Menparekraf Sandi Uno Ajak Komunitas Promosikan Gastronomi Kota Malang

oleh -542 views
oleh

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkuat peran komunitas sebagai salah satu garda terdepan guna mempromosikan lebih luas gastronomi Kota Malang dan Jawa Timur secara keseluruhan.

 

Menparekraf Sandiaga dalam acara NeTas (Nemuin Komunitas) yang berlangsung di Ada Apa Dengan Kopi (AADK), Kota Malang, Sabtu (27/7/2024) mengatakan selain daya tarik wisata Malang yang berasal dari kekayaan alam dan budaya. Malang mampu memikat wisatawan dengan kuliner otentik seperti bakso Malang, puthu lanang, dan wedang angsle.

 

Tercatat sebanyak 63 persen wisatawan yang berkunjung ke Malang didasarkan pada pertimbangan daya tarik kuliner khas yang menggoyang lidah, disusul wisata belanja.

 

“Untuk itu, peran komunitas sangat diperlukan untuk menyepakati kuliner utama dari Malang. Setelah itu kita bangun kekuatan rantai pasok dan memperluas promosinya,” kata Menparekraf Sandiaga.

 

Menparekraf Sandiaga menginginkan Kota Malang dapat mengikuti jejak Ubud, Bali, yang ditetapkan UN Tourism sebagai prototipe destinasi pariwisata gastronomi dunia. Ubud terpilih berkat kesiapan dan kolaborasi yang baik dari para _stakeholder_. Dalam hal ini peran komunitas memegang andil.

 

UN Tourism menetapkan Ubud yang mengutamakan filosofi, budaya, atau sejarah bahkan _storytelling_ dari sebuah hidangan yang disajikan.

 

“Mudah-mudahan Malang bisa menyusul Ubud sebagai _pilot project_ dari gastronomi yang dikembangkan sebagai daya tarik dan destinasi wisata unggulan,” kata Sandiaga.

 

Kepala Biro Komunikasi, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, melihat banyak sekali kuliner otentik lokal yang ada di Indonesia salah satunya di Malang. Kuliner yang diciptakan penuh dengan cerita. Hal ini menjadi modal awal pelaku parekraf untuk mengangkat gastronomi di Kota Malang.

 

“Gastronomi itu tidak hanya mengenai kuliner saja, baik makanan atau minuman. Tapi bagaimana proses dari bahan-bahan itu sampai ke meja makan atay dikonsumsi oleh tamu atau wisatawan,” kata Dewi.

 

Hal tersebut yang mendasari hadirnya kegiatan NeTas dengan tema gastronomi. Selain untuk menyosialisasikan program-program strategis dan kebijakan Kemenparekraf/Baparekraf, juga membuka kesempatan untuk dapat berdialog antara pemangku kebijakan dengan masyarakat dan komunitas.

 

NeTas di Kota Malang kali ini diikuti oleh 100 peserta perwakilan dari komunitas di Malang dan menghadirkan dua narsumber yakni Ketua Program Studi Perhotelan Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang, Rulli Krisnanda, dan Pemimpin Redaksi Trigger.id, Isa Anshori.

 

Hadir mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Ario Prawiseso dan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *