Keren! PPTMB ITNY 2023 Bekali Mahasiswa Materi Wawasan Kebangsaan, Anti Narkoba dan Kekerasan Seksual

oleh -105 views
oleh

YOGYAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali melaksanakan Pengenalan Pendidikan Tinggi Mahasiswa Baru (PPTMB) 2023. Kegiatan pengenalan kampus yang diselenggarakan mulai 11-13 September 2023 ini diikuti oleh 486 mahasiswa baru (maba). Sebelumnya, ITNY juga sudah menggelar kegiatan Pra PPTMB 2023 pada tanggal 6-8 September 2023.

Ajang rutin ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh Civitas Akademika mulai dari bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru, hingga mengikuti kegiatan PPTMB melalui binaan-binaan karakter mahasiswa.

Ketua Panitia PPTMB ITNY 2023, Rizqi Muhammad Mahbub menerangkan, tahun ini, mahasiswa baru ITNY yang mengikuti PPTMB 2023 dibekali tiga materi utama, yakni materi mengenai kecintaan Tanah Air, materi anti-narkoba dan kekerasan seksual.

“Materi wawasan kebangsaan diberikan agar para mahasiswa lebih peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya. Hal ini sesuai empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Rizqi saat ditemui di sela kegiatan, Rabu (13/9/2023).

Sedangkan untuk materi anti-narkoba dan kekerasan seksual diberikan dalam rangka membangun kesadaran mahasiswa mengenai bahaya narkoba dan pentingnya mengetahui definisi kekerasan seksual.

Saat ini, Rizqi menambahkan, ITNY tengah fokus pada melakukan aksi tanggap darurat terhadap kekerasan seksual. “Dalam PPTMB dan internal kampus, kami juga membuat satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di tingkat perguruan tinggi,” ujar Rizqi.

Sedangkan materi anti-narkoba diberikan untuk mencegah peredaran narkoba yang marak menyasar generasi muda. “Tentu kami berharap dapat mencegah peredaran narkoba di kalangan anak muda, khususnya yang menyasar mahasiswa di kampus-kamus,” tutur Rizqi.

Dalam kerangka itu, Rizqi menyebut beberapa narasumber berkompeten dihadirkan, di antaranya Kabinda DIY Brigjen TNI Rachmad Pudji Susetyo, Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda DIY AKBP Sinungwati, Komandan Denhanud 474 Kopasgat Letkol Pas Agung Susetyo dan Dewi Julianti dari Yayasan Rifka Annisa.

“Tentu sebagai generasi muda, kami ingin memberikan kontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara, yang dimulai dari kampus tempat kami menimba ilmu,” tutur Rizqi.

Selain ketiga materi tersebut, Rizqi menyebut mahasiswa baru di lingkungan ITNY juga diperkenalkan dengan materi kesejarahan, hingga visi dan misi kampus, baik tingkat fakultas, kelembagaan maupun program studi.

“Dengan demikian, para mahasiswa lebih aktif dan mengenali kampusnya sendiri. Sehingga kecintaan terhadap ITNY terbangun. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang sebatas informasi untuk mengikuti kegiatan PPTMB,” ujar Rizqi.

Termasuk juga menanamkan sejak dini sistem pendidikan di ITNY dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Di mana perlu ada langkah-langkah mengikuti program tersebut, sehingga bisa tercapai percepatan masa studi baik 3,5 tahun maupun 4 tahun.

Rektor ITNY, Dr Ir Setyo Pambudi, M.T mengapresiasi panitia penyelenggara PPTMB 2023 dengan segala materi dan pelaksanaan kegiatan pengenalan kampus yang dilaksanakan. Menurutnya, materi-materi tersebut sangat baik baik pembangunan mental dan sikap mahasiswa di dalam lingkungan kampus, hingga kelak kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk mengimplementasikan disiplin ilmunya.

“Kami apresiasi materi yang diberikan tersebut, tentu sangat baik dan menjadi bekal yang bagus pula untuk mahasiswa,” tutur Rektor.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa baru untuk bisa memahami materi yang disampaikan dengan baik. Dengan begitu, kelak ketika mereka sudah terjun di kampus tidak merasa canggung dan bingung terhadap tugasnya sebagai mahasiswa.

“Harapan saya tentu mahasiswa baru yang ikut PPTMB dapat menyadari dengan baik hak dan kewajibannya, sehingga mereka dapat lebih serius dalam menuntut ilmu dan dapat lulus tepat pada waktunya,” harap Rektor.(*)

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan kampus ITNY silahkan kunjungi web resminya dengan meng-klik http://itny.ac.id/