Buka di Masa di Pandemi, Taman Ujung Karangasem Terapkan Protokol Kesehatan CHSE

oleh -164 views

BALI – Sejak ditutup pada 23 Maret 2020, Taman Ujung Karangasem atau yang populer dengan nama Internasional Ujung Water Palace ini kembali dibuka untuk umum. Namun hal ini tetap mengedepankan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment).

“Program CHSE telah kita terapkan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta menstimulus kegiatan pariwisata di Bali khususnya,”kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf Rizki Handayani.

Melalui program kampanye We Love Bali yang digaungkan oleh Kemenparekraf bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali ini diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata selama masa new normal Pandemi virus Covid-19.

Bicara seputar destinasi wisata Taman Ujung Soekasada Karangasem ini menyimpan banyak sekali sejarah penting di masa pemerintahan Kerajaan Karangasem. Hal ini terlihat dari beberapa koleksi foto keluarga Kerajaan Karangasem yang terpajang di dinding bangunan di tengah kolam.

Taman Ujung ini dibangun pada Tahun 1901 oleh I Gusti Bagus Jelantik. Memiliki gelar dengan nama, Agung Anglurah Ketut Karangasem dengan nama kolam Dirah, artinya kolam tempat pembuangan, bagi orang yang menguasai ilmu hitam.

Kemudian pada tahun 1909, Raja Karangasem memerintahkan seorang arsitektur Belanda, bernama Van Den Hentz dan arsitektur orang Tiongkok, bernama Loto Ang. Kolam Dirah menjadi tempat peristirahatan Raja Karangasem.

Taman Ujung Karangasem,  letaknya sekitar 5 km di sebelah tenggara Kota Amlapura, Kabupaten Karangsem Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Karangasem, Bali. Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini jaraknya sekitar 60 km dari Denpasar.

Tiket masuk ke Taman Ujung Karangasem ini dikenakan biaya sekitar 15.000 saja. Namun perlu diingat saat Anda mengunjungi objek wisata ini di masa new normal Pandemi Covid-19, maka harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pengelola objek wisata. Liburan akhir tahun telah di depan mata. Jadwalkan liburan Anda dengan mengunjungi beberapa destinasi menarik di Bali seperti Taman Ujung Karangasem ini.

Atau bagi Anda yang berencana mendokumentasikan foto Pre-wedding, lokasi ini nampaknya sangat cocok karena ada beberapa spot foto menarik yang bisa Anda jadikan sebagai pemanis foto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *