KKN Mahasiswa Universitas Math’laul Anwar Banten Kelompok 16 Desa Pasirdurung, Gerakan Roda Ekonomi Perdesaan Berbasis Kearifan Lokal

oleh -143 views
oleh

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Math’laul Anwar (UNMA) Banten kelompok 16 Desa Pasirdurung, kecamatan Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten melaksanakan program-program penting dalam rangka meningkatkan pemberdayaan desa. Kelompok yang dikomandoi oleh Iqro Maulana dan beranggotakan 20 orang peserta.

Dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Eneng Humaeroh, SPdI., MUd kelompok 16 mengabdikan diri selama 30 hari di desa tersebut menjalankan berbagai macam progran diantaranya edukasi tentang gizi keluarga, pembentukan kelompok usaha mikro hingga penerbitan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan pengajuan sertifikat produk halal, pemberdayaan ekonomi berbasis kearifan lokal yakni produk ayaman dari bambu yang dibentuk menjadi bakul nasi, kipas, dan berbagai bentuk peralatan rumah tangga lainnya, pemanfaatan lahan kering agar tetap produktif, kegiatan keagaman dan penanaman pohon atau penghijauan serta perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Seluruh program yang telah dicanangkan tersebut dilaksanakan secara terampil dan profesional sebagai wujud pengabdian Tridharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa peserta KKN yang terdiri dari berbagai jurusan ini mengaplikasikan keilmuan yang telah dipelajari agar masyarakat desa Pasirdurung dapat langsung merasakan manfaatnya.

Program KKN Desa Pasirdurung didukung penuh oleh Kepala desa dan seluruh perangkat serta para tokoh desa. Antusiasme warga pun diluar dugaan, dengan kerjasama dan dukungan hangat warga Desa Pasirdurung kegiatan KKN selama 30 hari tak terasa lama dan berat. Dan dipenghujung kegiatan mahasiswa KKN mempresentasikan program KKN yang telah dilaksanakan pada acara Lokakarya di Kecamatan Sindang Resmi yang langsung dibuka oleh Camat Sindang Resmi, Muklis Arifin, SH.

Lokakarya ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNMA, Agung Sugiarto, MKom, DPL KKN kelompok 16 Desa Pasirdurung Dr. Eneng Humaeroh, SPdI., MUd., dan diikuti juga oleh KKN kelompok 17 Desa Kadumalati beserta DPL Nono Arief Rahman, SE, MM.

Dalam kesempatan tersebut Camat Sindang Resmi mengucapkan terimakasih atas kehadiran mahasiswa KKN, dan berharap kedepan UNMA kembali mengirimkan peserta KKN, selain itu diharapkan kolaborasi dan kegiatan yang berkesinambungan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa terutama peningkatan kegiatan ekonomi.

“Ke depan saya selaku Camat Sindang Resmi mengucapkan terimakasih atas kedatangan adik-adik mahasiswa yang berKKN dan berharap UNMA kembali mengirimkan peserta KKN ke kecamatan kami, kalau bisa ditambah kelompoknya agar kita bersama-sama membangun desa” ungkap pak camat disambut hangat oleh perwakilan LPPM dan berjanji hal tersebut akan disampaikan ke pihak kampus(**)