nusantara DPR RI. Dirinya berharap, kegiatan ini mampu menggetarkan hati dan perasaan, serta memprovokasi aktivitas intuisi dalam meningkatkan potensi kreatif masyarakat.

“Melalui seni lukis dan fotografi, harkat dan derajat martabat bangsa bisa terangkat. Kita sedang menunjukan kepada dunia, betapa bangsa kita sangat kaya akan tradisi seni dan budaya. Melalui pameran ini, saya harap akan lahir banyak seniman-seniman muda yang bukan hanya menampilkan keindahan, namun juga keberanian dalam setiap karyanya,” pungkas Bamsoet. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *