Server Silon KPU Bermasalah, Entry Data Bacaleg PBB Terganggu

oleh -674 views

SUARAJATIM.CO.ID, Informasi yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setidaknya ada tujuh partai politik (Parpol) peserta pemilu legislatif 2019 akan mengajukan bakal calon legislatif (Bacaleg) mereka hari ini. Salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua bidang Pemenangan DPP PBB, Sukmo Harsono mengatakan, partainya hingga hari ini belum mengajukan bacaleg nya lantaran Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang diterapkan KPU dianggap bermasalah.

“Itulah yang dirasakan parpol saat ini. Ketika waktu pengisian tinggal sisakan waktu 2 hari, server silon berulangkali down sehingga, tidak bisa di akses seleuruh Indonesia,” kata Sukmo, Senin (15/7/2018).

Menurut Sukmo, jika Silon KPU tak bermasalah, maka sebenarnya hanya membutuhkan waktu puluhan menit saja bagi parpol untuk scan satu file bacaleg. Namun yang terjadi sebaliknya. Di sisi lain, tak ada solusi yang ditawarkan oleh penyelenggara pemilu.

Menurut dia, semakin dekat waktu pengajuan, maka semakin ‘sibuk’ lalu lintas pengisian Silon, sehingga hal ini membuat pengisian Silon sedikit terlambat. Ia mencatat bakal caleg yang tidak bisa ter input di silon maka akan ditolak pendaftarannya.

“Sementara kegalalan input sampai jam 00.00 WIB tanggal 17 bisa karena waktu terbuang akibat server down. Bawaslu saya sarankan antisipasi dengan hal ini. Karena akan rawan di gugat oleh Bacaleg yang gagal masuk karena gagal input. Silon masih sama dengan sipol banyak trouble,” ungkap Sukmo yang menunjukkan Silon bermasalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *