Bersyukur Ibadah Haji Dibuka Lagi, LaNyalla Harap Ada Tambahan Kuota Bagi Indonesia

oleh -1,013 views
oleh

TULUNGAGUNG – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang sedang menjalani reses di Jawa Timur berkesempatan mengunjungi Pondok Pesantren Al-Fattah atau lebih dikenal dengan sebutan Ponpes Menara, di Mangunsari, Tulungagung, Jawa Timur, Minggu malam (24/4/2022).

Ketua DPD RI ditemui langsung pengasuh Ponpes Menara, KH Ibnu Katsir Siroj dan beberapa pengajar pondok.

Dalam silaturahmi yang berlangsung hangat itu, LaNyalla banyak membahas persoalan haji yang mulai dibuka kembali oleh Pemerintah Arab Saudi, setelah vakum selama 2 tahun

“Alhamdulillah ibadah haji dibuka lagi untuk tahun ini. Meskipun kuotanya masih dibatasi tetapi paling tidak memberi kepastian kepada calon jamaah haji asal Indonesia yang sudah tertunda selama 2 tahun,” katanya.

Menurut LaNyalla tahun ini kuota haji Indonesia sebanyak 100.051 jamaah. Kalau normal, kuotanya di atas 200 ribu. Kewenangan soal kuota memang sepenuhnya ada di tangan Pemerintah Arab Saudi.

“Kita bersyukur dengan kuota itu. Katanya ini kuota yang paling besar dibanding negara lain. Tetapi kita juga berharap pemerintah melakukan lobi, supaya ada tambahan kuota lagi,” tukas dia.

KH Ibnu Katsir Siroj juga sepakat, dengan negara berpenduduk muslim terbesar, sudah sewajarnya Indonesia mendapat kuota maksimal.

“Yang penting lagi pelaksanaannya lancar. Kita juga minta supaya benar-benar memberi prioritas kepada calon jamaah haji yang tepat, yang memenuhi syarat. Karena banyak calon jamaah yang nunggu kapan berangkat. Jadi supaya benar-benar adil,” ujarnya.

Di akhir pertemuan, LaNyalla didoakan agar selalu diberi kesehatan dan selalu amanah dalam menjalankan tugas.

“Semoga cita-cita mulia dan harapan-harapan Bapak dikabulkan dan dilancarkan,” ucapnya.