KPU dan Bawaslu Resmi Dilantik, Demokrasi Kembali Berdenyut

oleh -906 views
oleh

Jakarta – Hari ini selasa 12 April 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang sebelumnya ditetapkan oleh DPR RI pada sidang paripurna 18 Februari 2022 lalu.

Pelantikan anggota KPU dan Bawaslu terpilih oleh Presiden Jokowi hari ini merupakan sebuah momentum yang baik dalam merajut peradaban dan kualitas demokrasi Indonesia. Denyut nadi demokrasi Indonesia Kembali berdetak dan kepercayaan publik terhadap pelaksanaan pemilu serentak 2024 semakin tampak.

Dalam waktu yang tidak lama, saya berharap DPR, Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk segera membahas agenda krusial dan strategis yang berkaitan dengan pemilu serentak 2024. agenda krusial yang segera dibahas adalah penetapan jadwal pemilu, anggaran pemilu serentak yang mencapai 110 T, peraturan PKPU dan aturan teknis kepemiluan, peraturan tentang penunjukan Pjs Kelapa Daerah, dan kajian penggunaan teknologi informasi dalam kepemiluan, salah satu kajiannya adalah e-Voting.

Terkahir, saya berharap penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu, DKPP) pada periode ini mampu menghadirkan semangat kebersamaan dalam bekerja sama dengan sesama Lembaga penyelengara pemilu, kita tidak ingin melihat lagi ada Gap antar sesama Lembaga pemilu hanya karena lebih mengedepankan ego Lembaga. Cara yang dapat dilakukan mulai saat ini adalah menghidupkan Kembali forum triparted (KPU, Bawaslu, DKPP) dalam berbagai kesempatan. Perbanyak ngopi-ngopi untuk menjadikan Pemilu serentak 2024 menjadi berkualitas berintegritas.

Faisal Anwar Sekretaris Jendral Pandawa Nusantara