Selamat! kampus ITNY Sumbang Artikel di Jurnal Internal Ajang AICIS 2024

oleh -90 views
oleh

JAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali menorehkan prestasi bergengsi di ajang internasional. Salah satu Dosen ITNY berkesempatan menulis jurnal yang dirumuskan pada ajang International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Diktis Kemenag).

Adalah Dr Lukis Alam, Dosen ITNY yang mendapat kesempatan sebagai undangan (invited paper) mengikuti Short Course Academic Writing-Training Exposure and Publishing yang diselenggarakan di Semarang, 1-4 Februari 2024. Dr Lukis Alam mengakui jika menulis jurnal bukanlah persoalan yang mudah dan dibutuhkan effort luar biasa.

Bagi Dr Lukis Alam, mengikuti ajang tersebut tentu merupakan kebanggaan tersendiri. Sebab, International Conference on Islamic Studies adalah forum akademik paling prestisius dan bergengsi di lingkungan Kemenag RI.

Penuturan Dr. Lukis Alam, untuk mengikuti short course tersebut, paper-nya diseleksi oleh panitia sebagai satu di antara 80 invited paper terbaik yang diterbitkan oleh dua puluh jurnal internasional bereputasi di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

“Tentu ini merupakan kebanggaan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi kebanggaan untuk Kampus ITNY,” kata dia. Sebagaimana diketahui, paper yang ia tulis dimuat di jurnal Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) milik Pascasarjana UIN Salatiga.

Jurnal ini terindeks Web of Science (WoS) dan Scopus Q1. Sedangkan jurnal ini ber-SJR di atas 0.7. Baginya, untuk bisa diterbitkan di jurnal internasional bereputasi membutuhkan konsistensi tinggi dalam menulis.

Ke depan, ia berharap agar kegiatan ini tidak sekedar menjadi rutinitas tahunan, melainkan juga menjadi sarana membangun jaringan para scholar dan penulis jurnal yang kredibel.(*)

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan kampus ITNY silahkan kunjungi web resminya dengan meng-klik http://itny.ac.id/