Olah Lahan dengan Alsintan Cegah Kebakaran Hutan

oleh -1,388 views
oleh

SUARAJATIM.CO.ID, BANYUASIN – Menteri Pertanian Amran sulaiman sangat optimistis lahan rawa punya potensi yang luar biasa untuk dikembangkan mendukung program swasembada nasional. Melalui program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau SERASI di Sumatera Selatan (Sumsel), diharapkan mampu menekan kebakaran lahan.

Baca juga: Petani Gorontalo Dipersilakan Pinjam Alsintan di Brigade

“Petani tidak akan membakar lagi untuk buka lahan. Kami dorong olah tanah dengan alat mesin pertanian, yaitu menggunakan rotavator. Kami gunakan teknologi modern. Kami menggunakan eksavator, menggunakan traktor roda 4 dan seterusnya,” tutur Amran.

Amran mengatakan, saat musim kering penting bagi masyarakat untuk menekan kebakaran lahan tidur di area rawa. Kementan mendorong agar lahan tidur tersebut digarap, dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani di Sumatera Selatan.

“Bapak Presiden mendorong agar pencegahan kebakaran lahan rawa dengan modernisasi pertanian kita. Menghentikan kebiasaan mereka membakar lahan sebelum bertani. Alsintan akan sangat membantu bagi mereka,” kata Amran.

Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menurunkan 1.700 alat mesin pertanian, eskavator sebanyak 118 unit dan tambahan 10 unit.

“Itu sudah 120 unit dan nilainya 300-400 miliar. Tidak tanggung-tanggung ini untuk kesejahteraan petani dann sekaligus menekan kebakaran. Alhamdulillah kami dengar langsung dari Pak Gubernur kebakaran hari ini sudah jauh menurun,” ujar Mentan.

Selama ini lahan di Sumatera Selatan rawan kebakaran dan ekspor asap ke negara tetangga sewaktu musim kemarau, namun Mentan optimis apabila ditanami komoditas pertanian memanfaatkan alat modern, produksi akan meningkat.

“Kami target meningkatkan kesejahteraan petani kita yang dulu tanam 1 kali sekarang menjadi tiga kali. Kan bisa meningkat pendapatannya dua kali atau tiga kali lipat. kalau ini nanti berhasil target 200 ribu hektar itu meningkatkan pendapatan Sumatera Selatan 14 triliun. Kalau nanti dua kali lipat luas tanam, tahun depan, tambah meningkat 30 triliun. Ini luar biasa mendorong kesejahteraan petani dan menekan kemiskinan,” pungkas Amran.

Diketahui, penyebab kebakaran hutan ada dua hal, yaitu faktor alam dan ulah manusia. Kebakaran akibat ulah manusia paling sering terjadi akibat pembukaan lahan dengan cara dibakar. Namun ada juga akibat masyarakat membuang puntung rokok sembarangan di lahan hutan.

Menurut data yang tercatat di Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, alsin traktor roda-4 yang telah didistribusikan ke petani sejak tahun 2015 sampai 2018 sebanyak 9.605 unit, traktor roda-2 sebanyak 130.097 unit, dan eksavator mini dan standar sebanyak 869 unit.

“Dengan disediakan alsintan pengolah tanah dapat menekan kebakaran hutan. Kami telah mendorong petani agar proses pengolahan tanah dilakukan dengan alsintan eksavator, traktor roda-4, dan alsin lainnya,” kata Dirjen PSP, Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menambahkan, pengolahan tanah dengan menggunakan alsintan, yaitu traktor roda-4, traktor roda-2, eksavator, dan alsin lainnya, selain dapat menekan resiko kebakaran juga dapat meningkatkan intensitas pertanaman (IP).

“Pengolahan tanah dengan alsintan diharapkan dapat meningkatkan IP yang awalnya hanya satu kali tanam menjadi dua atau tiga kali tanam dalam setahun. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani dua sampai tiga kali lipat,” kata Sarwo Edhy.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *