Bogor Wonderful Golf Akan Digelar di 11 Venue

oleh -593 views

SUARAJATIM.CO.ID, BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor akan kembali menggelar event internasional ‘Bogor Wonderful Golf’. Event tahunan ini rencananya berlangsung 22-23 September 2019. Sebanyak 11 venue akan dilibatkan secara serempak.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, Bogol Wonderful Golf merupakan upaya peningkatan kunjungan wisatawan dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Serta dikemas dengan baik dan menarik, sehingga memiliki nilai lebih dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat luas. Serta terbukanya peluang pasar UKM.

“Golf dengan seni budaya merupakan aktivitas yang bukan hanya dilaksanakan dan dinikmati sesaat. Tetapi bisa dilaksanakan berulang kali, dan mampu menyerap wisatawan. Baik wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ujarnya, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor Rahmat Surjana, Senin (7/1).

11 venue golf yang akan digunakan yakni Riverside Golf, Sentul Highland Golf Club, Emeralda Golf Club, Palm Hill Golf Club, Bogor Golf Club, dan Permata Sentul Golf. Kemudian Rainbow Hill, Gunung Geulis Golf & Country Club, Rancamaya Golf & Country Club, Jagorawi Golf Country Club, dan Club Golf Bogor Raya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, menilai event ini akan sukses.

“Event ini sudah diselenggarakan selama 3 tahun berturut-turut, dan kembali akan diselenggarakan untuk keempat kalinya tahun ini. Ada 600 peserta yang sudah terdaftar untuk tahun ini. Masing-masing 417 peserta lokal, dan 183 peserta dari mancanegara. Dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, event ini akan sukses,” imbuhnya.

Event pertama tahun 2016, memperoleh Rekor Muri untuk penyelenggaraan event golf dengan jumlah peserta terbanyak yaitu 3.026 orang. Baik dari nusantara maupun mancanegara.

Selanjutnya event kedua tahun 2017, juga sukses dilaksanakan dan mendapat penghargaan dari Asia Pacific Golf Group.

“Sedangkan pada tahun 2018, event ini turut memperkenalkan sports tourism lainnya seperti offroad dan paralayang,” tutur Rizki, didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung.

Hal tidak jauh berbeda disampaikan Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan.

“Bogor Wonderful Golf adalah sport tourism tingkat internasional. Peserta mancanegara selalu ambil bagian. Event ini sangat bagus untuk turut mempromosikan pariwisata Jawa Barat,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, Bogor Wonderful Golf memang mendapat dua jenis penghargaan dari Asia Pacific. Yaitu The Most Stunning Golf Venue in Asia, dan Second Runner Up Best Golf Destination in Asia Pacific. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Asia Pacific Golf Group dalam sebuah acara di Da Nang Vietnam, tahun 2017 silam.

Sebagaimana diketahui, sport tourism menjadi salah satu potensi wisata yang dikembangkan Kemenpar. Tak jauh beda dengan jenis wisata lain, sport tourism diyakini mampu menarik banyak pengunjung. Bahkan mendatangkan wisatawan mancanegara.

“Sport tourism sudah dikembangkan beberapa daerah di Indonesia. Sebagian diantaranya masuk Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019. Kita berharap Bogor Wonderful Golf juga semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *